PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 50 Menit 11 Detik 

Yuk Pelajari Step Implementasi Data Sekunder dalam Penelitian

Belajar Data Science di Rumah 17-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/040f4d998fd88b30accbf4c7f9900110_x_Thumbnail800.jpg

Data sekunder adalah data yang dikumpulkan dari data primer yang telah dikumpulkan dan dianalisis oleh orang lain untuk penelitian tertentu kemudian digunakan ulang oleh orang lain. Oleh karena itu, data sekunder juga disebut dengan data history. Data sekunder dapat diimplementasikan untuk berbagai tujuan penelitian. Terkadang sulit untuk mengumpulkan data primer karena objek yang diteliti sangat sensitif sehingga memerlukan informasi yang telah dikumpulkan oleh orang lain. Misalnya, seseorang ingin melakukan penelitian dengan objek keluarga mantan teroris. Tidak semua keluarga mantan teroris bersedia untuk diwawancarai dan diangkat menjadi objek penelitian sehingga mau tidak mau peneliti harus mencari informasi dari sumber lain yang tidak kalah akurat, misalnya dari penelitian terdahulu.

Sumber data sekunder meliputi buku, jurnal, catatan pribadi seseorang, koran, website, data dan laporan pemerintah, dan lain sebagainya. Sumber data ini lebih mudah didapatkan terutama informasi-informasi yang dipublikasikan untuk umum. Pengumpulan data melalui sumber sekunder juga lebih murah dan membutuhkan waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan data primer. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengolah data sekunder. Penasaran apa saja langkah-langkah tersebut? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Mengembangkan Pertanyaan 

Tujuan dari pengembangan pertanyaan adalah untuk mengidentifikasi rumusan masalah yang akan diselesaikan. Sebelum mengumpulkan data, kita harus memutuskan masalah yang akan kita pecahkan terlebih dahulu. Pengembangan pertanyaan ini juga bisa digunakan sebagai batas-batas penelitian agar tidak terlalu melebar dan bisa fokus pada objek penelitian. Setelah kita berhasil menemukan permasalahan yang akan dipecahkan, saatnya kita mencari sumber data sekunder melalui literasi-literasi baik digital maupun non digital. Perlu diingat jika tidak semua literasi tersebut relevan dengan penelitian kita sehingga perlu kehati-hatian dalam memutuskan literasi yang akan digunakan.


Baca juga : Teknik Pengumpulan Data Sekunder, Apa Saja Sumber Data yang Bisa Digunakan?


2. Mengidentifikasi Dataset

Setelah mereview literatur yang digunakan, kita bisa mulai menentukan data yang akan kita gunakan. Kita bisa menggunakan data history untuk mendukung penelitian kita. Data history inilah yang disebut dengan data sekunder. Untuk memastikan data sekunder yang akan digunakan merupakan data yang dapat dipercaya, saat mereview literasi kita perlu memperhatikan siapa penelitinya, dari mana organisasi atau lembaganya, rujukan yang ia gunakan saat menyusun penelitian, bagaimana cara pengumpulan datanya, serta hasil akhir dari penelitian tersebut. Jika aspek-aspek tersebut sesuai, maka data pada literasi tersebut bisa digunakan.


3. Mengevaluasi Dataset

Data sekunder yang kita gunakan belum tentu dapat mendukung 100% penelitian kita karena belum tentu format datanya sesuai, belum bisa dipastikan bagaimana reliabilitas dan validitasnya, belum tentu berisi semua variabel yang kita butuhkan, dan belum tentu informasi dalam literasinya sesuai dengan hasil penelitian. Oleh karena itu, perlu adanya evaluasi setelah kita berhasil mengumpulkan datanya. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan mengidentifikasi apa tujuan dasar suatu penelitian yang akan digunakan sebagai rujukan, siapa yang mengumpulkan data pertama kali, metode pengukuran apa yang digunakan, dan kapan pengumpulan datanya.


4. Preprocessing dan Analisis Data

Setelah evaluasi data selesai, kita bisa melakukan preprocessing sederhana untuk mempersiapkan data sebelum dianalisis. Preprocessing ini sedikit berbeda dengan data primer. Pada data sekunder kita hanya perlu melihat adanya missing value, outlier, dan apakah ada perbedaan format data. Setelah preprocessing selesai, kita bisa lanjutkan dengan proses analisis sesuai tujuan penelitian.


Baca juga : Metode Pengumpulan Data Sekunder, Bisa Menggunakan Apa Saja Sih?


5. Tips Belajar Mengolah Data

Ada berbagai cara yang bisa menguasai metode pengolahan data. Ada beberapa tips yang bisa kita implementasikan saat belajar mengolah data. Pertama, kuatkan niat dan tujuan dalam belajar. Niat akan berubah menjadi motivasi yang akan mendorong kita untuk terus belajar. Kedua, konsisten. Belajar pengolahan data membutuhkan waktu yang relatif lama sehingga kita perlu konsisten untuk mempelajari berbagai metode pengolahan data. Lebih baik belajar sedikit-sedikit tetapi setiap hari, daripada belajar lama namun hanya sehari. Ketiga, belajar dengan terstruktur. Metode pengolahan data memiliki beberapa langkah-langkah yang tidak bisa diubah. Selain itu, metode pengolahan data juga memiliki tingkatan mulai dari pengolahan data sederhana hingga kompleks. Oleh karena itu, agar kegiatan belajar kita lebih terarah dan terstruktur kita perlu mengikuti panduan belajar yang tepat. 

Yuk ikuti panduan belajar olah data dari DQLab! DQLab memiliki berbagai modul belajar yang menarik dan dilengkapi dengan video penjelasan dan live code editor. Selain itu, ada berbagai fitur pendukung belajar lainnya yang bisa kita akses untuk mensupport proses belajar kita. Sign up melalui dqlab.id atau klik button di bawah ini untuk mengakses modul gratis dari DQLab dan nikmati modul gratis sebagai langkah awal untuk belajar mengolah data.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :