SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 22 Menit 6 Detik

Yuk, Percantik Visualisasi Data dengan Grafik di Excel!

Belajar Data Science di Rumah 19-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-rabu-08-2024-05-19-093848_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman! Tahukah kalian bahwa visualisasi data termasuk bagian penting dalam proses analisis data? Ya, penggunaan visualisasi data ini akan sangat membantu proses pemahaman hasil analisis data. Salah satu cara membuat visualisasi data adalah dengan menggunakan grafik. Membuat grafik ini bisa menggunakan berbagai software seperti microsoft excel. Cara membuat grafik di excel ini termasuk mudah dan bisa digunakan oleh siapapun.


Microsoft excel adalah sebuah aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk mengolah data. Microsoft excel bisa digunakan untuk mengolah data numerik. Microsoft excel ini memiliki peranan penting dalam dunia kerja. Beberapa contoh peranan penting excel dalam dunia kerja antara lain membuat laporan keuangan, menganalisis data, membuat kalender, membuat jadwal konten, mengelola data customer, dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali cara membuat grafik di excel. 


1. Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan suatu aplikasi pengolah data dalam bentuk spreadsheet yang terdiri dari banyak baris dan kolom. Excel ini termasuk bagian dari Microsoft office. Excel sering digunakan untuk analisis data, menyusun data, merepresentasikan grafis, dan lainnya, Aplikasi ini sudah dikenal sejak lama, bahkan para pelajar pun sudah mengenal aplikasi ini sejak di bangku sekolah.


Penggunaan excel pun seperti tiada habisnya, hampir semua pekerja kantoran baik negeri maupun swasta menggunakan aplikasi ini untuk memudahkan pekerjaan mereka.

Excel




Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuat Grafik di Excel

Pada bagian kali ini kita akan mengetahui langkah-langkah membuat grafik di excel, antara lain:

  1. membuka aplikasi microsoft excel lalu pilih ‘blank workbook’

  2. input data yang akan dijadikan grafik, lalu blok data

  3. pilih menu toolbar ‘insert’ lalu pilih ‘charts’ atau ‘grafik’

  4. pilih model grafik yang diinginkan

  5. grafik akan muncul dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan

Berikut salah satu contoh hasil analisis data menggunakan grafik di excel.

Excel

Sumber: Kompas.com


3. Jenis-jenis Grafik di Excel

Setelah mengetahui pengertian grafik, kita perlu mengenali pula jenis-jenis grafik yang ada pada Excel untuk menentukan grafik mana yang nantinya akan kita gunakan. Beberapa jenis grafik Excel antara lain:

  1. column chart, atau grafik kolom yang menyajikan kategori data dalam kolom atau baris di sepanjang sumbu horizontal dan kategori nilai di sepanjang sumbu vertikal.

  2. line chart, atau grafik garis yang menampilkan data yang didistribusikan secara merata di sepanjang sumbu horizontal dan semua data nilai didistribusikan merata di sepanjang sumbu vertikal.

  3. pie chart, biasanya digunakan untuk mengukur perbandingan persentase atar item dari dataset.

  4. bar chart, atau grafik batang yang juga digunakan untuk membandingkan nilai masing-masing item dalam bentuk batang


4. Pentingnya Visualisasi Data

Visualisasi data adalah suatu bentuk representasi grafik atau bentuk elemen visual yang bisa digunakan untuk mempermudah pemahaman terkait data. Secara umum cara membuat visualisasi data juga mudah. Bisa dimulai dari 1) menentukan informasi yang ditampilkan; 2) melakukan data cleansing; 3) menentukan tampilan grafik; 4) dan mengkustomisasi grafik sesuai dengan kebutuhan. Dengan mengetahui dan menerapkan proses visualisasi data maka pembaca akan lebih memahami apa yang disampaikan.

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Visualisasi data adalah bagian penting dalam proses analisis data yang perlu terus dipelajari. Proses analisis data ini memerlukan tahapan visualisasi data agar bisa memahami hasil analisis data yang belum tentu bisa dipahami oleh semua orang. 


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login