Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Yuk, Simak Bagaimana Roadmap Menjadi Data Engineer!

Belajar Data Science di Rumah 30-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7907da3a2ca93514430e80c38fd777ac_x_Thumbnail800.jpeg

Perkembangan teknologi industri 4.0 ini menampilkan berbagai profesi yang awalnya ‘tidak kelihatan’ bagi sebagian orang. Salah satu profesi tersebut adalah profesi yang berkaitan dalam bidang data yaitu data engineer. Data engineer saat ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan masa kini. Dengan demikian tidak heran jika saat ini banyak orang mencari tahu roadmap data engineer sebagai pedoman bagaimana langkah-langkah menjadi data engineer yang profesional.


Data engineer hampir sama dengan profesi data lainnya yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan. Hanya saja rincian pekerjaannya mungkin akan sedikit berbeda dengan lainnya. Data engineer memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merancan dan mengembangakn sistem pemrosesan data yang lengkap, mengurus secara keseluruhan proses ETL, mengusulkan cara meningkatkan kualitas data, memastikan perencanaan arsitektur yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis, dan lainnya.


1. Pelajari Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer merupakan salah satu pintu utama bagi para data engineer. Seperti yang telah diketahui bahwa data engineer memiliki berbagai tanggung jawab terhadap data yang besar maka sangat kecil kemungkinannya jika dilakukan dengan cara manual. oleh karena itu salah satu langkah awal adalah dengan mempelajari berbagai bahasa pemrograman untuk memudahkan dalam proses kerjanya. Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan antara lain Python, Java, SQL, R, Scala, dan lainnya.


Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pahami Database

Database atau basis data merupakan sekumpulan data yang disimpan dalam suatu sistem agar dapat sewaktu-waktu dengan mudah digunakan sesuai keperluan. Database ini dapat berisi semua jenis data baik terstruktur maupun tidak terstruktur. Untuk menjadi seorang data engineer kita perlu memahami beberapa hal terkait database. Biasanya software yang digunakan untuk mengelola database adalah SQL yang memiliki berbagai fungsi seperti membantu pengelolaan data, normalisasi database, dan lainnya.

Data Engineer


3. Pahami Scripting

Istilah scripting bukanlah sesuatu yang asing bagi kalangan praktisi data. Scripting ini merupakan bahasa data yang telah ditafsirkan. Pada umumnya bahasa script ini sering digunakan para praktisi data sebagai alat tertentu yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja aplikasi. Dengan menggunakan bahasa script tentunya memiliki beberapa kelebihan seperti mudah dipelajari dan digunakan, memungkinkan penambahan aktivitas dinamis dan interaktif, proses pengeditan dan coding yang berjalan dengan cepat. Terdapat jenis-jenis bahasa script yang perlu diketahui yaitu Bash, Node js, Ruby, Python, Perl, dan lainnya.

Data Engineer


4. Update

Dengan menjadi seorang data engineer tidak dapat dipungkiri lagi jika haru selalu update dengan perkembangan teknolog terutamanya dalam bidang data. Hal ini dikarenakan data engineer berkaitan dengan sesuatu yang terus berkembang dengan cepat. Untuk terus update dalam bidang data banyak hal yang dapat dilakukan seperti mengikuti webinar, update terhadap konten atau media sosial yang berkaitan dengan data, mendengarkan podcast, mengikuti forum data engineer, dan lainnya.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


Perjalanan menjadi seorang data engineer merupakan suatu perjalanan yang tidak dikatakan sulit namun tidak mudah juga. Kita perlu melalui beberapa tahap dan mengupdate skill untuk menjadi data engineer profesional. Kamu bisa mulai mencoba mengasah skill data engineer di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login