BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

1 Bulan Lulus Kuliah, Berhasil Berkarir menjadi Data Engineer di Masa Pandemi

Belajar Data Science di Rumah 22-Desember-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/fbe47e0aec50a299c41782aae17d6bda_x_Thumbnail800.jpg

Mendapatkan pekerjaan di era pandemi seperti ini adalah suatu hal yang patut disyukuri. Pasalnya, tidak mudah untuk bisa mendapatkannya, bahkan tak sedikit dari para pekerja yang terpaksa harus diberhentikan karena keadaan ekonomi perusahaan. Lalu bagaimana dengan Alditama Agung Prasetyo? Nasibnya justru beruntung. Selang satu bulan setelah lulus dari bangku perkuliahan, ia berhasil berkarir di bidang data sebagai Data Engineer di perusahaan IDStar Cipta Teknologi.


Salah satu upaya yang ditempuh Alditama untuk bisa sukses berkarir adalah dengan terus fokus persiapan upgrade skill sejak mengenyam pendidikan S1. “Sejak dibangku kuliah saya sudah mengenal R dan Python. Saat saya magang pun mulai familiar dengan SQL. Bertemu dengan DQLab melengkapi kompetensi bahasa pemrograman saya.” Ungkap Alditama. Lalu, seperti apa sih tips-tips Alditama lainnya? Simak artikel selengkapnya di bawah ini ya!

1. Kompetensi Penting Versi Alditama untuk Berkarir sebagai Data Engineer

Untuk bisa menjadi seorang praktisi data yang kompeten, tentu harus diimbangi dengan melatih skill secara konsisten. Bagi Alditama, Python dan SQL merupakan bahasa pemrograman yang dianggap penting untuk melatih skill data manipulation maupun data cleansing. “Perbanyak latihan untuk proses ETL, karena ETL adalah pekerjaan utama seorang Data Engineer.” Ujar Alditama.


Baca juga : Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python Bersama DQLab secara GRATIS!


2. Selangkah Lebih di Depan untuk Melek Data, Alditama Berhasil Berkarir dalam Kurun Waktu yang Singkat

Selain konsisten mengasah skill data, Alditama juga mencari wadah yang bisa membimbingnya untuk bisa terus tingkatkan kemampuannya dalam data science, yakni dengan bergabung belajar bersama DQLab. Baginya, hal yang pertama kali membuat ia tertarik untuk bergabung dengan DQLab adalah harga yang ditawarkan sangat bersahabat dengan kantong mahasiswa. Kemudian, kompetensi data science DQLab dianggap sangat tepat untuk pemula, sehingga dapat membentuk fundamental. “Saat saya di bangku kuliah, DQLab sangat membantu saya sebagai pemula yang ingin menggali ilmu data science.” Ungkap Alditama saat ditanya tentang peran DQLab dalam karirnya.

3. Tips Berkarir di Era Pandemi untuk Kamu yang Baru Kuliah

Ada beberapa tips Alditama yang mungkin bisa kamu tiru guna sukses berkarir di tengah pandemi saat ini. Yang pertama adalah fokus dan serius untuk menemukan passion kalian. Kedua, ketahui skill yang dibutuhkan untuk bisa fokus belajar. Yang terakhir, jangan hanya belajar fundamental saja, ikuti challenge untuk melatih kompetensi dan bangun portolio datamu.


Baca juga : 6 Bulan Menjadi Fresh Graduate, Wahyu Berhasil Berkarir di Masa Pandemi Sesuai dengan Passionnya


4. Ingin Berkarir di Era Pandemi seperti Alditama? Yuk, Ikuti Jejaknya dan Bergabung bersama DQLab Sekarang!

Berkarir di bidang data science adalah kesempatan semua orang, tanpa memperdulikan background pendidikan tertentu. Bagi kamu yang baru mau belajar data science, kamu bisa lho kuasai Ilmu data science untuk siap berkarir di revolusi industri 4.0. Bangun proyek dan portofolio datamu bersama DQLab untuk mulai berkarir di industi data yang sebenarnya! Sign up sekarang di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData di DQLab!


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!