SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 6 Jam 28 Menit 0 Detik

4 Cara Mudah Buat CV Profesional dengan AI Chat GPT

Belajar Data Science di Rumah 20-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-09-2023-10-20-132320_x_Thumbnail800.jpg

Ada banyak kelebihan yang bisa kita rasakan saat menggunakan chat GPT untuk membuat CV untuk profesi apapun, salah satunya adalah profesi yang berhubungan dengan praktisi data.


Dengan bantuan teknologi ini, kita dapat menghemat waktu, menyesuaikan resume kita dengan syarat yang dibutuhkan, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan kita pada CV sebelumnya, dan meningkatkan peluang sukses kita. 


Chat GPT adalah tools yang mengadopsi artificial intelligence untuk membantu manusia mengerjakan berbagai tugas. Tidak hanya menjawab berbagai pertanyaan, namun chat GPT juga bisa membantu kita untuk menyusun CV bahkan portfolio yang powerful dan mudah dilirik oleh recruiter.


Hal ini sangat bermanfaat bagi banyak orang, khususnya fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman. Bagaimana cara menyusun CV dengan bantuan chat GPT? Yuk kita simak bersama!


1. Pilih Template CV

Chat GPT akan membantu kita dengan menyusun teks di CV. Tetapi kita harus memilih template CV-nya terlebih dahulu. Kita bisa memilih template CV dari berbagai tools seperti Google Docs, Microsoft Word, dan Canva.


Selain itu, kita juga bisa mencari template di Google yang dapat diedit dan diimpor ke program pilihan kita. Tips dari DQLab, pilihlah satu template yang mewakili semua kebutuhan kita.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Sign In pada Chat GPT

Selanjutnya, mulai akses Chat GPT dengan mengunjungi beranda ChatGPT OpenAI dan login atau membuat akun. Chat GPT adalah tools gratis, proses pendaftarannya sederhana, dan tidak memerlukan kartu kredit atau informasi yang tidak jelas.


Artificial Intelligence


3. Menambahkan Teks

Jika kita ingin Chat GPT membuat teks untuk CV di awal, yang perlu kita lakukan hanyalah bertanya. Misalnya, "can you write a short, professional resume summary about my role as a tech reporter?" Dalam hitungan detik, hasilnya sudah terlihat, seperti terlihat pada foto di bawah.


Meskipun Chat GPT dapat menghasilkan konten yang siap untuk disalin dan ditempelkan ke dalam CV, kita harus mengubah teksnya dan disesuaikan dengan pengalaman kita yang sebenarnya untuk memastikan teks tersebut tidak terlihat seperti ditulis oleh robot.


Artificial Intelligence


4. Gunakan Chat GPT untuk Mengubah Text

Jika kita sudah memiliki CV sebelumnya dan ingin upgrade, kita bisa menggunakan Chat GPT untuk memperbaiki kalimat agar lebih impactful/ Yang harus Anda lakukan hanyalah menyalin dan menempelkan teks kita sendiri dan meminta Chat GPT untuk membuatnya lebih baik.


Misalnya, kita akan bertanya kepada Chat GPT, "can you make this resume bullet sound better: i write stories about technology". Dalam hitungan detik, tools ini akan mengeluarkan poin-poin rumit yang menggabungkan nada profesional dan membuat kalimat sederhana itu menjadi lebih kompleks, seperti yang terlihat pada gambar di bawah.


Artificial Intelligence


Setelah mendapatkan hasilnya, kita dapat meminta Chat GPT untuk mengubah teksnya dengan perintah seperti, "Can you make it shorter?".


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Yuk eksplor cara menggunakan Chat GPT untuk berbagai tujuan, salah satunya belajar data science bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali.


Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner berikut untuk informasi lebih lengkapnya!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login