Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Contoh Project Data Scientist yang Eyecatching

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/91b8cddc53a0b0402435c7b386910083_x_Thumbnail800.jpeg

Data Scientist sebagai orang yang bertugas untuk memberikan saran yang harus diambil oleh para stakeholder tentunya harus berupa orang yang benar-benar ahli di bidang Data Science. Pekerjaan seorang Data Scientist akan berkaitan erat dengan data yang sangat banyak, dimana mereka akan mengubah data yang ada menjadi sumber informasi. Hal ini membuat proses recruitment untuk menjadi seorang Data Scientist terbilang rumit dan membutuhkan skill yang mumpuni.


Portofolio data biasanya akan berisi hasil pekerjaan yang sudah pernah dikerjakan oleh Data Scientist. Portfolio juga bisa menggambarkan seberapa mumpuni seorang Data Scientist dalam bidang yang sedang digeluti. Kamu bisa mengangkat topik apapun untuk dijadikan bahas project portfolio data mengingat saat ini semua bidang sudah mulai memanfaatkan ilmu Data Science. Dalam artikel ini, DQLab akan memberikan beberapa rekomendasi project yang bisa kamu pilih. Yuk simak pembahasannya!


1.Analisis Data Geospasial

Data Scientist

Data geospasial, atau geodata, adalah data yang mencakup informasi yang berkaitan dengan lokasi di permukaan Bumi. Kita bisa memetakan objek, peristiwa, dan fenomena dunia nyata lainnya ke area geografis tertentu yang diidentifikasi menggunakan koordinat garis lintang dan bujur. Data Scientist dapat menerapkan teknik pemrosesan data geospasial untuk menganalisis data spasial seperti penggunaan lahan, kerapatan populasi, atau kepadatan lalu lintas.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Analisis Sentimen

Data Scientist

Analisis sentimen biasanya akan digunakan untuk memproses data dalam bentuk teks. Data teks banyak digunakan untuk mengisi review dari suatu aplikasi atau kepuasan pelanggan dari suatu produk. Menganalisis sentimen dari data teks untuk menentukan apakah pesan, review, atau komentar memiliki sentimen positif atau negatif. Dengan begitu, perusahaan bisa melihat apakah hal yang dilakukan sudah cukup baik atau perlu melakukan perbaikan lagi. Biasanya analisis sentimen akan dibersamai dengan visualisasi yang berupa word cloud untuk melihat kata yang paling sering muncul.


3. Natural Language Processing

Data Scientist

Natural Language Processing atau yang disingkat dengan NLP adalah keadaan dimana komputer dibuat agar bisa memahami bahasa yang digunakan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan teknik NLP pada data teks untuk membangun model pengenalan entitas, analisis sentimen, atau model generasi teks. Selain itu, biasanya NLP juga banyak digunakan dalam proses pembangunan chatbot untuk meringankan pekerjaan manusia.


4. Melakukan Clustering

Data Scientist

Clustering adalah salah satu algoritma Machine Learning yang termasuk ke dalam kategori Unsupervised Learning, dimana data akan dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan karakteristik yang mendekati. Data Scientist bisa menggunakan clustering ini sebagai topik pembuatan project untuk portofolio data. Biasanya algoritma clustering akan banyak digunakan untuk melakukan segmentasi pelanggan.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Dalam portfolio, penting untuk memberikan detail mengenai proyek, metode yang digunakan, hasil yang dicapai, dan kesimpulan yang diperoleh. Selain itu, menyajikan visualisasi yang menarik dan mudah dimengerti dapat membantu menjelaskan hasil dan temuan proyek secara lebih baik.


Data Science ternyata merupakan ilmu yang bisa menempatkan diri dimana saja. Bahkan di dunia marketing dan branding yang penuh dengan kreativitas. Perkembangan Data Science di berbagai sektor membuat kita harus mulai membuka mata untuk melihat peluang besar ini. Jika tidak ingin ketinggalan zaman, maka kita harus mengupgrade diri. Salah satu caranya, kamu bisa mempelajari Data Science bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login