Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

4 Hal Unik dan Jarang Dibahas dari Penggunaan ChatGPT

Belajar Data Science di Rumah 08-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-09-2024-03-10-080247_x_Thumbnail800.jpg

Teknologi ChatGPT merupakan teknologi yang lahir dengan adanya perkembangan Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Secara umum, untuk bisa digunakan dengan efektif, teknologi ini akan memanfaatkan bahasa manusia untuk bisa berinteraksi dengan penggunanya. Mereka akan “belajar” dari data-data yang ada sehingga bisa memberikan jawaban yang tepat ketika diberikan pertanyaan oleh pengguna.


Cara menggunakan ChatGPT terbilang cukup mudah, karena teknologi ini bisa diakses melalui komputer atau laptop maupun melalui smartphone selama kita memiliki koneksi internet. Meskipun penggunaan ChatGPT semakin populer dalam berbagai bidang, namun ternyata masih ada beberapa aspek unik dan jarang dibahas tentang penggunaannya. Dalam artikel ini, kita akan coba untuk melihat apa saja hal unik tersebut. Yuk, lihat penjelasan detailnya!


1. Menciptakan Narasi Alternatif

Artificial Intelligence

Salah satu aspek menarik dari ChatGPT adalah kemampuannya untuk menciptakan narasi alternatif yang menarik. Dengan memanfaatkan ChatGPT, pengguna bisa membuat cerita fiksi, skenario alternatif dalam sebuah permainan, atau bahkan dialog antara karakter.


Kemampuan ChatGPT untuk menghasilkan teks yang koheren dan kreatif membuka pintu bagi penggunanya untuk menciptakan narasi yang unik dan menghibur. Meskipun tidak disarankan untuk langsung “copy paste” dari jawaban yang diberikan oleh ChatGPT, namun setidaknya pengguna bisa mengembangkan ide-ide yang telah diberikan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


2. Menggali Pengetahuan dari Berbagai Sumber

Artificial Intelligence

Sebuah fakta menarik bahwa ChatGPT memiliki akses ke berbagai sumber informasi dan pengetahuan yang luas. Pengguna bisa memanfaatkan ChatGPT untuk menggali informasi tentang topik tertentu, menemukan solusi untuk masalah yang kompleks, atau bahkan menemukan fakta-fakta menarik yang jarang diketahui. Pengguna bisa mengajukan pertanyaan yang relevan, sehingga mereka dapat mengakses pengetahuan yang mungkin sulit ditemukan secara manual.


3. Berinteraksi dengan Karakter Fiksi atau Tokoh Bersejarah

Artificial Intelligence

ChatGPT bisa digunakan untuk berinteraksi dengan karakter fiksi atau tokoh bersejarah. Cara “interaksi” yang dimaksudkan adalah dengan kita mengajukan pertanyaan mengenai tokoh tersebut ke ChatGPT. Meskipun “interaksi” yang dimaksud bukanlah interaksi langsung seperti interaksi dengan manusia yang masih hidup, namun kita tetap bisa menjelajahi pikiran dan pandangan dari karakter atau tokoh tersebut.


Kita bisa memilih untuk berbicara dengan tokoh fiksi favorit kita, seperti Sherlock Holmes atau Harry Potter, atau bahkan dengan tokoh bersejarah seperti Albert Einstein atau Leonardo da Vinci.


4. Menciptakan Karya Seni Berbasis Teks

Artificial Intelligence

Karya seni adalah salah satu produk yang dihasilkan oleh para seniman yang memiliki bakat di masing-masing bidang seni. Namun saat ini, ChatGPT juga dapat digunakan untuk menciptakan karya seni berbasis teks yang unik dan menarik. Pengguna dapat menggunakan ChatGPT untuk membuat puisi, cerita pendek, atau bahkan skrip drama. Dengan menggabungkan teks yang dihasilkan oleh ChatGPT dengan elemen-elemen visual atau suara, pengguna dapat menciptakan karya seni yang inovatif dan memikat.


Baca juga : Konsep Artificial Intelligence & Machine Learning


Penggunaan ChatGPT tidak hanya terbatas pada aplikasi praktis dalam bisnis atau pendidikan, namun juga dapat memberikan pengalaman kreatif dan menghibur yang unik. Dengan memanfaatkan kemampuan ChatGPT untuk menghasilkan teks yang koheren dan kreatif, pengguna dapat menjelajahi berbagai kemungkinan baru dalam berbagai aspek.


Untuk merasakan sensasi belajar Excel dengan ChatGPT, kamu mungkin bisa mencoba untuk membeli modul Excel di DQLab. DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst dengan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login