2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 14 Menit 59 Detik

4 Macam Skill Krusial Seorang Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 03-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-04-2024-05-03-175216_x_Thumbnail800.jpg

Di era di mana data menjadi aset terbesar bagi organisasi, peran seorang Data Engineer menjadi semakin penting. Mereka bukan hanya ahli dalam mengelola dan mengolah data, tetapi juga arsitek di balik fondasi teknis yang membantu transformasi informasi menjadi wawasan bernilai. Seorang Data Engineer diibaratkan sebagai pionir di medan pertempuran yang kompleks dari infrastruktur data, bertugas membangun jembatan antara kekayaan informasi dan keputusan strategis.


Seorang Data Engineer tidak hanya bertanggung jawab atas pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur data yang kompleks, tetapi juga menjadi garda terdepan dalam memastikan bahwa data tersedia, terintegrasi, dan dapat diakses dengan efisien. Mereka adalah motor penggerak di balik proses pengambilan keputusan yang didorong oleh data, memastikan bahwa organisasi memiliki akses ke informasi yang diperlukan untuk berinovasi dan bersaing di pasar yang kompetitif.


Karena tugasnya yang sangat beragam, Data Engineer memerlukan bermacam-macam skill dan tools untuk mendukung kinerjanya. Berikut adalah empat macam keterampilan yang penting bagi seorang Data Engineer yang telah dirangkum oleh DQLab.


1. Keterampilan Pemrograman

Pemrograman adalah salah satu keterampilan utama yang harus dimiliki oleh seorang Data Engineer. Mereka harus memiliki pemahaman yang kuat tentang bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau Scala, serta kemampuan untuk menulis kode yang bersih, efisien, dan mudah dipelihara. Pemrograman juga diperlukan untuk membangun dan mengelola algoritma, skrip ETL (Extract, Transform, Load), dan aplikasi pemrosesan data lainnya.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Keterampilan Database

Seorang Data Engineer harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang basis data dan teknologi penyimpanan data. Mereka harus memiliki pengetahuan tentang berbagai jenis database, termasuk basis data relasional seperti MySQL, basis data NoSQL seperti MongoDB, serta teknologi penyimpanan data terdistribusi seperti Apache Hadoop dan Apache Cassandra. Keterampilan ini diperlukan untuk merancang skema database yang efisien, mengoptimalkan query, dan mengelola data dengan baik.

Data EngineerData EngineerData Engineer


3. Keterampilan Analisis Data

Keterampilan analisis data adalah hal penting bagi seorang Data Engineer untuk dapat memahami, menganalisis, dan menafsirkan data dengan tepat. Role yang satu ini harus memiliki pemahaman yang kuat tentang statistik, matematika, dan analisis data, serta kemampuan untuk menggunakan alat analisis data seperti Apache Spark, Pandas, atau SQL. Keterampilan ini memungkinkan seorang Data Engineer untuk menghasilkan wawasan yang berharga dari data dan membuat keputusan yang didukung oleh data.

Data Engineer


4. Keterampilan Manajemen Proyek dan Komunikasi

Selain keterampilan teknis, seorang Data Engineer juga harus memiliki keterampilan manajemen proyek dan komunikasi yang baik. Mereka harus dapat merencanakan, mengatur, dan mengelola proyek dengan efisien, serta berkomunikasi dengan baik dengan anggota tim dan pemangku kepentingan lainnya. Kemampuan untuk bekerja dalam tim, memecahkan masalah, dan beradaptasi dengan perubahan juga sangat penting dalam peran ini.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Dengan mengembangkan dan memperkuat keterampilan ini, seorang Data Engineer dapat menjadi ahli yang sangat berharga dalam pengelolaan dan pemanfaatan data bagi suatu organisasi. Kombinasi antara keterampilan teknis dan non-teknis ini akan membantu mereka menghadapi tantangan yang kompleks dalam dunia yang terus berubah ini.


Di era data dengan ukuran besar, tidak semua orang bisa menangani data tersebut sehingga perusahaan sering kali meng-hire sumber daya yang memang ahli di bidang ini. Fenomena ini menyebabkan demand Data Engineer meningkat dan sebanding dengan meningkatnya pendapatan Data Engineer.


Yuk persiapkan diri untuk berkarir menjadi Data Engineer bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam. DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis: Galuh Nurvinda K






Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login