PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 37 Menit 51 Detik 

4 Perbedaan Array dan List Python

Belajar Data Science di Rumah 22-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3a2f49331fa77af47bee91df5500554a_x_Thumbnail800.jpg

Dalam python, array dan list digunakan untuk menyimpan data sebagai struktur data. Struktur data ini dapat digunakan untuk iterasi dan pengindeksan. Pada artikel ini, Sahabat DQ akan mempelajari apa itu array dan apa sebenarnya list dan perbedaan utama antara array dan list di python dengan tabel lengkap untuk Array vs List. Juga, Sahabat DQ akan belajar kapan menggunakan array dan list secara khusus. Array adalah struktur data yang menyimpan sejumlah elemen tetap dan elemen-elemen ini harus memiliki tipe data yang sama. 

python

Array Python 


List Example


Sebagian besar struktur data menggunakan array untuk mengimplementasikan algoritmanya. Ada dua bagian penting dari array: satu adalah Element: Setiap item yang disimpan dalam array disebut elemen dan kedua adalah Indeks: Setiap elemen dalam array memiliki nilai numeriknya sendiri untuk mengidentifikasi elemen. Elemen-elemen ini mengalokasikan lokasi memori yang berdekatan yang memungkinkan modifikasi data dengan mudah. Untuk mendeklarasikan array dalam bahasa python, Sahabat DQ akan menggunakan modul array.


List adalah tipe data terpenting dalam bahasa python. Dalam bahasa Python, list ditulis sebagai list nilai yang dipisahkan koma di dalam tanda kurung siku. Keuntungan terpenting dari list adalah elemen di dalam list tidak wajib memiliki tipe data yang sama bersama dengan pengindeksan negatif. Selain itu, semua operasi string juga diterapkan pada tipe data list seperti slicing, concatenation, dll. Selain itu, Sahabat DQ dapat membuat list bersarang yaitu list yang berisi list lain.


Lalu, penasaran ga si perbedaan Array dan List pads Python! Yuk simak sekarang!


1. Kapan Harus Array dan List?

Jadi, ketika Sahabat DQ menargetkan untuk menyimpan urutan elemen yang kecil dan tidak ingin melakukan operasi matematika apa pun, maka list adalah pilihan yang lebih disukai untuk dibuat karena struktur data list akan memungkinkan Sahabat DQ untuk menyimpan yang terurut dan dapat diubah (modifikasi dengan mudah dapat dilakukan dibuat) dan penyimpanan urutan item yang diindeks tanpa mengimpor modul eksplisit apa pun.


Karena struktur data array menawarkan penyimpanan data elemen yang lebih efisien, oleh karena itu dianggap menggunakan array ketika Sahabat DQ perlu menangani urutan data yang panjang. Juga, jika Sahabat DQ berharap untuk melakukan operasi numerik pada kombinasi elemen, disarankan untuk menggunakan array sebagai struktur data array yang sangat bergantung pada analitik data dan ilmu data.

List python lebih cepat daripada array python karena array python didasarkan pada list python itu sendiri karena ketika Sahabat DQ membuat list python, array pointer yang menyimpan referensi elemen dalam list dibuat di suatu tempat di lokasi memori.


Baca juga: Pemula Wajib Tahu! Performance IF Else dan Switch Case Python


2. Array harus dideklarasikan tetapi List tidak

Karena kedua hal tersebut dibangun ke dalam Python. Dalam contoh di awal, Sahabat DQ melihat bahwa list dibuat hanya dengan melampirkan urutan elemen ke dalam tanda kurung siku. Membuat array, di sisi lain, memerlukan fungsi tertentu dari modul array (yaitu, array.array()) atau paket NumPy (yaitu, numpy.array()). Karena itu, list lebih sering digunakan daripada array.


3. Operasi Numerik 

Array memberikan keuntungan dalam melakukan operasi Matematika dalam bahasa python karena modul NumPy memberi kita struktur array untuk menyimpan nilai data dan memanipulasinya dengan mudah. Tapi list di sisi lain tidak mencerminkan hasil. list ini mampu melakukan operasi matematika tetapi kurang efisien dibandingkan dengan array.


4. Penyimpanan Tipe Data

Array dapat menyimpan elemen hanya dari satu tipe data tetapi list juga dapat menyimpan elemen dari tipe data yang berbeda. Oleh karena itu, Array menyimpan nilai data yang homogen, dan list tersebut dapat menyimpan nilai data yang heterogen.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Python sampai Jadi Master

Halo Sahabat DQ, yuk awali karirmu dengan belajar Python dari dasar sampai jadi master bersama senja dan aksara. Yuk mulai dengan sign up dan login akunmu di DQLab Academy! Dapatkan pengalaman belajar anti ribet dengan live code editor. 

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :