GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 19 Menit 1 Detik 

Belajar Python Simple Bagi Pemula dengan Looping

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/efbb42d7c1734319ef00fbedb5533d8b_x_Thumbnail800.jpg

Sebagaimana kita ketahui sahabat data, python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang termasuk ke dalam kategori bahasa tingkat tinggi. Penggunaan ini apabila ditinjau dari tingkatan bahasa pemrogramannya. Python mampu membangun aplikasi baik itu dengan basis web hingga mobile sekaligus. Meskipun python termasuk ke dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi, jangan khawatir kalau ternyata Python juga dapat dipahami bagi kalian para pemula di bidang data yang ingin belajar Python. Dalam belajar python, ada satu konsep yang biasanya digunakan oleh data enthusiast untuk mengolah suatu data. Konsep ini disebut juga dengan konsep perulangan atau looping. Perulangan atau juga sering dikenal dengan looping merupakan pernyataan atau instruksi yang diberikan kepada komputer agar ia mau melakukan sesuatu entah itu memproses data, menampilkan data, atau yang lainnya secara berulang. Dengan menggunakan perulangan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat suatu program akan lebih singkat. Contohnya, kalian ingin membuat program sederhana menampilkan angka 1 sampai 5. Namun bagaimana jika case datanya memiliki range sampai 100 bahkan 10000. Maka dari itu, dibuatlah sebuah perulangan agar pekerjaan kita menjadi lebih efisien. 


Pada kebanyakan bahasa pemrograman termasuk python, perulangan sendiri paling umum diwakili oleh 2 pernyataan, for dan while. Keduanya memiliki perbedaan pada segi penggunaan, dikatakan jika for lebih digunakan dalam perulangan yang sudah diketahui jumlah perulangannya (countable). Sedangkan perulangan while digunakan ketika jumlah perulangannya belum ditentukan (uncountable). Baik for dan while keduanya merupakan blok kode, sama seperti if else. Jadi dipastikan ada indentasi di dalamnya. Perbedaannya adalah perulangan for biasanya digunakan untuk mengulangi kode yang sudah diketahui banyak perulangannya. Sementara while untuk perulangan yang memiliki syarat dan tidak tentu berapa banyak perulangannya. Lalu, kira-kira bagaimana penerapan struktur looping ini melalui Python. Jangan khawatir sahabat data DQLab kita belajar bersama-sama ya. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas belajar python yang simple dengan menggunakan konsep perulangan atau looping. Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1.While Loop

While Loop adalah perulangan uncountable atau perulangan yang jumlah proses pengulangannya tidak ditentukan. Ia akan menjalankan baris kode di dalam blok kodenya secara terus menerus selama masih memenuhi ekspresi yang sudah ditentukan sebelumnya, yang berarti ia akan terus mengulang selama kondisi bernilai True. Rumus while pada dasarnya seperti ini

while ekspresi: 

  #dalam blok kode while

 #keluar blok kode while

Ekspresi yang dimaksud merupakan suatu kondisi atau keadaan yang kita buat. Selama nilai yang diulang masih sesuai dengan ekspresi yang sudah ditetapkan yang berarti True dan tidak bernilai 0 maka while akan terus berjalan.

Berikut adalah contoh penerapan perulangan while loop dalam bahasa Python:


Di baris 1 terdapat perintah untuk menginput angka 1 ke dalam variabel i. Nantinya, variabel i ini akan menjadi variabel counter yang dipakai untuk menentukan jumlah perulangan. Proses perulangan di mulai di baris 2. Perintah while i <= 5 artinya, selama nilai variabel i kurang atau sama dengan 5, maka jalankan perulangan. Di dalam blok perulangan terdapat perintah print("Sahabat Data DQLab") di baris 3. Ini dipakai untuk menampilkan teks "Sahabat Data DQLab". Kemudian di baris 4 terdapat perintah increment, yakni i += 1. Perintah merupakan penulisan singkat dari i = i + 1, yang berfungsi untuk menaikkan nilai variabel i sebanyak 1 angka dalam setiap perulangan. Perulangan while di atas akan di ulang sebanyak 5 kali, mulai dari i = 1, i = 2, i = 3, i = 4, hingga i = 5. Ketika nilai variabel counter i sudah mencapai 6, maka kondisi while i <= 5 tidak terpenuhi lagi (False), sehingga perulangan berhenti.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2.For Loop

Berbeda dengan mayoritas bahasa pemrograman lain, di dalam Python perulangan for lebih ke perulangan untuk memproses array/himpunan. Ini mirip seperti perulangan foreach di bahasa PHP.

Berikut format dasar struktur perulangan for dalam bahasa Python:

foo = [a, b, ...] 

for i in foo:

  # kode program yang akan diulang

  # kode program yang akan diulang

Dalam format ini, kita mendefinisikan variabel foo sebagai sebuah array atau himpunan (salah satu dari tipe data string, list, tuple, set atau dictionary). Perulangan for akan dijalankan sebanyak jumlah elemen yang ada di dalam variabel foo. Sepanjang perulangan, variabel i akan berisi element yang sedang diproses. Berikut adalah contoh penerapan perulangan for loop dalam bahasa Python:


Di baris 1 kita membuat variabel takjil sebagai tipe data list. List ini terdiri dari 4 element. Menggunakan perulangan for, kita menampilkan semua isi variabel foo. Di dalam perulangan, variabel i dipakai untuk menyimpan isi dari element yang saat ini sedang diproses. Nama variabel i sendiri boleh bebas, fungsinya hanya sebagai variabel bantu saja. Perulangan for juga bisa dipakai untuk tipe data lain, misalnya tipe data set. Caranya sama saja namun memiliki perbedaan dengan penggunaan kurung siku pada tipe data list dan kurung kurawal pada tipe data set.


Baca juga : Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


3.Nested Loop

Nested loop atau loop bersarang, bahasa pemrograman python mengizinkan penggunaan loop didalam loop. Tentu hal ini akan berimbas pada penggunaan memori, sehingga pastikan looping yang digunakan tidak mubazir. Contoh penggunaan loop bersarang, menggunakan algoritma bubble sort:

Python juga mendukung penggunaan kontrol di dalam looping. Ada 3 kontrol, yaitu :


break : untuk menghentikan looping ketika terjadi kondisi tertentu.

continue : untuk melanjutkan operasi, ketika pada blok statement menghasilkan nilai yang diharapkan atau yang dicari.

pass : kontrol ini tidak menghasilkan apa-apa, pass akan berguna untuk mengecek apakah statement berjalan apa tidak


4. Yuk Mulai Belajar Menjadi Data Scientist Bersama DQLab!       


Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.


    Penulis : Reyvan Maulid

    Editor : Annissa Widya Davita


      Postingan Terkait

      Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!