BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 9 Jam 54 Menit 15 Detik 

Array Python : Cara Mudah Menyederhanakan Pendefinisian Data

Belajar Data Science di Rumah 13-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2c4cff6b1ed26d4a7016768de456de55_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming, yang berarti dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan. Dengan demikian tidak heran jika berbagai perusahaan besar pun telah menggunakan bahasa python ini untuk mengembangkan sistem atau program mereka. 


Terdapat beberapa macam fungsi dalam python yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, salah satunya adalah array python. Array merupakan sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan mampu menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel. Array dalam python agak sedikit berbeda dengan konsep array pada dasarnya, terutama dari segi kinerjanya. Array pun memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. 


Penggunaan array ini akan sangat membantu pengguna saat melakukan data manipulation atau data visualization dalam python. Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa hal mengenai array python seperti definisinya, fungsi-fungsi yang berkaitan, kelebihan dan kekurangan, serta contoh penggunaannya. 


Yuk, simak bersama DQLab!


1. Definisi Array

Array adalah sekumpulan variabel dengan tipe data yang sama. Array ini digunakan untuk menghitung maupun mengelompokkan data-data berdasarkan kemiripan atas kesamaannya. Array seringkali digunakan dengan tujuan untuk menyederhanakan pengumpulan data. 


Sebagai contoh ketika pengguna akan menuliskan kode menu makanan dan minuman, maka pengguna tidak perlu mendefinisikan masing-masing variabel dengan masing-masing jenis minumannya. Akan tetapi cukup mendefinisikan satu variabel saja kemudian berbagai macam minuman tersebut masuk ke dalam variabel yang telah dibuat. 

python


Baca juga: Mulai Belajar Coding Python dari Dasar


2. Contoh Penggunaan Array Python

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai definisi array pada python dan contoh kasus sederhananya. Untuk mendefinisikan array, kita bisa menggunakan keyword nama_array = [jumlah_elemen]. 


Sebagai contoh, dalam suatu kafe terdapat lima jenis minuman mocktail yaitu Glazing Blue, Orange Bliss, Lime Mojito, Berry Burst dan Lychee Spritz. Kita tidak perlu mengetikkan 

minuman_mocktail = "Glazing Blue"

minuman_mocktail = "Orange Bliss", dst. 

Akan tetapi dengan penggunaan array python, kita cukup menuliskan code sebagai berikut

python

dengan kode di atas akan diperoleh output sebagai berikut

python


3. Fungsi yang Berkaitan dengan Array 

Setelah mengetahui contoh sederhana penggunaan array dalam python, masih terdapat beberapa fungsi lainnya yang dapat diterapkan dalam array seperti append, count, extend, index, insert, remove, reverse dan sort, dengan penjelasan singkat berikut ini:

  • append, untuk menambahkan nilai array pada urutan terakhir

  • insert, untuk menambahkan nilai array pada posisi tertentu

  • remove, untuk menghapus nilai pertama dalam daftar

  • pop, untuk menghapus item pada posisi tertentu

  • sort, untuk mengurutkan nilai array

  • reserve, untuk mengembalikan urutan nilai array

python


4. Kelebihan dan Kekurangan Array

Array memang dikenal, sebagai fungsi yang dapat digunakan untuk memudahkan dan mengefisienkan pendefinisian atau pengumpulan data. Namun perlu diketahui pula bahwa array pun memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan array adalah mampu menyimpan berbagai data dengan tipe yang sama dalam satu variabel, elemen dalam array dapat diakses menggunakan indeksnya, dan mempermudah kinerja dalam hal pengumpulan data. Adapun kekurangan array adalah hanya dapat menyimpan tipe data yang serupa dalam satu variabel, dan penggunaan memori kurang efisien jika digunakan data yang berskala besar.

python



Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python



5. Praktekkan Array Python di DQLab

Python adalah bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist saat ini. Beberapa fungsi yang digunakan dalam python salah satunya adalah array python. Array dalam python akan sangat mempermudah dalam hal kinerja data. Jangan khawatir, Sahabat DQ dapat mempelajarinya di DQLab.


Belajar data science di DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti belajar secara live code, tersedia begitu banyak modul, tersedia ebook sebagai bahan tambahan untuk belajar.


Caranya cukup mudah, langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :