FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 1 Menit 32 Detik 

Mulai Belajar Coding Python dari Dasar

Belajar Data Science di Rumah 12-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/96d82593afdb91148b48243013381817_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa python saat ini sudah menjadi salah satu bahasa populer baik di kalangan para programmer, web developer, praktisi data, bahkan sampai di kalangan pelajar maupun mahasiswa. Dikarenakan kepopulerannya, banyak pemula yang penasaran apa itu python, kelebihan python dan bagaimana proses coding di python. Python dikenal dengan bahasa pemrograman yang cocok digunakan untuk pemula dan bahasa yang mudah dipahami dan mudah dipelajari. 


Coding merupakan proses pengetikan kode yang dituliskan menggunakan bahasa pemrograman. Coding ini disebut pula sebagai cara berkomunikasi antara manusia dengan komputer. Manusia mengetikkan perintah yang ingin diberikan pada komputer menggunakan bahasa pemrograman. Dengan demikian, komputer pun akan menjalankan perintah yang telah diinstruksikan sebelumnya. Pada artikel kali ini khususnya kita akan mengenali coding python mulai dari pengenalan dasar. Yuk, simak bersama DQLab!


1. Data Science Python

Bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purposes programming, artinya bahasa ini dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan. Selain itu bahasa python pun termasuk ke dalam kategori high-level programming language, dikarenakan bahasa python ini mudah dibaca dan dituliskan oleh manusia. Dengan dua karakteristik di atas ditambah dengan nilai plusnya yaitu berlisensi opens ource, maka tidak heran jika bahasa python ini sangat cocok digunakan untuk data science, sehingga banyak praktisi data yang mengaplikasikan python dalam proses analisis data. Modul DQLab berikut ini akan membantu kamu untuk mengenal dasar-dasar python.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Variables pada Python

Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik serta struktur bahasa yang berbeda-beda. Begitu pula dengan python yang memiliki struktur bahasa yang dapat digunakan seperti statements, variables, literals, operators, reserved words, whitespace, comments, dll. Pada pemberian nama variables memiliki beberapa ketentuan seperti 1) nama dari variabel harus dimulai dengan huruf atau karakter garis bawah, 2) variabel hanya boleh mengandung karakter alfabet dan bilangan dan underscore, 3) variabel bersifat case sensitive. Berikut ini adalah contoh coding variables dalam python:

python


3. Comments pada Python

Ketika proses coding, ada kalanya kita ingin menuliskan sesuatu di dalamnya akan tetapi tidak ingin perintah tersebut dieksekusi oleh program. Solusinya adalah dengan menggunakan Comments. Comments merupakan sekumpulan teks yang dituliskan dalam program dan tidak akan mempengaruhi hasil program tersebut. Biasanya comments ini dapat digunakan untuk penanda atau batas antara beberapa instruksi sehingga memudahkan programmer dalam membaca atau memeriksa ulang kodenya. Berikut ini adalah contoh coding comments dalam python.

python


4. Library dalam Python

Library merupakan kumpulan kode yang terkumpul dalam sebuah package atau modul dalam bahasa pemrograman. Library ini dibuat untuk membantu pengguna dalam membangun program maupun aplikasi dengan lebih cepat dan efisien. Python pun dikenal memiliki sangat banyak library yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, beberapa diantaranya adalah library math, numpy, pandas dan seaborn. Sebelum menggunakan lirary dalam python, kita harus mengimportnya terlebih dahulu, yaitu dengan cara seperti yang ditampilkan pada gambar berikut ini.

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya

5. Pelajari Python Mulai dari Dasar

Pembelajaran coding harus dipelajari baik secara teori maupun praktek, dengan belajar melalui praktek, pengguna akan dapat mengetahui dengan jelas apabila ada kesalahan dalam penulisan kode. Namun bagi para pemula yang ingin belajar coding cukup langsung sign up saja di DQLab.


DQLab memilikifitur untuk dapat belajar secara  live code, sehingga akan memudahkan peserta untuk belajar tanpa harus menginstall aplikasi. Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :