DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 4 Jam 7 Menit 49 Detik 

Mengenal Fungsi Python untuk Memperpendek Coding

Belajar Data Science di Rumah 04-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8d69580f694b132a8215b3c1b2667494_x_Thumbnail800.jpg

Python memiliki banyak fungsi yang digunakan untuk berbagai tujuan. Menulis script code python yang lebih pendek merupakan salah satu cara yang bagus untuk membuat program yang lebih mudah dibaca dan fungsional. Dengan cara ini, kita tidak perlu membuang waktu untuk menulis ulang script python yang sudah ada. Fungsi python adalah blok kode yang terorganisir dan dapat digunakan kembali yang digunakan untuk melakukan satu tindakan. Fungsi memberikan modularitas yang lebih baik untuk aplikasi dan penggunaan ulang kode tingkat tinggi.


Ada beberapa fungsi python yang bisa digunakan untuk memperpendek script coding sehingga kita tidak perlu mengecek terlalu panjang ketika terjadi error. Fungsi-fungsi ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari olah data hingga analisis tingkat lanjut. Pada artikel kali ini DQLab akan membahas beberapa fungsi yang bisa memperpendek script code yang kita tulis untuk mengefektifkan dan mengefisienkan waktu. Penasaran apa saja fungsi tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Reduce()

Fungsi reduce() pada python mengulangi setiap item dalam daftar, atau tipe data yang dapat diubah lainnya dan mengembalikan satu nilai. Fungsi ini adalah salah satu metode kelas functools bawaan Python. Yuk perhatikan script di bawah ini untuk mengetahui lebih detail cara menulis fungsi reduce()!

python


Baca juga:  Coding Python Sederhana untuk Beginner yang Baru Mengenal Python


2. Split()

Fungsi split() memecah string berdasarkan kriteria yang ditetapkan. Kita dapat menggunakannya untuk membagi nilai string dari formulir web. Bahkan kita dapat menggunakannya untuk menghitung jumlah kata dalam sebuah teks. Yuk perhatikan contoh penggunaan fungsi split() berikut ini!

python


3. enumerate()

Fungsi enumerate() adalah fungsi yang digunakan untuk mengembalikan panjang iterable dan mengulang itemnya secara bersamaan. Jadi, saat kita mencetak setiap item dalam tipe data yang dapat diubah, secara bersamaan output akan mengeluarkan indeksnya. Misalnya kita ingin melihat daftar item yang tersedia di database. Kita dapat meneruskannya ke dalam list dan menggunakan fungsi enumerate() untuk mengembalikan database sebagai list bernomor.

python


4. eval()

Fungsi eval() Python adalah fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan operasi matematika pada bilangan bulat atau float, bahkan dalam bentuk stringnya. Fungsi ini sangat membantu jika perhitungan matematis dalam format string. Agar lebih mudah dipahami, yuk simak gambar berikut ini!

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Fungsi Python Lainnya

Ingin memperdalam pemahaman mengenai fungsi python? Yuk belajar dengan modul dari DQLab!  Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan nikmati FREE modul dari DQLab serta ebook GRATIS yang bisa diakses 24 jam. Yuk mulai asah dan tingkatkan skill python sebagai bekal berkarir di era big data. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :