GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 27 Menit 31 Detik 

Coding Python Sederhana untuk Beginner yang Baru Mengenal Python

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e98aae5a6b3614699a7c1f61719b010a_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman komputer yang sering digunakan untuk membangun situs web dan perangkat lunak, mengotomatisasi tugas, dan melakukan analisis data menggunakan script code. Python termasuk ke dalam general-purpose language, artinya dapat digunakan untuk membuat berbagai program yang berbeda dan tidak khusus untuk masalah tertentu. 


Fleksibilitas dan users friendly, menjadi salah satu penyebab mengapa bahasa pemrograman yang satu ini menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Sebuah survei yang dilakukan RedMonk menemukan bahwa bahasa pemrograman python adalah bahasa pemrograman paling populer kedua pada tahun 2021. Karena relatif mudah dipelajari, Python telah diadopsi oleh banyak non-programmer seperti akuntan dan ilmuwan, untuk berbagai tugas sehari-hari, seperti mengatur keuangan.


Python, salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia, telah digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari algoritma rekomendasi Netflix hingga software yang mengontrol mobil yang bisa mengemudi sendiri. Python adalah bahasa tujuan umum, yang berarti dirancang untuk digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk data science, pengembangan software dan web, otomatisasi, dan pekerjaan lainnya. 

Coding python sangat beragam, mulai coding yang sederhana hingga coding yang kompleks dan sangat panjang. Pada artikel kali ini, DQLab akan membahas beberapa coding python yang bisa dipelajari oleh beginner. 


1. Hello World! Dan Fungsi Print

"Hello World!" adalah kalimat yang biasa diketik ketika seseorang sedang mengenalkan python kepada orang lain. Untuk menampilkan kalimat tersebut, kita bisa menggunakan fungsi print(). Tidak hanya digunakan untuk menampilkan kalimat, print() juga bisa digunakan untuk menampilkan output lainnya.


Ketika akan menggunakan fungsi print() jangan lupa menambahkan tanda petik di awal dari akhir kalimat, ya! Agar mudah dipahami, yuk simak gambar di bawah ini!

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Variabel Python dan Fungsi print

Untuk mendeklarasikan variabel dengan Python, kita harus mulai dengan menuliskan nama variabel, lalu tanda sama dengan, dan kemudian diikuti dengan nilai variabel. Kemudian untuk menampilkan output dari variabel, kita bisa menggunakan fungsi print(). Yuk lihat cara mengkombinasikan variabel dan fungsi print() di bawah ini!

python


3. Operasi pada Data String

String dalam Python adalah kumpulan karakter Unicode. String tidak dapat dimodifikasi saat runtime. Cara mendeklarasikan string sama dengan cara mendeklarasikan variabel. Dalam sebuah string, setiap karakter akan memiliki indeks. Sama seperti array, indeks string juga diawali dengan nol. Yuk lihat gambar di bawah ini untuk melihat bagaimana cara melihat indeks pada data string!

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya

 

4. Fungsi Upper dan Lower Seperti Excel

Sama seperti excel, python juga memiliki fungsi yang bisa digunakan untuk mengubah struktur alfabet. Fungsi upper digunakan untuk mengubah alfabet pada sebuah kata atau kalimat menjadi huruf kapital sedangkan fungsi lower digunakan untuk mengubah alfabet pada sebuah kata atau kalimat menjadi huruf kecil.

python


Ingin belajar dan menguasai script code python untuk berbagai tujuan? Yuk belajar memahami dan menulis script code bersama modul dari DQLab! Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan nikmati modul gratis "Introduction to Data Science" dengan Python dan kenali script python sebelum mengenal script code yang lebih kompleks.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :