FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 48 Menit 1 Detik 

Belajar Python Tanpa Instalasi Tools, Beginner Wajib Coba!

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3b62ebf21311067ac76964c2ba714f82_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang cukup familiar di industri data science. Python digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari dasar hingga level advanced. Hal ini karena fitur python dan kemampuannya yang powerful untuk mengolah data bervolume besar dan memiliki percepatan penambahan data yang tinggi.


Peluang karir bagi seseorang yang menguasai python masih sangat luas hal ini sebanding dengan tingginya rekrutmen sumber daya manusia yang menguasai programming yang sangat dibutuhkan di era teknologi.


Fenomena tersebut menyebabkan banyak orang mulai serius mempelajari dasar-dasar python. Bahasa pemrograman yang satu ini bisa diterapkan di industri apa saja, bahkan saat ini sudah ada industri finance yang mulai mengembangkan model prediksi menggunakan bantuan bahasa pemrograman python. 


Bahasa yang satu ini sangat user friendly. Artinya, python mudah digunakan baik untuk beginner maupun untuk profesional karena penulisan codenya yang mirip dengan bahasa manusia jika dibandingkan dengan code bahasa pemrograman yang lain. Selain itu, python dapat dipelajari dari berbagai sumber sehingga kita tidak perlu mengikuti sekolah formal untuk mempelajarinya. 


DQLab adalah salah satu platform belajar data science yang menyediakan modul khusus menggunakan python yang bisa kita gunakan untuk belajar python. DQLab juga memiliki modul GRATIS yang bisa kita akses untuk belajar python tanpa perlu menginstall python di PC atau laptop. Apa saja isi modul tersebut? Yuk kita bedah bersama!


1. Pengertian Python

Di awal modul, kita akan dikenalkan mengenai pengertian dan kegunaan python secara singkat. Python adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language.


Sebagai general-purpose programming language, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti pengembangan aplikasi web ataupun mobile, data science, dan lain sebagainya.


Python masuk ke dalam kategori high-level programming language dikarenakan bahasa pemrograman Python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh manusia. Bahasa  pemrograman  Python  diciptakan  oleh  Guido  van Rossum dan pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 sebagai sebuah proyek open-source.


Lisensi dari Python bersifat open-source dari Python, atau dengan kata lain setiap orang dapat mengembangkan program komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman Python baik untuk tujuan komersil/non-komersil.

python


Baca juga: Coding Python Simpel untuk Operasi Matematika


2. Quiz

Setelah memahami beberapa bab, kita akan diberikan kuis untuk mengukur seberapa jauh pemahaman kita mengenai materi yang telah kita pelajari. Kuis-kuis ini akan membantu kita untuk lebih memahami dan mengingat apa saja yang telah kita pelajari.


Jika jawaban kita salah, maka kita tidak bisa lanjut ke page selanjutnya. Berikut adalah contoh kuis yang harus kita kerjakan.

python


3. Struktur Bahasa Python

Pada modul ini, sebelum mulai menulis code python, kita akan mempelajari struktur bahasa python. Ada beberapa istilah yang harus kita ketahui sebelum menulis dan bekerja menggunakan bahasa pemrograman python.


Semua modul DQLab disusun secara terstruktur dan mudah dipahami namun ‘berisi’. Contoh materi singkat namun mencakup semua isinya ada pada gambar di bawah ini. Hanya dengan satu buah tabel, kita bisa belajar struktur bahasa pemrograman python. 

python


4. Statement dan “Hello World”

Setelah kita memahami isi tabel di atas, kita siap untuk menulis code sederhana dan merunning code tersebut agar muncul output. Dengan modul DQLab, kita bisa menulis code python secara langsung tanpa harus menginstall dan membuka python.


Contohnya ada di gambar berikut. Kita ingin menulis kalimat “Hello World” dan menampilkannya dengan bantuan fungsi print(). Kita bisa menulis codenya di kolom ‘code editor’ kemudian klik run dan outputnya akan muncul di kolom ‘console’.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Penasaran ingin coba sendiri FREE MODUL dari DQLab ini? Yuk akses modulnya dengan cara klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id kemudian pilih menu ‘Learn’ dan masuk ke menu ‘All module’. Nah di page tersebut kamu bisa mengakses semua free modul yang disediakan oleh DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :