PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 30 Menit 22 Detik 

Modifikasi Elemen Data Menggunakan Python pada Fitur Array

Belajar Data Science di Rumah 02-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d1f10c56bf85cfc12535fe852f13440e_x_Thumbnail800.png

Python merupakan bahasa pemrograman yang cukup sering digunakan dalam dunia data. Bahasa ini dikenal dengan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari dan bahasanya mudah dimengerti terutama bagi para pemula.


Kelebihan lainnya dari python adalah bersifat open source, sehingga pengguna tidak perlu membeli lisensi jika ingin menggunakannya, Dalam python terdapat beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk membantu proses coding, salah satunya adalah array python

 

Array merupakan suatu tipe data terstruktur yang berfungsi untuk menyimpan sejumlah data yang memiliki tipe sama. Array ini akan sangat berguna terutama jika datanya dalam jumlah yang banyak. Selain itu, array juga lebih hemat dalam penyimpanan sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika ingin menggunakan array untuk data dalam skala besar.


Array python memiliki beberapa fitur atau fungsi yang dapat digunakan di dalamnya, beberapa diantaranya akan dibahas pada artikel berikut ini. Yuk, simak bersama-sama!


1. Append

Salah satu fitur dalam array python yang cukup sering digunakan adalah fungsi append. Fungsi append ini berguna untuk menambahkan nilai array pada urutan terakhir. Fungsi ini sedikit berbeda dengan fungsi insert, dimana fungsi insert bisa menambahkan nilai array pada posisi tertentu. Untuk lebih memahaminya, perhatikan contoh coding berikut ini.

python


Pada awalnya array dalam bulan hanyalah berisi bulan januari sampai november. Lalu, kita akan menambahkan bulan desember dengan menggunakan fungsi append sehingga tidak perlu membuat array baru. Adapun outputnya berikut ini

python


Baca juga: Yuk, Praktekkan Coding Python Sederhana untuk Pemula


2. Pop

Jika pada bagian sebelumnya kita telah mengenali fungsi untuk menambahkan nilai dalam array, maka terdapat pula fungsi yang digunakan untuk menghapus nilai dalam array yaitu fungsi remove dan pop.


Perbedaan dari kedua fungsi ini adalah fungsi remove digunakan untuk menghapus nilai pertama dalam daftar sedangkan fungsi pop digunakan untuk menghapus nilai tertentu dalam daftar aray. Perhatikan contoh penggunaan dan output fungsi pop di bawah ini.

python

dan satu hal yang perlu diingat bahwa penggunaan indeks dalam python ini dimulai dari 0, sehingga jika kita menuliskan angka 5 maka yang terhapus adalah elemen ke-6.

python


3. Sort

Ketika membuat suatu program adakalanya kita perlu melakukan pengurutan atau sort baik itu dari nilai terendah maupun dari nilai tertinggi. Jika data yang diketahui sangat banyak dan tidak berurutan tentu akan sangat membingungkan jika harus mengurutkan dengan cara manual.


Oleh karena itu, untuk memudahkan proses pengurutan tersebut kita bisa menggunakan fungsi sort. Adapun contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

python


4. Modify

Modify merupakan salah satu fungsi dalam array yang sering digunakan pula. Fungsi modify ini digunakan untuk memodifikasi data yang ada. Pengguna dapat melakukan pengubahan nilai elemen data dengan cara mengidentifikasi nilai indeks elemen yang ingin dimodifikasi lalu melakukan perubahan.


Untuk lebih memahaminya, perhatikan contoh penggunaan modify di bawah ini.

python


Bagaimana, penggunaannya cukup mudah bukan?


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Bahasa python saat ini sudah cukup populer di kalangan programmer maupun pemula. Banyak media belajar yang menyediakan kursus online belajar bahasa python dari dasar, salah satunya adalah DQLab


Kelebihan belajar di DQLab sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :