FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 27 Menit 42 Detik 

Ragam Keunggulan Python Berdasarkan Materi Modul DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 29-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f5000490d672d93d09602c2cea2a0e25_x_Thumbnail800.jpg

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang cukup primadona di kalangan para praktisi data. Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Python termasuk salah satu yang cukup mudah untuk dibaca maupun ditulis bahkan oleh orang yang belum mahir sekalipun. Hal ini karena Python menggunakan bahasa yang mirip dengan bahasa manusia, atau kita bisa menyebutnya dengan high level programming language.


Tidak hanya itu, bahasa pemrograman yang dirilis pada awal tahun 1990an oleh Guido van Rossum ini juga bersifat general purpose, dimana bahasa pemrograman ini sangat fleksibel untuk menyelesaikan berbagai macam pekerjaan, mulai dari membersihkan data, melakukan perhitungan statistik, membuat machine learning, melakukan visualisasi data, dan masih banyak lagi.


Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan menggunakan Python. Penasaran dengan penjelasannya? Yuk, simak artikel berikut!


1. Cleaning Data

python


Tahapan yang harus dilakukan setelah data didapatkan adalah dengan melakukan manipulasi untuk membersihkan data. Di tahapan ini, kita bisa menambahkan variabel baru, melakukan slicing, aggregation, mengatasi missing value, dan masih banyak lagi.


DQLab menyediakan berbagai modul yang dapat dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan Sahabat DQ mengenai proses cleaning data. Modul-modul tersebut berjudul œData Wrangling Python, œData Manipulation with Pandas - part 1, dan œData Manipulation with Pandas - part 2


Di modul œData Wrangling Python, kita akan bertemu dengan cara membaca data dengan menggunakan Pandas, serta menghandle data missing value dan melakukan normalisasi. Di modul œData Manipulation with Pandas - part 1, pokok bahasannya adalah mengenal pandas, mencoba untuk membaca dan menyimpan dataset dengan menggunakan pandas, melakukan indexing, slicing, dan transforming, serta menghandle missing value.


Sementara di modul œData Manipulation with Pandas - part 2 akan membahas tentang cara penggabungan Series/Dataframe, Pivot, Melt, Stack & Unstack, Aggregation & GroupBy, serta Time Series in Pandas.


Baca juga: Belajar Coding Python Ramah Pemula Bersama DQLab


2. Perhitungan Statistika

python


Dalam pekerjaan seorang Data Scientist, perhitungan statistika bukanlah hal yang bisa dihindari begitu saja. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang dapat menyelesaikan perhitungan statistika dengan sangat mudah. Di DQLab Academy juga sudah disediakan modul Python yang berhubungan dengan statistika, yaitu œStatistic using Python for Data Science - part 1 dan œStatistic using Python for Data Science - part 2.


Pada modul œStatistic using Python for Data Science - part 1, Sahabat DQ akan bertemu dengan materi-materi dasar statistika seperti pengenalan statistika & package statistika yang ada di Python, pengenalan NumPy dan Pandas, ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, dan korelasi. Sementara di modul œStatistic using Python for Data Science - part 2, hal yang akan dibahas adalah mengenai data visualisasi, transformasi data, dan regresi linear sederhana.


3. Machine Learning

pythonpythonpython


Machine Learning menjadi salah satu teknologi yang sangat dibutuhkan oleh para praktisi data, seperti Data Scientist. Penggunaan Machine Learning akan membuat mesin dapat bekerja secara otomatis dan mengikuti pola pikir manusia dalam proses pembuatan keputusan.


Sahabat DQ bisa mempelajari Machine Learning di DQLab pada modul œMachine Learning with Python for Beginner, œBasic Feature Discovering for Machine Learning, œCustomer Churn Prediction using Machine Learning.


Hal yang akan dibahas di modul œMachine Learning with Python for Beginner adalah pengenalan Machine Learning, Eksplorasi data dan pre-processing data, pengenalan library Scikit-Learn, algoritma Supervised Learning serta algoritma Unsupervised Learning.


Pada modul œBasic Feature Discovering for Machine Learning, Sahabat DQ akan mempelajari tentang pengenalan data, mencari korelasi dan melakukan cleansing sederhana, eksplorasi data, feature engineering serta hasil model yang didapatkan. 


Sementara di modul œCustomer Churn Prediction using Machine Learning, kita akan bertemu dengan pengenalan data dan library yang akan digunakan, eksplorasi data, pre-processing data, pembuatan model dengan menggunakan Logistic Regression, Random Forest Classifier, Gradient Boosting Classifier, kemudian memilih modul terbaik.


4. Visualisasi Data

pythonpythonpython


Bagian penting dari pekerjaan seorang praktisi data adalah menyederhanakan hasil temuannya dalam bentuk visualisasi agar lebih mudah untuk dilihat karakteristik dari data. Sahabat DQ bisa mempelajari pembuatan visualisasi dengan menggunakan Python melalui modul-modul yang disediakan oleh DQLab, yaitu modul œData Visualization with Python Matplotlib for Beginner - part 1, œData Visualization with Python Matplotlib for Beginner - part 2, œFundamental Data Visualization with Python, serta œData Visualization using Plotnine.


Pada modul œData Visualization with Python Matplotlib for Beginner - part 1, materi yang akan kita temui adalah pengenalan library matplotlib, membuat plot sederhana, serda melakukan kustomisasi grafik.


Kemudian di modul lanjutannya, yaitu modul œData Visualization with Python Matplotlib for Beginner - part 2, kita akan bertemu dengan jenis visualisasi dan tujuannya, membuat multi-line chart dan kustomisasi lanjutan, membuat pie chart, bar chart, histogram, serta scatterplot.


Kemudian dalam modul œFundamental Data Visualization with Python, materi yang akan ditemukan adalah penjelasan mengapa visualisasi dibutuhkan, serta jenis grafik dan cara penggunaannya. Sementara pada modul œData Visualization using Plotnine, materi yang tersedia memuat tentang pengenalan data, membuat plot sederhana, serta pengenalan berbagai geom.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.


Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.

Namun bagi kamu si pecinta gratisan, tenang saja. DQLab juga sudah menyediakan free modul yang bisa kamu jadikan dasar pembelajaran Python mu. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :