PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 18 Menit 53 Detik 

Belajar Coding Python Ramah Pemula Bersama DQLab

Belajar Data Science di Rumah 27-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/354fdb982551c4d0ab62a5788e8e865e_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para praktisi data untuk mengolah data, khususnya Data Scientist. Python menjadi bahasa pemrograman favorit para praktisi data karena sifat fleksibel yang dimiliki.


Python sendiri dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, mulai dari membersihkan data baik structured maupun unstructured data, menggunakan Machine Learning, membuat visualisasi yang menarik, mendeploy model, dan masih banyak lagi.


Tidak hanya itu, jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang termudah, baik untuk dibaca maupun ditulis karena bahasa ini menggunakan bahasa yang umum digunakan oleh manusia atau dikenal dengan istilah High Level Programming Language.


Dalam artikel ini kita akan coba untuk mempelajari tentang coding Python yang cukup sederhana dan cocok untuk pemula dengan menggunakan livecode yang disediakan oleh DQLab. Penasaran kan? Yuk, simak pembahasannya!


1. Hello World Pada Python

Proses pembelajaran Python tentunya akan memerlukan tahapan-tahapan tertentu, sebelum mulai masuk ke materi di tingkat menengah atau yang lebih advanced. Kebanyakan bahasa pemrograman akan memulai coding nya dengan kalimat œHello World!, begitu pun pada Python.


Coding ini merupakan coding yang paling sederhana dari Python. Agar bisa menampilkan tulisan œHello World!, kita bisa memanfaatkan fungsi print() yang disediakan oleh Python. Berikut adalah contohnya:

python

Ketika kita klik di bagian Run, maka akan muncul tampilan seperti ini:

python


Gimana, gampang banget kan? Sahabat DQ juga bisa mencoba nya dengan menggunakan livecode yang disediakan DQLab.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python

2. Variabel dalam Python

Variabel menjadi hal yang cukup sering digunakan dalam Python, terlebih jika data yang dimiliki cukup banyak atau adanya rumus yang cukup rumit jika harus ditulis secara berulang-ulang, sehingga untuk menghemat waktu dan tenaga kita bisa menggunakan variabel untuk memanggil dataset yang tersedia di Python.


Proses pembuatan variabel di Python cukup mudah, dimana hanya terdiri dari nama variabel dan isi dari variabel. Berikut adalah contoh pembuatan variabel dalam Python:

python

Dari coding di atas, kita bisa lihat bahwa y adalah nama variabel nya, sementara isi variabelnya adalah 10. Kita akan mengkombinasikannya dengan fungsi print(). Maka outputnya akan seperti ini:

python


3. Operasi Matematika Sederhana

Operasi matematika sederhana sudah pasti akan sering digunakan di level pembelajaran Python selanjutnya, baik itu di level medium maupun advanced. Sehingga penggunaan operasi matematika seperti penambahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian menjadi hal yang cukup krusial untuk dikuasai.


Misalkan disini kita akan mencoba hal tersebut dengan menggunakan 2 variabel sederhana, yaitu a yang bernilai 5 dan b yang bernilai 2. Berikut adalah contoh codingnya:

python

Dari syntax ini, kita tidak hanya melakukan operasi sederhana saja, namun mencoba untuk menggabungkan hasilnya dengan kalimat tertentu. Untuk hal ini, fungsi print() juga bisa kita manfaatkan. Hasil yang didapatkan adalah:

python

4. Fungsi IF Sederhana

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi percabangan yang akan sangat membantu proses pengolahan data. Penguasaan fungsi IF yang sederhana akan menjadi dasar untuk menggunakan fungsi IF yang lebih rumit dan kompleks.

python

Pada coding di atas, kita memisalkan bahwa variabel nilai merupakan angka 10. Kemudian di line 3, kita akan mencoba untuk menguji apakah nilai sama dengan 10. Pada line 4, kita minta kepada Python untuk mengeluarkan output yang ada di dalam fungsi print jika pernyataan yang ada sesuai.


Maka hasil outputnya adalah:

python

Kita bisa melihat bahwa output yang muncul sesuai dengan yang kita inginkan. Namun bagaimana jika nilainya tidak bernilai 10? Misalkan saja kita coba untuk mengganti nilainya menjadi 9. Maka hasilnya akan seperti ini:

python


Kita bisa melihat bahwa pada bagian output, nilai yang ada di fungsi print tidak dikeluarkan karena hasil pengujian di IF tidak memenuhi kriteria yang ada.


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab. Ada banyak sekali pembahasan yang dituang dalam berbagai modul dengan menggunakan bahasa pemrograman Python.


Tidak hanya itu, begitu Sahabat DQ berlangganan modul premium, maka kalian juga bisa menikmati modul pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman lainnya, seperti R dan SQL.


Namun bagi kamu si pecinta gratisan, tenang saja. DQLab juga sudah menyediakan free modul yang bisa kamu jadikan dasar pembelajaran Python mu. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :