PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 25 Menit 44 Detik 

Simak Cara Belajar Python Dasar untuk Pemula NON IT

Belajar Data Science di Rumah 03-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e36565c30393bb3199ad836d2ccacfbc_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman menjadi suatu kebutuhan bahkan skill yang wajib dikuasai oleh data scientist. Salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan adalah bahasa python. Python merupakan bahasa pemrograman yang populer dan berkembang dengan sangat cepat.


Menurut survey, bahasa ini sering dicari melalui search engine. Bahasa phyton ini cukup menarik perhatian banyak kalangan, termasuk para pemula yang ingin belajar python dasar. 


Bahasa python adalah bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Guido van Rossum pada tahun 1991. Python dikenal dengan berbagai kelebihannya seperti mudah dipelajari, bahasa yang mudah dimengerti, library yang melimpah, dan sudah sering diaplikasikan di berbagai bidang seperti web development, software development, mathematics, scripting, data science, untuk riset dan rapid prototype.


Salah satu hal yang cukup menarik perhatian saat ini adalah penggunaan python untuk data science, sehingga menjadi salah satu alasan juga bahwa python menjadi bahasa yang populer pada masa kini.


1. Struktur Kode 

Bahasa pemrograman python termasuk bahasa yang high level programming language. Bahasa ini cukup mudah dipelajari, sederhana dan tidak rumit, sehingga cocok dipelajari untuk pemula.


Sebagai pengetahuan dasar, kita akan coba menampilkan perintah baik berupa kata atau perhitungan sederhana dalam python seperti contoh code di bawah ini

python


Setelah di console, maka akan menampilkan output berikut:

python


Baca juga: Yuk, Praktekkan Coding Python Sederhana untuk Pemula


2. Comment

Pada saat proses membuat kode, adakalanya kita memerlukan clue tambahan atau dokumentasi namun tidak perlu dieksekusi dalam program. Hal ini juga akan membantu programmer maupun pembaca agar tidak bingung atau lupa terkait isi kode.


Nah, salah satu metode yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan comment, yang disimbolkan dengan tanda pagar (#). Perintah yang diberi comment tidak akan dieksekusi oleh program. Perhatikan contoh dibawah ini.

python


Pada gambar di atas dapat dilihat bahwa kalimat yang diberi comment tidak terlihat pada hasil console.


3. Variabel dan Tipe Data

Variabel merupakan sebuah tempat penyimpanan data yang bersifat mutable, bisa diubah-ubah. Adapun tipe data merupakan memori yang digunakan untuk menampung informasi. Pada python terdapat beberapa contoh tipe data yaitu boolean, string, integer, float, list, tuple, dan dictionary.


Berikut ini adalah sedikit penjelasan mengenai definisi dari beberapa tipe data python.

python


4. Mencetak Tipe Data

Agar lebih memahami beberapa contoh serta penerapan penggunaan berbagai tipe data, kita akan mencoba mengetikkan beberapa kode sebagai gambaran dari masing-masing tipe data. Mulai dari tipe data boolean, string, integer, float, list, tuple, dan dictionary.


Selain itu, kita juga akan mencoba memasukkan tipe data dictionary ke dalam variabel biodata. Perhatikan code di bawah ini.

python


Jika kode di atas di console, maka akan menghasilkan output sebagai berikut

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Seiring berkembanganya data science dan populernya profesi data scientist, penggunaan bahasa python pun semakin diminati. Bahasa python ini dikenal dengan bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para praktisi data. Kalian bisa coba belajar bahasa python di  DQLab loh.


DQLab memiliki beberapa keunggulan seperti belajar secara live code dan menyajikan materi secara teori maupun praktek. DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :