PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 33 Menit 37 Detik 

Tutorial Dasar Python dengan Memahami Aturan Penulisan Sintaks

Belajar Data Science di Rumah 28-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/482a915b8696292a0938072e745207ff_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sudah terkenal dan cukup sering digunakan oleh para Data Scientist, Data Analyst maupun Data Engineer. Bahasa Python merupakan salah satu pilihan tepat bagi para pemula karena termasuk bahasa yang sederhana, mudah dipelajari dan mudah dipahami. Untuk belajar Python, saat ini sudah begitu banyak tutorial Python yang disediakan oleh berbagai media pembelajaran mulai dari tingkat dasar hingga tingkat mahir.


Untuk memulai mempelajari segala sesuatu adalah dari fundamental atau konsep dasarnya, begitu pula jika kamu ingin belajar Python. Python ini bisa dikatakan ramah untuk pemula karena mudah dipahami dan dipelajari. Sintaks yang digunakan cenderung menggunakan bahasa yang singkat dan mudah diingat. Sahabat data bisa mencoba menuliskan sintaks-sintaks sederhana seperti memanggil library, membuat code perhitungan matematika sederhana, dan lain sebagainya.


Setiap bahasa pemrograman memiliki ciri khas dan aturan penulisan yang berbeda-beda.  Begitu pula dengan bahasa pemrograman Python, terdapat beberapa aturan yang harus diperhatikan seperti aturan penulisan statement, penulisan pengkondisian if else, penamaan variabel, penulisan simbol, atau sampai penulisan operator. Jika terdapat penulisan yang tidak sesuai dengan aturan, maka program tidak akan berjalan atau error. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa struktur Python serta cara penulisannya dalam Python. Yuk, kita simak bersama-sama!


1. Statement

Statement adalah instruksi atau kalimat perintah yang diberikan dalam beberapa baris untuk dieksekusi oleh komputer. Pada bahasa Python, penulisan tidak diakhiri dengan tanda titik-koma. Akan tetapi, jika kita ingin menuliskan beberapa statement dalam satu baris maka kita harus memisahkannya dengan titik-koma. 

python

Namun menulis lebih dari satu statement dalam satu baris tidak dianjurkan dikarenakan akan menyulitkan dalam membaca kode.

Aturan penulisan statement lainnya adalah ketika menuliskan string pada Python yaitu harus menggunakan tanda petik baik tanda petik tunggal maupun ganda. Berikut ini adalah contoh penulisan statement pada Python,

python

Pada contoh program di atas, terdapat 4 buah statement. Dan di setiap statement dipisahkan oleh sebuah karakter ganti baris ( ).


Baca juga: Belajar Coding Python : Pemula, Yuk Kenali Macam Librarynya


2. Variabel 

Variabel merupakan tempat penyimpanan sementara yang dapat digunakan untuk menyimpan data atau informasi. Variabel bersifat mutable, artinya nilai yang ada di dalam variabel dapat diubah, Nilai yang ada di dalam variabel pun dapat berupa bilangan maupun kata. Jadi, apabila suatu saat data tersebut ingin ditampilkan, kita hanya perlu memanggil variabel tersebut untuk menampilkan data yang tersimpan.

Penulisan variabel dalam Python juga memiliki aturan tertentu, yaitu:

  • Karakter pertama harus berupa huruf atau garis bawah/underscore ( _ ).

  • Karakter selanjutnya dapat berupa huruf, garis bawah/underscore ( _ ) atau angka.

  • Karakter pada nama variabel bersifat sensitif (case-sensitif). Artinya huruf kecil dan huruf besar dibedakan. Sebagai contoh, variabel œnama dan œNama adalah variabel yang berbeda.

Dibawah ini adalah contoh penggunaan variabel dalam bahasa pemrograman Python,


3. Operator

Operator adalah simbol yang dapat digunakan untuk mengubah nilai dari satu variabel dengan melibatkan satu atau lebih variabel dan literal. Secara garis besar terdapat beberapa jenis operator dalam Python, yaitu operator aritmatika, operator komparasi atau perbandingan, operator penugasan, operator logika, operator keanggotaan (membership), operator identitas, dan operator bitwise. 

Sebagai contoh, pada operator aritmatika terdapat beberapa simbol yang dapat digunakan seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*), pembagian (/), dan lainnya. Berikuti ini adalah contoh penggunaan operator aritmatika,

python


4. Comments

Comments merupakan sekumpulan teks yang dituliskan dalam sebuah program dan tidak akan mempengaruhi hasil dari program tersebut. Walaupun tidak mempengaruhi hasil program, comments merupakan salah satu bagian penting dalam pengkodean, hal ini dikarenakan comments digunakan sebagai penjelasan alur dari kode program yang kita tulis serta dapat diselipkan di antara sekumpulan statement yang telah dituliskan. Comments ini tentunya juga dapat memudahkan programmer untuk berkomunikasi dengan programmer lainnya.

Secara umum terdapat dua jenis comment, yaitu single line comment (comment dalam satu baris) dan multi line comment (comment dalam beberapa baris). Comment dengan satu baris ditulis dengan tanda œ#. Sedangkan yang lebih dari satu baris ditulis dengan triple doublequote (tanda petik dua sebanyak 3x).

Berikut contoh penggunaan comment pada program Python,

  • Comment satu baris

python

  • Comment multi baris

python


Baca juga:  Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Mulai Belajar Dasar Python di DQLab!

Mau ikut kursus Data Science tapi takut zonk? Coba dulu pakai module gratis dari DQLab, yuk! Sahabat DQ cukup daftar dengan mengisikan data diri di DQLab dan mulai mencoba modul-modul yang tersedia seperti pada gambar di bawah ini. 

python

DQLab menyediakan materi berupa modul yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. DQLab pun dapat dipelajari menggunakan fitur Live Code Editor sehingga peserta tidak perlu menginstal software secara terpisah. Menarik bukan? Langsung saja Sign Up di DQLab.id dan nikmati belajar Data Science yang menyenangkan hanya di DQLab! 


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :