Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Tutorial Membuat Portofolio Data dari Python Streamlit

Belajar Data Science di Rumah 22-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c0b1df81b38f620448b65ae19bbc6710_x_Thumbnail800.jpg

Profesi di bidang data seperti Data Scientist dan Data Analyst banyak diincar baik yang sudah memiliki background IT maupun non IT. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju seperti saat ini, pekerjaan data ini sangat menjanjikan bahkan dikatakan hingga lima tahun kedepan. Perusahaan-perusahaan semakin menyadari pentingnya data untuk kemajuan bisnisnya sehingga membutuhkan orang yang ahli dalam mengolah data dan mampu menyampaikan informasi dan memberikan insight yang berguna. Nah, singkatnya inilah tugas praktisi data. 


Talenta data yang dicari perusahaan tentu tidak sembarang. Ada beberapa skill yang menjadi syarat wajib seperti kemampuan pemrograman Python atau R, kemampuan database dengan SQL atau NoSQL, analisis yang baik, hingga kemampuan komunikasi. Skill yang kamu miliki bisa dituangkan dalam portofolio data. Umumnya portofolio data ini berisikan project-project yang pernah dilakukan sebelumnya. Di artikel kali ini kita akan bahas salah satu fungsi Pyhton yang membantu dalam membuat portofolio data yaitu Python streamlit. Apa itu? Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!


1. Mengenal Python Streamlit

Apa sih Python streamlit itu? Streamlit merupakan library yang dimiliki Python yang bersifat open source. Streamlit memudahkan pengguna untuk mengubah data script menjadi aplikasi berbasis web yang interaktif. Selain bersifat open source, streamlit juga bersifat open sharing sehingga mudah untuk dibagikan. 


Machine learning juga dapat di deploy dengan Python streamlit. Seperti yang kita tahu, dalam proses analisis, visualisasi data itu penting. Nah, kita bisa membuat visualisasi data yang interaktif menggunakan streamlit. Jadi Python streamlit ini dapat membantu kamu dalam membuat portofolio data yang menarik di mata rekruter.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Cara Install Python Streamlit

python

Bagaimana caranya install Python streamlit? Caranya cukup mudah, loh. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa di perangkatmu sudah terinstall Python 3.6 atau versi Python yang paling baru.

  • Buka terminal di peragkatmu.

  • Tuliskan perintah pip install streamlit

  • Jika sudah berhasil terinstall, kamu bisa memeriksanya dengan menuliskan perintah streamlit hello di terminal.

  • Kamu akan langsung diarahkan pada jendela yaitu tampilan beranda Python streamlit. Silahkan eksplor link-link yang ada pada beranda untuk tahu lebih dalam mengenai streamlit.


3. Bagaimana Cara Penggunaannya?

Setelah menginstall Python streamlit, sekarang kita akan belajar cara penggunaannya. Perhatikan gambar berikut.

python


Pada jendela streamlit di bagian kiri terdapat kolom bertuliskan Choose a demo. Kamu bisa klik pada ikon segitiga. Kemudian akan muncul beberapa demo yang disediakan yaitu Animation Demo, Plotting Demo, Mapping Demo, dan DataFrame Demo. 


Pada gambar diatas adalah contoh penggunaan DataFrame Demo yang menampilkan visualisasi suatu data. Eksplorasi pilihan demo lainnya untuk tahu lebih dalam tentang streamlit. Gambar di bawah ini adalah contoh Animation Demo. Menarik, bukan? 


python


4. Contoh Penerapan Python Streamlit

python


Sebagai referensi kamu bisa dengan mudah menemukan contoh-contoh penerapan Python streamlit di internet. Mengingat fungsi dari streamlit, contoh penerapannya yaitu membangun aplikasi web sederhana. 


Sebelum menggunakannya harus di panggil terlebih dahulu library streamlit dengan menuliskan code import streamlit as st di Python. Selanjutnya library streamlit sudah bisa digunakan untuk fungsi yang akan diterapkan. Untuk menjalankannya tuliskan perintah streamlit run [file_name].py pada terminal. 


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Mulai Bangun Portofolio Data Melalui Project DQLab

Tips menjadi praktisi data handal adalah konsisten berlatih mengolah data dan rasa ingin tahu yang tinggi. Seorang praktisi data harus berani mengeksplorasi berbagai hal seperti metode pengolahan data, tools-tools yang digunakan, dan lain sebagainya. Sehingga praktisi data dapat terus update informasi yang dapat membuat pengolahan datanya semakin efektif. 


Hasil pekerjaanmu ini bisa kamu tuangkan dalam suatu portofolio data. Hal ini cukup penting ketika kamu ingin mendaftar untuk posisi praktisi data. Portofolio data akan menjadi nilai jual tambah di mata rekruter. 


Project-project yang terseda di DQLab juga bisa kamu jadikan bahan portofolio datamu, loh. Kemas dalam bentuk yang menarik dan berikan insight yang bermanfaat. 


Yuk, daftar di DQLab.id dan dapatkan akses module gratisnya!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya 



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!