DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 19 Menit 4 Detik 

Langsung Mahir! Belajar Python untuk Pemula Versi DQLab

Belajar Data Science di Rumah 31-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8480ccbe662578ab315ed54ef843defa_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sangat dinamis. Tools ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Python dapat digunakan di berbagai bidang industri mulai dari perbankan, media, kesehatan, otomotif, ritel, dan bidang industri lainnya. Fungsi python pun beragam mulai dari game development, web dan apps development, otomatisasi sistem, analisis data, dan lain sebagainya. Kelebihan lain dari python adalah memiliki sintaks yang sederhana sehingga mudah dipahami. Meningkatnya popularitas python menyebabkan meningkatnya keinginan belajar pada beberapa kelompok. Hal ini karena pemanfaatan data yang semakin tinggi sehingga praktisi data ‘dipaksa’ untuk mengikuti teknologi pengolahan data. Salah satu teknologi yang dimaksud adalah python.


Walaupun terlihat rumit karena memiliki banyak fungsi, library, dan fitur. Pada dasarnya python dapat dipelajari oleh siapapun bahkan oleh seseorang yang tidak memiliki basic IT. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mempelajari python, mulai dari mengikuti bootcamp, mengikuti kursus, mengambil sekolah formal, belajar mandiri melalui buku dan internet, dan lain sebagainya. Belajar python secara mandiri tidaklah mustahil. Bahkan banyak praktisi data yang belajar secara otodidak. Untuk kamu yang punya keinginan belajar python secara mandiri, DQLab punya cara belajar python dengan mudah yang bisa kamu terapkan, nih! Penasaran? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Belajar Fundamental Python

Hal pertama yang harus kita kuasai adalah fundamental fundamental atau dasar-dasar dari python. Tanpa menguasai fundamental python, kita akan kesulitan untuk mengatasi kasus atau project yang kompleks. Beberapa hal yang perlu kamu pelajari di awal masa pembelajaran adalah memahami variabel dan tipe data, list, library, operator dasar, operasi string, condition, loop, function, class, object, dan lain sebagainya. Untuk memperdalam pemahaman kamu mengenai basic python yang telah disebutkan, kamu bisa mengeksplornya di berbagai platform dan website yang sudah banyak tersedia di internet secara gratis. Lebih dalam pemahaman kita mengenai basic python, maka proses pembelajaran kedepannya akan lebih mudah.


Baca juga: Belajar Python Gratis Sampai Mahir Dimana Saja & Kapan Saja


2. Buat Target Belajar

Sebelum mulai belajar python, ada baiknya kamu merenung dan bertanya pada diri kamu mengapa kamu ingin mempelajari python. Apa tujuan dari pembelajaran yang akan kamu lakukan. Dengan tujuan yang jelas akan menjadi motivasi tersendiri ketika ada kendala dalam proses belajar. Sering kali di pertengahan masa pembelajaran kita merasa malas, bosan, atau lelah. Disinilah fungsinya tujuan yang telah kita tentukan di awal. Tujuan ini akan menjadi ‘pecut’ bagi kita agar terus semangat hingga goals yang kita set tercapai.


3. Pilih Sumber Belajar yang Tepat

python

Sumber belajar python bisa dikelompokkan menjadi tiga kategori utama, pertama adalah sumber interaktif, kemudian sumber non-interaktif, dan terakhir sumber video. Setiap sumber memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Contoh sumber interaktif adalah online course yang saat ini sedang sangat populer. Online course ini biasanya menyediakan modul dan latihan praktis sehingga proses belajar lebih terarah. Contoh sumber non interaktif adalah buku atau e-book. Terakhir sumber video bisa didapatkan dari platform youtube. Saat ini sudah banyak youtuber yang memberikan informasi belajar python gratis, mulai dari tutorial hingga penjelasan teoritis. Jangan khawatir, kamu bisa menggabungkan ketiganya, kok!


4. Atur Jadwal Belajar

Tahukah kamu setiap orang memiliki ‘jam produktif’-nya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, kamu harus mulai mengidentifikasi jam-jam efektif untuk belajar. Beberapa orang bisa belajar di pagi hari, ada pula orang yang hanya bisa belajar di malam hari. Jadi, pastikan jam yang tepat agar jadwal belajar kamu lebih optimal ya. Lebih baik sebentar tapi efektif, daripada banyak tapi tidak dapat apa-apa, bukan?


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Python Bersama DQLab

python

Masih bingung harus mulai belajar python dari mana? Yuk belajar bersama DQLab! Kamu bisa belajar dengan modul DQLab yang telah disusun sesuai pemahaman kita loh, mulai dari level pemula hingga pengaplikasian di berbagai case. Modul DQLab disusun oleh praktisi data yang sudah expert di bidangnya, jadi tidak perlu khawatir mengenai kualitas materinya. Yuk coba modul gratis DQLab! Klik button di bawah ini untuk mengakses modul ‘Introduce to Data Science’ dan nikmati experience belajar menyenangkan dan mudah dipahami. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :