[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 15 Jam 0 Menit 17 Detik 

Belajar Python Gratis Sampai Mahir Dimana Saja & Kapan Saja

Belajar Data Science di Rumah 25-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b277e9fcef9b72147b8d73565989afc6_x_Thumbnail800.jpg

Belajar Python gratis, siapa yang tidak tertarik? Pemrograman Python banyak di bahas di berbagai platform media sosial. Bahasa pemrograman ini sebelumnya biasa digunakan developer untuk mengembangkan berbagai program baik yang berbasis web hingga mobile. Namun tidak hanya itu, Python juga populer digunakan untuk data science. Yup, ilmu data science yang sedang naik daun ini merupakan ilmu yang dibangun dengan tujuan mempermudah proses pengolahan data. Proses ini menggunakan metode-metode tertentu agar menghasilkan informasi yang berguna dan dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan. 


Alasan mengapa Python digunakan untuk data science salah satunya yaitu tersedia banyak library yang mendukung proses data science. Beberapa library yang sering digunakan yaitu Pandas, Matplotlib, Numpy, dan SciPy. Bahasa Python juga dikenal mudah dipelajari dan dipahami oleh pemula sekalipun. Python fokus pada keterbacaan kode sehingga pemrogram lebih fokus merancang program dibanding menyusun kodenya. Oleh karena itu sekarang banyak yang mulai belajar Python baik secara offline maupun online. Di artikel kali ini kita akan bahas sedikit mengenai Python dan tips dapat belajar Python dengan gratis. Penasaran? Simak di bawah ini, yuk!


1. Mengenal Penulisan Code di Python

python

Mari kita awali dengan membahas penulisan code di Python yang harus kamu ketahui. Dalam suatu baris code di Python terdapat beberapa bagian yaitu diantaranya sebagai berikut:

  • Identifier atau python identifier adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi atau memberikan identitas untuk variabel, function, class, module, ataupun object lainnya.

  • Indentasi adalah penulisan yang agak menjorok masuk ke dalam. Kamu harus memahami ini agar terhindar dari error saat menjalankan program. 

  • Statement adalah pernyataan atau instruksi yang diberikan untuk dieksekusi oleh mesin. Penulisan statement di Python tidak diakhiri dengan tanda titik koma (;).

  • Komentar adalah sebuah baris code atau statement yang diabaikan interpreter Python. Komentar dituliskan dengan diawali simbol pagar (#) dan biasanya dituliskan hanya sebagai catatan atau penjelasan suatu baris code.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Manfaatkan Modul Python Gratis

python

Mau belajar Python gratis? Yuk, manfaatkan modul gratis! Sekarang banyak lembaga kursus data science yang memberikan fasilitas modul gratis untuk belajar Python salah satunya yaitu dari DQLab. Meski gratis bukan berarti modul tersebut tidak berbobot. Modul gratis yang disediakan oleh DQLab adalah modul Introduction to Data Science with Python yang berisi pengenalan bahasa pemrograman Python. Modul Introduction to Data Science with Python berisi 2 chapter dan 16 sub-bab yang membahas diantaranya pengenalan tentang Python, library pada Python, struktur bahasa Python, dan praktik penggunaan bahasa Python. Didampingi oleh mentor yang ahli di bidang data dengan penjelasan yang mudah dipahami dan dipelajari. Kamu juga bisa mencari modul-modul gratis lainnya yang membahas penggunaan Python baik untuk mengembangkan program atau untuk data science. 


3. Mengikuti Pelatihan Data Science untuk Dalami Python

python

Selain mengikuti kursus data science, belajar Python secara gratis juga bisa dengan mengikuti pelatihan data science. Contohnya pelatihan yang diberikan oleh Kominfo pada pelatihan Professional Academy yang mencakup beberapa bidang seperti networking, Python, data science, machine learning, dan lain sebagainya. Pelatihan diadakan dalam jangka waktu tertentu biasanya dua sampai tiga minggu dengan durasi pembelajaran sekitar 2 jam. Adapun prosedur agar dapat mengikuti pelatihan secara gratis yaitu mendaftarkan diri di situs Digitalent dengan mengisikan data diri sebenar-benarnya. Selanjutnya kamu akan mendapatkan notifikasi untuk mengerjakan tes substansi. Jika hasil tes tersebut bagus, kamu akan mendapatkan notifikasi lagi yang berisi pemberitahuan bahwa kamu diterima mengikuti pelatihan dari Kominfo secara gratis. Setelah selesai mengikuti pelatihan, kamu akan diberikan sertifikat dan bisa kamu upload ke media sosial sebagai pencapaianmu. 


4. Belajar Python Melalui Program Beasiswa Data Science

python

Beasiswa merupakan program yang diminati oleh banyak orang. Biasanya diberikan oleh lembaga atau instansi tertentu baik dalam bentuk voucher untuk belajar gratis, pelatihan secara gratis, dan lainnya. Seperti beasiswa yang diberikan oleh DQLab yaitu Tetris Program yang memberikan kesempatan untuk pelajar, fresh graduate, hingga profesional yang tertarik dengan data dan juga ingin berkarir di bidang data. Program ini bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang akan memberikan kesempatan berkarir sebagai Internship dan Full Time. Pendaftaran Tetris Program dibuka sampai 31 Januari 2022. Jangan lupa juga gabung grup Discord jika kamu sudah mendaftarkan diri. Don’t miss it, guys!


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Mahir Belajar Python Bersama DQLab

Mahir data science bisa dari mana saja di seluruh Indonesia. Kursus data science online banyak dicari orang-orang yang tertarik dengan data. Salah satu alasannya adalah fleksibel dalam pembelajarannya. Dengan mengikuti kursus online kamu bisa mengatur jam belajarmu sendiri, bisa pagi, siang, atau malam. Jadi waktu belajar tidak bentrok dengan aktivitas lainnya. Yuk, gabung di DQLab.id untuk belajar data science sampai mahir! Bersama mentor data profesional, kamu bisa belajar secara intensif dan fokus upgrade skill yang dibutuhkan di industri. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!