GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 34 Menit 28 Detik 

Yuk, Gali Informasi Lebih Dalam tentang Python!

Belajar Data Science di Rumah 05-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b885b6bb19da49035a1c8126e470467d_x_Thumbnail800.jpg

Profesi data scientist saat ini merupakan profesi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Tugas dan tanggung jawab data scientist diharuskan untuk memiliki berbagai kemampuan yang menunjang kinerjanya. Salah satu skill yang perlu dimiliki adalah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang digunakan oleh data scientist adalah bahasa python. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenal python dan fungsinya serta mengulik alasan mengapa python begitu diminati oleh banyak orang.


Bahasa python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang sedang naik daun. Pengguna bahasa python ini pun mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, bahkan sampai perusahaan besar pun sudah menggunakannya. Beberapa diantaranya antara lain seperti Netflix, Google, YouTube, Spotify, Instagram, dan lainnya. Selain perusahaan besar yang menggunakannya, instansi swasta maupun pemerintah pun terbantu dengan bahasa pemrograman ini. Kira-kira apa saja hal yang perlu diketahui dari bahasa python ini? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Sejarah Python

Pada tahun 1990-an, seorang programmer dari Belanda bernama Guido van Rossum membuat bahasa python di Centrum Wiskunde & Informatica (CWI). Bahasa python ini merupakan inspirasi lanjutan dari bahasa pemrograman ABC. 


Tahun-tahun selanjutnya, bahasa python dikembangkan agar lebih kompatibel. Sampai saat ini terdapat 3 versi python. Python ini bahasa pemrograman yang bersifat open source, sehingga banyak orang juga yang berkontribusi dalam perkembangan python.

python


Baca juga: Yuk, Praktekkan Coding Python Sederhana untuk Pemula


2. Kelebihan dan Kekurangan Python

Setiap bahasa pemrograman memiliki ciri khas, kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bahasa python ini dikenal dengan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, bahasanya sederhana dan cocok untuk pemula. Kelebihan bahasa python antara lain banyaknya library yang tersedia, bersifat open source, mendukung multi platform, dan memiliki sistem pengelolaan memori otomatis.


Adapun kekurangan dari python antara kain cukup lambat dijalankan, memiliki keterbatasan dengan akses basis data, dan kurang cocok untuk pekerjaan yang multi core.

python


3. Implementasi Python

Seperti yang telah diketahui bahwa bahasa python ini telah diterapkan di berbagai bidang, salah satu yang populer adalah dalam bidang teknologi. Dalam bidang teknologi, python ini memiliki peranan besar seperti untuk menbangun algoritma view dalam aplikasi sosial media, penggunaan search engine, mengembangkan aplikasi, membuat web, proses analisis data yang cepat dan canggih, serta membantu keseharian kita dalam menggunakan marketplace atau belanja secara online.

python


4. Mengapa Menggunakan Python?

Kepopuleran bahasa python ini membuat orang bertanya-tanya, mengapa memilih bahasa python di antara bahasa pemrograman lainnya? Apakah ada yang menarik perhatian di bahasa python sehingga pengguna banyak yang menggunakannya terutama dalam proses analisis data.


Hal ini dikarenakan alasan yang sangat mudah, yaitu bahasa python ini memiliki kode yang sederhana dan mudah dibaca. Selain itu, bahasa python juga memiliki peranan besar dan cocok untuk big data serta otomasi.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Bahasa python sama seperti bahasa pemrograman lainnya yaitu memiliki kelebihan serta kekurangan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan. Kalian semua dapat belajar python dari dasar di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :