GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 6 Jam 52 Menit 54 Detik 

Belajar Python, Keunggulan Membuat Aplikasi dengan PTKINTER

Belajar Data Science di Rumah 29-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e83a5454d444607f9dc1afe591da8f5f_x_Thumbnail800.jpg

Python bukan hanya digunakan untuk Data Analysis, Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, tapi juga sangat powerfull untuk membuat aplikasi dengan python berbasis GUI. Diantara banyaknya library python yang powerfull dan dapat mempermudah pekerjaan ada satu library yang dapat digunakan untuk mendevelop aplikasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yaitu TKINTER. Tak heran jika python masih menjadi bahasa pemrograman yang memiliki banyak penggemar selain dari kalangan praktisi data tapi juga developer aplikasi. Python dikenal secara luas untuk kemampuannya dalam Rapid Application Development, terutama dikarenakan binding dan typingnya yang dinamis. 


Artikel kali ini akan membahas tentang library yang sering digunakan untuk membuat aplikasi dengan python selain untuk data science yaitu berbasiskan GUI yaitu TKINTER. Mulai dari 3 langkah membuat aplikasi dengan TKINTER dan keunggupan penggunaan library TKINTER untuk membuat aplikasi. Dengan begitu pemahaman kita terkait pemrograman pun perlahan meningkat pada tingkat yang lebih tinggi. Yuk, langsung saja kita simak artikel ini sampai selesai!


1. Mengimport Library TKINTER

Ada 2 metode utama yang user harus tau jika ingin membangun GUI dengan aplikasi Phyton.


  • Tk(screenName=None,  baseName=None,  className="Tk",  useTk=1) : Untuk mengubah nama window, kamu dapat mengubah className sesuai yang diinginkan. Kode dasar yang digunakan untuk membuat window utama aplikasi adalah :


    m=tkinter.Tk() dimana m merupakan nama window yang diinginkan


  • Mainloop () : Mainloop ()digunakan ketika aplikasi kamu siap dijalankan. mainloop () adalah loop tak terbatas yang digunakan untuk menjalankan aplikasi, tunggu sampai suatu peristiwa terjadi dan prosesnya peristiwa selama jendela tidak ditutup.


    m.mainloop()


Baca Juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Membuat Main Window (Container)

Tkinter juga menawarkan akses ke konfigurasi geometrik widget yang dapat mengatur widget di parent window. Ada tiga class utama dalam Geometri Class manager :


method pack ():  mengatur widget di blok sebelum menempatkan di parent widget.method grid ():  mengatur widget di grid (struktur seperti tabel) sebelum menempatkan di parent widget.method place ():  mengatur widget dengan menempatkannya pada posisi tertentu yang diarahkan oleh programmer.


3. Menambahkan Beberapa Widget di Window

Widget adalah sesuatu seperti elemen dalam HTML . Anda akan menemukan berbagai jenis widget dengan berbagai jenis elemen di Tkinter. Mari kita lihat pengantar singkat untuk semua widget ini di Tkinter, berikut adalah beberapa widget yang bisa kamu tambahkan untuk proyek python kamu :

  • Kanvas - Kanvas digunakan untuk menggambar bentuk di GUI Anda .

  • Tombol - Widget tombol digunakan untuk menempatkan tombol di Tkinter .

  • Tombol centang - Tombol centang digunakan untuk membuat tombol centang di aplikasi Anda. Perhatikan bahwa Anda dapat memilih lebih dari satu opsi dalam satu waktu.

  • Entri - Widget entri digunakan untuk membuat kolom input di GUI .

  • Bingkai - Bingkai digunakan sebagai wadah di Tkinter .

  • Label - Label digunakan untuk membuat widget satu baris seperti teks , gambar , dll.

  • Menu - Menu digunakan untuk membuat menu di GUI .


4. Kelebihan dan Kekurangan TKINTER

Tentunya dalam menggunakan sesuatu kamu juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan sesuatu. Sama hal nya dengan library TKINTER, yang juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum menggunakan library ini. Adapun kelebihan  TKINTER sebagai berikut :

  • Open source

  • Karena termasuk dalam python library standard maka, kamu tidak perlu melakukan apapun hanya tinggal menggunakannya karena sudah termasuk dalam paket instalasi python.

  • Tidak terlalu rumit

  • Mudah dipelajari


Baca Juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Nikmati Modul Machine Learning Python Lengkap dengan Studi Kasus Bersama DQLab!

Dengan modul dan materi yang update, belajar machine learning python menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab selain itu fitur live code juga akan melatih kamu dalam mengimplementasikan materi yang telah kamu pelajari. DQLab menyediakan modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor berpengalaman dibidangnya dari berbagai unicorn, dan perusahaan besar seperti Tokopedia, DANA, Jabar Digital dan masih banyak lagi. Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!



Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :