GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 52 Menit 4 Detik 

Cara Download dan Install Python Terbaru untuk Windows User

Belajar Data Science di Rumah 22-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71b220fc135c54fda7028b0b7a68012d_x_Thumbnail800.jpg

Python tentu sudah tidak asing bagi Sahabat DQ. Bahasa pemrograman satu ini sering digunakan untuk memudahkan pengolahan data seperti data science dan membangun machine learning. Tidak hanya itu, Python juga digunakan oleh para developer untuk mengembangkan sistem, game, dan membangun GUI desktop. Tutorial penggunaannya dapat dengan mudah ditemukan di internet. Belajar Python bisa saja dilakukan secara otodidak, namun jika bingung mulai dari mana, pemula bisa mengikuti kursus data science yang fokus memberikan materi Python step by step.


Bahasa pemrograman Python dapat dijalankan melalui IDE dan code editor. Beberapa diantaranya yaitu IDLE, Spyder, PyCharm, dan Visual Studio Code. Apakah bisa dipasang pada semua sistem operasi? Jawabannya adalah ya, Python bisa dipasang pada berbagai sistem operasi seperti MacOS, Windows, dan Linux. Seperti yang kita tahu, Windows termasuk sistem operasi yang banyak digunakan baik untuk personal atau perusahaan. Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan GUI. 


Nah, kali ini DQLab akan kasih tahu ke Sahabat DQ gimana sih cara download dan install Python untuk Windows. Simak artikel ini sampai habis, ya!


1. Mengapa Python?

python

Pertanyaan ini mungkin muncul di benak Sahabat DQ. Mengapa Python? Kita bahas secara singkat terlebih dahulu apa itu Python. Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang menekankan pada keterbacaan kode sehingga pemrogram akan lebih fokus dalam mengembangkan programnya daripada menyusun kodenya. Python digunakan untuk data science karena memiliki berbagai library yang mempermudah pengolahan data diantaranya seperti Pandas, Matplotlib, Numpy, dan Scipy. Struktur kode dan penerapannya juga mudah dipelajari dan dipahami oleh pemula. Untuk memanggil library yang akan digunakan, ketikkan perintah import. Misalnya kita ingin menggunakan library Pandas, maka gunakan sintaks import Pandas as pd


Baca juga: Tutorial Membuat Portofolio Data dari Python Streamlit


2. Cara Download Python

Cara mendownload Python sangat mudah. Sahabat DQ bisa mengunduh file instalasinya langsung dari situs resmi Python yaitu python.org. Selanjutnya klik menu download seperti di bawah ini:


python


Disana akan muncul pilihan sistem operasi yaitu Windows, MacOS, Linux/UNIX, dan platform lainnya. Pilih sesuai sistem operasi yang terpasang di komputer atau laptop. Karena kali ini kita membahas Windows, maka klik pada pilihan Windows. Selanjutnya akan muncul beberapa versi yang bisa kita download. Sebaiknya download versi paling terbaru yang ada di paling atas seperti gambar berikut:

python


Klik versi Python terbaru yang ada pada pilihan paling atas, kemudian tunggu hingga proses download selesai. 


3. Install Python Pada Windows

Jika file instalasi sudah di download, selanjutnya kita lihat bagaimana caranya menginstall Python di sistem operasi Windows. Step by step-nya yaitu sebagai berikut:


  • Double click file instalasi Python

  • Checklist pilihan yang ada di bagian bawah yaitu Install launchers for all users dan Add Python 3.6 to path 

  • Klik Install Now dan tunggu proses instalasi hingga selesai

  • Akan muncul pilihan yaitu Disable path length limit. Pengguna Windows disarankan untuk menonaktifkan batasan ini.

  • Proses instalasi Python pun berhasil


Setelah berhasil menginstall Python, kamu bisa menjalankannya melalui Python IDLE Shell dan command prompt (CMD). Cari Python di kolom Search seperti berikut:

python

Tampilannya yaitu seperti gambar di bawah ini:

python


4. Menambahkan Library Pada Python

python


Python memiliki banyak library yang mendukung berbagai pengembangan program. Umumnya library sudah otomatis terpasang saat install Python. Namun ada juga library yang bisa kita tambahkan dalam Python. Kita bisa menggunakan perintah pip di command prompt. Perintahnya yaitu pip install [nama_package]. Kita juga bisa upgrade package atau library yang sudah terpasang dan menghapus package atau library yang tidak digunakan. Caranya sama dengan install yaitu pip upgrade [nama_package] untuk upgrade. Kemudian perintah pip uninstall [nama_package] untuk menghapus package. 


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Pelajari Python Lebih Dalam Bersama DQLab

Belajar Python untuk data science harus dilakukan secara konsisten. Sahabat DQ bisa belajar dengan mencari tutorial di internet atau dari buku-buku. Tips untuk pemula data, mulailah belajar dari basic yaitu memahami dasar-dasar Python. Jika bingung mulai dari mana, kamu bisa mengikuti kursus data science bersama DQLab


Kamu akan mempelajari Python dari tingkat dasar hingga tingkat lanjut bersama para mentor data profesional. Setiap module yang sudah berhasill diselesaikan, kamu akan mendapat sertifikat completion yang bisa kamu upload di media sosial sebagai pencapaianmu. 


Yuk, daftar di DQLab.id dan mulai belajar data science sekarang!


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!