[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 53 Menit 16 Detik 

Belajar Kondisi Percabangan Menggunakan Fungsi Else IF Python

Belajar Data Science di Rumah 11-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8c575be56e347db09c573ff8cac658bd_x_Thumbnail800.jpg

Pernahkah kamu dihadapkan oleh sebuah kasus, ketika menggunakan bahasa pemrograman Python dan menemukan banyak pilihan dalam program tersebut. Kemudian kamu diharuskan untuk memutuskan satu pilihan yang sesuai dengan masalah yang ingin diselesaikan. Untuk itu, solusi dari kasus ini adalah penggunaan logika percabangan Python. Percabangan adalah cara yang digunakan untuk mengambil keputusan apabila di dalam program dihadapkan pada beberapa kondisi tertentu. Fungsi ini akan mengevaluasi kondisi atau ekspresi yang hasilnya hanya akan dua yaitu benar atau salah. Kondisi atau ekspresi tersebut disebut ekspresi Boolean.


Sama seperti pemrograman lainnya, yang memiliki fungsi IF untuk melakukan percabangan. Percabangan merupakan gambaran dari alur program yang bercabang, berlogika “jika→maka”. Dan istilah ini juga bisa disebut dengan struktur kondisi IF. Percabangan Python pada umumnya memiliki tiga jenis pernyataan yang digunakan yakni IF, ELIF dan ELSE. Dimana IF merupakan kondisi utama, sedangkan ELIF adalah kondisi kedua atau ketiga hingga ke-x, sementara ELSE adalah kondisi terakhir jikalau semua kondisi tidak terpenuhi. 


Logika percabangan sangat penting untuk dipelajari ketika sedang belajar Python, karena dapat digunakan untuk mengantisipasi kondisi yang terjadi saat jalannya program dan menentukan tindakan apa yang akan diambil sesuai dengan kondisi. Pada artikel kali ini akan membahas tentang fungsi IF Else untuk membuat percabangan pada Python. Jadi, simak terus pembahasan berikut hingga selesai, ya!


1. Apa Itu Kondisi Percabangan?

python

Pada bahasa pemrograman Python maupun bahasa pemrograman lainnya, percabangan bukanlah hal yang asing. Ketika membuat program dasar maupun lanjutan, seringkali kita dituntut untuk menggunakan percabangan. Pentingnya memahami percabangan tentunya akan sangat membantu kita dalam menyelesaikan program. Pada percabangan ini kita dituntut untuk melatih logika berpikir kita dikarenakan program akan mengeksekusi sesuai dengan logika atau kondisi yang kita berikan. Jika diumpamakan pada flowchart atau diagram alir, percabangan ini menggunakan logika “jika→maka”.


Bagi kamu yang belum memasuki dunia perkuliahan atau belum pernah mempelajari tentang algoritma dan flowchart, mungkin ini adalah istilah yang baru kali pertama kamu dengar. Istilah ini pada dasarnya bertujuan untuk menggambarkan alur program yang bercabang. Pada flowchart, logika “jika→maka” digambarkan dalam bentuk cabang. Maka dari itu istilah ini disebut percabangan. Percabangan dalam dunia pemrograman adalah proses penentuan keputusan atau dalam bahasa inggrisnya biasa disebut sebagai conditional statement. Percabangan akan mampu membuat program berpikir dan menentukan tindakan sesuai dengan logika/kondisi yang kita berikan.

Konsepnya sederhana, jika kita menginstruksikan komputer untuk melakukan suatu aksi tertentu (X), hanya jika suatu kondisi (Y) terpenuhi. Atau, kita memerintahkan komputer untuk melakukan aksi tertentu jika suatu kondisi terpenuhi. Dalam bahasa pemrograman Python, syntax atau statement yang digunakan untuk melakukan percabangan meliputi:

  • IF, kondisi utama.

  • ELSE IF, kondisi kedua atau ketiga hingga ke-x.

  • ELSE, kondisi terakhir dimana semua kondisi sebelumnya tidak ada yang terpenuhi.


Baca juga: Tips dan Cara Membuat Portfolio Data dari Python Streamlit


2. Operator yang Digunakan Kondisi Percabangan

Conditional statement yang ditulis dengan Python menggunakan logika Boolean untuk mengevaluasi kondisi. Saat kondisi dibandingkan dan dievaluasi, nilai Boolean akan mengembalikan nilai True dan False. Ini digunakan untuk conditional statement yang mudah hingga yang kompleks. Adapun operator yang digunakan dalam penulisan code conditional statement yaitu sebagai berikut:

  • Equals: Sama dengan (=) untuk menyatakan nilai variabel yang sama, contoh a = b.

  • Not Equals: Tidak sama dengan (!=) untuk menyatakan nilai variabel berbeda, contoh a != b.

  • Less than: Kurang dari (<) untuk menyatakan variabel satu lebih kecil dari variabel lainnya, contoh a < b.

  • Less than or equal to: Kurang dari sama dengan (<=) untuk menyatakan kondisi variabel kurang dari sama dengan variabel lainnya, contoh a <= b.

  • Greater than: Lebih dari (>) untuk menyatakan variabel satu lebih besar dari variabel lainnya, contoh a > b.

  • Greater than or equal to: Lebih dari sama dengan (>=) untuk menyatakan kondisi variabel lebih dari sama dengan variabel lainnya, contoh a >= b.


3. Contoh Program Python Menggunakan Operator Logika

Operator logika adalah operator yang digunakan untuk menghasilkan return(True atau False) dari suatu kondisi dengan menggabungkan statement yang berbeda.

python


Contoh program kombinasi Kondisi Percabangan dengan Operator Logika:

python


4. Contoh Program Menggunakan Operator Keanggotaan

Operator keanggotaan adalah operator yang digunakan untuk mengecek apakah nilai operan berada di dalam sequence (list, dictionary, tuple).

python


Contoh program kombinasi Kondisi Percabangan dengan Operator Keanggotaan:

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Seberapa Sering Kondisi Percabangan Digunakan?

Fungsi Percabangan seringkali digunakan dalam membuat program seperti menampilkan hasil perhitungan atau ketika membuat halaman login pada suatu aplikasi atau website. Kamu bisa mulai belajar menerapkan fungsi percabangan dalam berbagai kondisi dan juga dataset yang kamu punya. Kenali tiga jenis kondisi percabangan IF, ELSE IF, dan ELSE pada Python bersama DQLab! Jangan lewatkan kesempatan belajar data bareng DQLab

Tunggu apalagi? Daftarkan dirimu di DQLab.id dan pilih paket belajar yang kamu inginkan.


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!