FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 33 Menit 14 Detik 

Cara Menggabungkan Array Python Menggunakan Library Numpy & Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 29-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1a4dd6684a07b814525351eecad83196_x_Thumbnail800.jpg

Array adalah kumpulan item homogen yang setiap itemnya memiliki nilai indeksnya sendiri, dan indeks tersebut dimulai dari angka 0. Python tidak memiliki fitur bawaan untuk Array, tetapi kita dapat mengimpor array dan menggunakannya. Ada tipe data lain yang mirip dengan array di Python, yaitu list. 


Jenis data ini berguna sebagai array di Python tetapi bisa menyimpan jenis nilai yang berbeda sedangkan array hanya menyimpan jenis nilai yang serupa. List adalah tipe data bawaan dari Python sedangkan untuk menggunakan array kita harus mengimpor dari modul array.


Array disimpan di lokasi memori yang berdekatan dengan indeks adalah urutan angka yang mewakili nilai yang disimpan pada setiap indeks tertentu menggunakan python. Untuk mengakses atau merujuk ke nilai pada indeks tertentu dalam array, kita menggunakan satu set tanda kurung siku [ ]. 


Array memiliki indeks dan nilai. Satu array dapat digabungkan dengan array yang lain. Dalam python pun, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa array. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara-cara menggabungkan array beserta contoh penggunaanya. Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita simak bersama!


1. Menggunakan Metode append()

Secara umum, rumus menggabungkan array dengan metode append() adalah numpy.append(array, values, axis = None). Namun sebelumnya kita harus menginstall dan mengimport library numpy terlebih dahulu. Agar lebih mudah dipahami, yuk simak contoh di bawah ini!

python


Baca juga: Coding Python Sederhana untuk Beginner yang Baru Mengenal Python


2. Menggunakan Metode concatenate()

Secara umum, rumus untuk menggabungkan array dengan metode concatenate() adalah numpy.concatenate((arr1, arr2, ¦), axis=0, out=None). Sama seperti metode di poin pertama, sebelum menggabungkan dua array atau lebih kita harus mengimport library numpy terlebih dahulu. Nah agar lebih paham, boleh simak contoh di bawah ini, ya!

python


3. Menggunakan Metode hstack()

Metode hstack() digabungkan untuk menggabungkan array secara berurutan secara horizontal. Secara umum, rumus untuk menggabungkan array dengan metode ini adalah numpy.hstack(tuple). Tuple berisi array yang akan digabungkan. Array harus memiliki bentuk yang sama. Yuk pelajari contoh berikut ini!

python


4. Menggunakan Metode column_stack()

Metode column_stack() digunakan untuk menggabungkan array menjadi kolom dan diubah menjadi array 2-D. Secara umum, rumus untuk menggunakan metode ini adalah column_stack(array).

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Ingin mempelajari hal lain yang bisa dikerjakan dengan python, khususnya hal yang akan banyak digunakan di era big data dan data science? Yuk mulai bekali diri dan kuasai python dengan belajar dari modul DQLab! 


Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa praktek langsung setelah memahami suatu materi. Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE modul "Introduction to Data Science" dan nikmati experience menarik menggunakan live code editor dari DQLab.


Selamat belajar!

Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :