[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 56 Menit 4 Detik 

Ilmu Data Science yang Friendly untuk Pemula, Kuasai Python Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 11-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df3de151ba7d5e450f29f6a1560275c7_x_Thumbnail800.jpg

Data Science dalam menguasai Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling mudah. Begitulah yang dikatakan oleh kebanyakan orang di dalam dunia Data Science. Belajar Python untuk Data Science menjadi sebuah kewajiban jika kamu ingin bergelut di profesi yang berhubungan dengan data, seperti Data Scientist, Data Analyst hingga Data Engineer. Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia. Disebutkan dalam Index TIOBE, popularitas Python menduduki posisi ketiga di dunia, di bawah C dan Java. Python menjadi kian populer seiring dengan meningkatnya popularitas Data Science.


Oleh sebab itu, Python menjadi bahasa pemrograman yang paling direkomendasikan bagi pemula yang baru terjun ke dunia Data Science. Mengapa bisa Python? Mengapa bukan bahasa pemrograman yang lain? Apakah keunggulan yang dimiliki oleh Python sehingga membuatnya menjadi bahasa pemrograman yang populer? Dalam artikel ini, semua akan dijelaskan alasan mengapa Python adalah bahasa pemrograman utama yang digunakan oleh pemula dalam Data Science. Let’s check it out!


1. Mudah Dipelajari Bagi Pemula

Panduannya yang mudah dan bahasa yang sederhana memungkinkan siapa saja menjadikan Python sebagai bahasa pemrograman pertama untuk dipelajari. Alasannya adalah karena Python memiliki struktur yang sederhana dan jelas dimana kita dapat menyusun sebuah kalimat dari bahasa tersebut. Sehingga Python menjadi bahasa yang mudah untuk dibaca dan dipahami oleh penggunanya. Selain itu, penulisan statement atau perintah dalam hal penulisan kode juga sangat sederhana. Kamu bisa menulis coding di Python dengan baris yang lebih sedikit dan simple.


Baca Juga:  Belajar Data Science Secara Otodidak


2. Library yang Sangat Lengkap

https://citrusbug.com/storage/uploads/blog/Python%20Libraries/Top-Python-Libraries.jpg

Source: citrusbug.com


Library merupakan istilah untuk kode tambahan yang disediakan python dengan tujuannya masing-masing. Library mempermudah kita dalam membuat program tanpa harus menuliskan kode mulai dari dasar. Library di Python terbilang sangat lengkap, karena hampir semua keperluan kita ada disana, seperti sklearn, pytorch, tensorflow, dan lain sebagainya adalah beberapa library yang sangat membantu dalam proses Data Science. Disertai dengan mode yang interaktif yang membuat Python menjadi sangat digemari oleh Pemula.


3. Aplikatif dan Fleksibel di Semua Tempat

python is a cross platform language

Source: faceprep.in


Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source. Artinya siapa saja bisa menciptakan dan mengembangkan sebuah program menggunakan Python. Python pun tergolong universal karena Python bisa kamu jalankan di berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, UNIX, Mac OS, dan lainnya yang disebut sebagai cross platform. Selain itu, Python juga bisa digunakan di-mana-mana, mulai dari program desktop, mobile CLI, GUI, website, hacking, IoT, robotik dan lain sebagainya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Python populer di kalangan programmer.


4. Memiliki Komunitas Besar

https://i.ytimg.com/vi/RmaHXu86Axw/maxresdefault.jpg

Source: python.org


Python dikenal menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan karena dinilai paling cepat perkembangannya. Beberapa perusahaan besar dan top dunia seperti Google, YouTube, Instagram, hingga Netflix pun menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman mereka. Tidak heran lagi, jika bahasa ini pastinya memiliki komunitas yang sangat besar. Komunitas ini sangat aktif kontribusinya dalam menyediakan berbagai macam fungsionalitas atau sering dikenal dengan third-party library. Di Januari 2020, ada sekitar 214.992 modul third-party yang dapat diakses secara cuma-cuma. Pada dasarnya, third-party library yang tersedia di Python ini digunakan untuk membantu para developer untuk fokus menyelesaikan permasalahan yang ada.


Baca Juga: Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Mulai Belajar Data Science dengan Bahasa Pemrograman Python!

Python adalah bahasa programming yang fleksibel, inilah alasannya mengapa Python harus digunakan dalam Data Science. Juga, orang yang ingin terjun ke dunia Data Science lebih memilih Python ketimbang bahasa-bahasa programming lainnya. Jadi, jika programmer ingin mencoba hal yang menarik dan unik, mereka bisa melakukannya dengan Python karena bahasa ini merupakan bahasa yang paling gampang untuk dikuasai. Nah, salah satu media belajar Python adalah DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Untuk bergabung caranya pun cukup mudah, yaitu dengan SIGN UP di DQLab.id kamu sudah bisa menikmati modul gratis di DQLab!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!