GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 54 Menit 21 Detik 

Yuk Kenali Kegunaan dan Fungsi Python di Dunia Industri

Belajar Data Science di Rumah 27-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/20e1d101700bdc1eeed1d1eca08b90ac_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman populer yang berbasis general purpose yang artinya bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Bahasa pemrograman ini memiliki struktur data dengan level tinggi, penulisan code yang dinamis, dan fitur-fitur powerful lainnya yang berguna untuk pengembangan pengaplikasian yang lebih kompleks. 


Selain itu, python juga dapat diperluas ke hampir semua sistem operasi dan bisa menjalankan code yang ditulis dalam C atau C++. Karena fungsinya yang sangat beragam, python dapat digunakan di hampir semua arsitektur sistem. Hal ini karena python adalah bahasa universal yang ditemukan di berbagai aplikasi yang berbeda.


Dalam dunia industri, python memiliki fungsi yang berbeda-beda, misalnya di industri IT python banyak digunakan untuk web developing, di dunia data science python banyak digunakan untuk machine learning dan analisis data, bahkan di dunia hiburan python bisa digunakan untuk game developing. Banyaknya users python juga dipengaruhi oleh sifat open source yang ia miliki. 


Jadi, python bisa digunakan baik untuk tujuan komersial maupun nonkomersial. Pada artikel kali ini DQLab akan membahas fungsi dan kegunaan python untuk berbagai tujuan dan industri. Jadi tunggu apa lagi? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Analisis Data

Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan di bidang data science. Hal ini karena python bisa digunakan untuk analisis data yang besar dan kompleks. Selain itu pekerjaan menggunakan perhitungan statistika yang sulit juga bisa diselesaikan menggunakan python hanya dengan beberapa baris script saja. Selain itu, data analyst juga bisa membuat visualisasi data, algoritma machine learning, manipulasi dan analisis data menggunakan python. 

python


Baca juga: Contoh Coding Sederhana Python Bagi Beginner


2. Web Development

Python biasa digunakan untuk membangun back and website atau aplikasi yang tidak terlihat oleh users. Peran python dalam web development bisa meliputi pengiriman data dari dan ke sebuah server, memproses data dan menghubungkan dengan database, URL routing, dan security. Beberapa profesi yang banyak menggunakan python dalam web development adalah back end engineers, full stack engineers, python developers, software engineers, dan DevOps engineers.


3. Automation dan Scripting

Tugas yang sama berulang-ulang tidak perlu lagi menjadi kendala jika kita bisa menggunakan python. Kita bisa menulis kode untuk membangun proses yang bekerja secara otomatis, atau biasa disebut cripting. Di dunia coding, otomatisasi bisa digunakan untuk memeriksa kesalahan banyak file, mengkonversi file, menjalankan operasi matematika, menghapus data duplikat, dan lain sebagainya.


Python bahkan bisa digunakan oleh beginner untuk mengotomatisasi tugas sederhana di komputer, misalnya mengganti nama file, menemukan dan mendownload konten online, mengirimkan email, dan lain sebagainya.

python


4. Software Testing

Dalam proses software development, python bisa membantu untuk build control, melacak bug, dan testing. Dengan python, software developer bisa mengotomatisasikan pengujian untuk produk atau fitur baru. Beberapa alat python yang digunakan untuk software testing adalah Green dan Requestium. Software testing ini biasa dilakukan sebelum software launching atau saat ada maintenance.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Ingin mulai mempraktekkan penggunaan python di dunia industri? Yuk praktek langsung dengan modul DQLab! Modul DQLab dilengkapi data yang mencerminkan data real di dunia industri dan case yang disusun langsung oleh expertise data yang sudah bertahun-tahun menggunakan python. 


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk sign up dan nikmati trial menggunakan modul gratis ‘Introduce to Data Science’ dan nikmati pengalaman unik menggunakan live code editor dari DQLab. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!