PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 53 Menit 26 Detik 

Contoh Coding Sederhana Python Bagi Beginner

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/abdbeb525d0f94eb861744b8ad8b8e12_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman komputer yang biasa digunakan untuk membangun website dan software, otomatisasi pekerjaan, dan melakukan analisis data. Python adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk tujuan general. Artinya, bahasa pemrograman ini bisa digunakan untuk membuat program yang variatif dan berbeda-beda dan tidak terspesialisasi untuk program yang spesifik. 

Python adalah satu dari beberapa bahasa pemrograman populer di dunia yang digunakan oleh banyak perusahaan, misalnya adalah Netflix yang menggunakan python untuk membangun algoritma rekomendasi film bagi usernya.


Karena bersifat general purpose, maka python bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan banyak hal. Selain itu, bahasa pemrograman yang satu ini relatif mudah dipelajari sehingga banyak digunakan oleh profesi non programmer seperti akuntan dan scientists untuk berbagai pekerjaan. Beberapa pekerjaan lain yang bisa dibantu dengan python adalah analisis data dan machine learning, web development, software testing dan prototype, dan lain sebagainya. Namun, untuk bisa menggunakan python, kita perlu memahami cara menulis script. 


Pada artikel kali ini DQLab akan membahas beberapa script coding sederhana python untuk pemula sebagai perkenalan sebelum menulis coding yang lebih kompleks. 


1. Hello, World!

Sebelum memulai coding python yang kompleks, kita perlu mengetahui bagaimana cara menulis coding dan cara menampilkan hasilnya. Kalimat populer yang sering digunakan adalah œHello. World! dan untuk menampilkan hasilnya kita cukup menggunakan fungsi print(). Berikut adalah contoh penulisan codingnya pada python.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Cek Tipe Data

Dalam bahasa pemrograman ada beberapa tipe data yang harus dipelajari. Hal ini berkaitan dengan beberapa fungsi python yang hanya bisa digunakan dengan tipe data tertentu. Untuk cek tipe data, kita bisa menggunakan fungsi type(). Yuk lihat cara penggunaannya pada gambar di bawah ini!

python


3. String Data pada Python

Data strings sangat berguna di python. Data ini mengandung urutan karakter dan digunakan untuk merepresentasikan teks pada code python. Kita bisa menggunakan tanda petik satu ("...") atau petik dua (œ...) untuk menandai kalimatnya. Data string tidak hanya berupa kalimat, abjad, atau tanda baca, tetapi juga bisa berisi angka atau simbol lainnya. 

python


4. String Index

Kita bisa menggunakan index untuk mengakses karakter dari data string pada python. Index adalah bilangan integer yang merepresentasikan posisi spesifik dari karakter pada data string. Agar lebih mudah dipahami, yuk kita simak contoh berikut ini!

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Belajar Menulis Code Python dengan Live Code Editor DQLab

Yuk belajar menulis code python anti ribet dengan modul dari DQLab! Modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kamu tidak perlu menginstall software tambahan untuk menulis code-nya. Cara penulisan code-nya pun sama dengan python sehingga kamu tidak perlu membuka banyak bahasa pemrograman ketika belajar.


Klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses FREE modul "Introduce to Data Science" dan dapatkan experience menarik menggunakan live code editor dari DQLab. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :