FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 51 Menit 56 Detik 

Keuntungan Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/293b1198274a9a1f9e8441236b5091b7_x_Thumbnail800.jpg

Ketika memasuki dunia data science, bisa jadi Python adalah hal pertama yang kamu pelajari nih, Sahabat DQ! Memangnya apa sih itu Python? Python adalah bahasa pemrograman komputer yang umumnya sering digunakan untuk melakukan analisis data, mengotomatisasi tugas, visualisasi data, serta membangun sebuah software dan situs web. Python ini sendiri merupakan bahasa tujuan umum yang artinya dapat digunakan untuk membuat berbagai program yang berbeda. Beragam fitur dan kemudahan yang ditawarkan, membuat Pyhton menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan.


Berkat kemudahan yang ditawarkan, dalam praktiknya Python tidak hanya digunakan oleh programmer saja, melainkan juga oleh para akuntan dan ilmuwan. Kepopulerannya di jagat data science pun telah melahirkan sesuatu yang baru, seperti algoritma rekomendasi di sejumlah e-commerce, hingga software yang dapat mengontrol mobil untuk bisa mengemudi sendiri.


Kali ini DQLab akan sedikit membahas tentang peran Python dalam dunia data science. Simak selengkapnya ya, Sahabat DQ!


1. Melakukan Analisis Data dan Visualisasi Data

Bisa dikatakan, Python merupakan bahan pokok dalam ilmu data. Tak heran, kehadirannya sangat memungkinkan dalam proses analisis data seperti melakukan perhitungan statistik yang kompleks, memanipulasi data, membangun algoritma Machine Learning, dan sejumlah tugas terkait data lainnya. 


Kehebatannya tidak berhenti sampai di situ, Python yang namanya kerap dikaitkan dengan salah satu fauna ini juga bisa menjadi software yang diandalkan dalam Visualisasi Data lho, Sahabat DQ! Seperti membuat grafik garis dan batang, diagaram lingkaran, histogram, dan plot 3D. Selain itu, Python juga memiliki sejumlah pustaka yang memungkinkan pembuat kode menulis program untuk menganalisis data dan pembelajaran Machine Learning dengan lebih cepat dan efisien.


Baca juga: Belajar Data Science, Galuh Berhasil Berkarir Sebagai Data Analyst


2. Kerja Efisien dengan Otomatisasi 

Beruntunglah kamu yang telah mempelajari Python, khususnya bagi Sahabat DQ yang melakukan tugas berulang kali. Dengan menggunakan Pyhton, kamu bisa bekerja lebih efisien lho! Salah satu caranya yakni dengan menerapkan Scripting atau menulis kode yang digunakan dalam membangun proses otomatis. Dalam dunia Coding, otomatisasi ini dapat dimanfaatkan untuk memeriksa kesalahan pada file, mengonversi file, menjalankan matematika sederhana, dan menghapus duplikasi data.


3. Mengembangkan Situs Web

Kehebatan lainnya yang bisa kamu temukan pada Pyhton adalah perannya dalam pengembangan situs web, seperti pengiriman data dari server ke server, pemrosesan data dan komunikasi dengan database, perutean URL, serta memastikan keamanan situs web. Jika berbicara tentang pengembangan suatu situs web, tentunya Hosting menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Sebab, Hosting merupakan tempat penyimpanan berbagai jenis data pada sebuah situs web. Tentunya, ruang penyimpanan data ini akan berpengaruh pada performa situs web.


Meski bisa menyimpan berbagai jenis data, tapi sayangnya tidak semua jenis Hosting dapat memberikan apa yang kamu butuhkan. Oleh sebab itu, Sahabat DQLab perlu selektif dalam memilih Hosting yang tepat, salah satunya kamu bisa memilih berbagai layanan Hosting yang tersedia di Dewaweb. Sahabat DQ tidak perlu khawatir soal keamanan data, sebab layanan Hosting Dewaweb sudah dilengkapi dengan Cloudflare Magic Transit (anti DDos) dan Immunify360 yang dapat mencegah serang cyber. 

 

Penulis: Sandi Sabar Rahman

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :