TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 36 Menit 9 Detik 

Intip Tips Belajar Otodidak Pemrograman Python

Belajar Data Science di Rumah 03-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ceb7b34ad817f5e2255825f7b40d36e2_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman saat ini sudah bukan hal yang asing lagi ditelinga kita. Bahasa pemrograman tidak hanya digunakan oleh para programmer saja, akan tetapi juga telah digunakan oleh data scientist untuk menganalisis data. Salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan adalah python. Bahasa python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini, sehingga tidak heran jika saat ini pun banyak orang yang belajar otodidak pemrograman python.

 

Bahasa pemrograman python dapat digunakan untuk mengembangkan software, aplikasi, website, otomatisasi, menganalisis data, serta menyelesaikan pekerjaan lainnya. Bahkan telah banyak organisasi besar yang menggunakan bahasa pemrograman python ini untuk mendukung layanan mereka, beberapa di antaranya adalah NASA, Google, Netflix, Spotify, YouTube, Instagram, dan masih banyak lainnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa python adalah salah satu bahasa pemrograman yang menarik untuk dipelajari. Ingin belajar python secara otodidak? Yuk, intip beberapa tipsnya!


1. Mengenali Dasar Python

Ketika tertarik dan ingin mempelajari suatu hal, sepatutnya kita mengenali terlebih dahulu apa hal yang akan kita pelajari. Jika ingin belajar python secara otodidak, agar lebih mudah dalam memahaminya maka kita perlu mengerti terlebih dahulu apa itu bahasa pemrograman python, serta bagaimana cara menuliskan script secara mendasar, mengerti aturan penulisan variabel, jenis-jenis tipe data, function, percabangan, operator matematika, library dalam python, perulangan, serta mengetahui modul atau packages serta kegunaannya.

Python


Baca juga : Yuk Coba Coding Variabel dan Tipe Data dalam Python


2. Belajar dan Berlatih

Tips selanjutnya setelah mengetahui dasar python beserta aturan dan cara penulisannya, maka kita akan lebih memahaminya jika langsung mengetikkan atau langsung berlatih mengkode dalam bahasa python. Berlatih disini dapat dimulai dari menuliskan instruksi sederhana, memanggil data, menerapkan operasi aritmatika dalam python, dan lainnya. dengan banyak belajar dan berlatih maka kita akan mulai terbiasa dengan struktur bahasa python dan semakin banyak mengetahui isi atau tools dari python. Namun ada hal penting yang perlu diketahui, saat belajar tetap konsisten dan jangan mudah menyerah.

Python


3. Mengerjakan Studi Kasus

Ketika belajar bahasa pemrograman secara otodidak ada orang yang belajar hanya stuck dalam langkah itu saja atau ada pula yang melangkah ke tahap selanjutnya. Untuk mengembangkan kemampuan bahasa pemrograman python, kita harus mengembangkan skill pemrograman kita. Setelah mengetahui dasar-dasar python dan mempraktekkannya, maka kita dapat mencoba tantangan baru dengan mengerjakan studi kasus yang berisi permasalahan yang harus diselesaikan. Dengan mengerjakan studi kasus, maka ketika kita menemukan kesulitan atau error pada program, kita akan mencari tahu dan terus belajar agar program yang kita buat dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Python


4. Membangun Portofolio

Menganalisis atau mengolah data dapat dikatakan sebagai candu bagi sebagian besar orang. Ketika pertama kali menganalisis data, terdapat banyak ilmu yang baru diketahui. Namun seiring berjalannya waktu dengan seringnya mengerjakan studi kasus maka akan membuat kita semakin terlatih dan tertantang untuk menyelesaikan studi kasus ylainnya yang tingkatnya lebih tinggi. Hasil analisis data yang telah dikerjakan tersebut dapat digunakan untuk membangun portofolio data kita. Dengan memiliki portofolio data yang sesuai dan menarik maka akan menjadi nilai plus di mata recruiter ketika kita akan melamar kerja nantinya.

Python


Baca juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Mulai Belajar Dasar Python di DQLab!

Bahasa python merupakan salah satu bahasa dasar yang digunakan oleh para data scientist. Siapapun bisa mulai belajar data science menggunakan python bahkan belajar dari dasar-dasarnya.


DQLab menyediakan materi berupa modul yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. DQLab pun dapat dipelajari secara live code sehingga peserta tidak perlu menginstal software secara terpisah. Menarik bukan? Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!