FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 51 Menit 19 Detik 

Yuk Coba Coding Variabel dan Tipe Data dalam Python

Belajar Data Science di Rumah 30-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4da16633184ddf70be539588c9317ba8_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman favorit yang digunakan oleh para data scientist untuk menganalisis data. Python merupakan bahasa pemrograman yang termasuk dalam kategori high-level programming language, karena bahasa python ini mudah dibaca dan dituliskan oleh manusia. Selain itu python juga ditujukan untuk general-purpose programming, yaitu dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan, seperti pengembangan aplikasi web, mobile, data science, dan lain-lain. Cara coding python pun mudah dipelajari dan dipahami oleh para pemula. 


Python saat ini merupakan bahasa pemrograman yang tidak asing lagi di kalangan programmer. Belajar python pun dapat dilakukan secara otodidak, atau lebih baik lagi jika mengikuti kursus dengan didampingi langsung oleh mentor profesional. Saat Ini sudah banyak media pembelajaran yang menyediakan materi atau praktek untuk coding python, salah satunya adalah DQLab. 


DQLab menyediakan beberapa bahasa pemrograman yang dapat dipelajari secara langsung baik secara teori maupun praktek, yaitu python, R, SQL, dan Excel. Apakah Sahabat DQ sudah coba modulenya?


1. Variabel Python

Variabel merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat mutable, artinya nilainya bisa berubah-ubah. Variabel dalam python memiliki format penulisan nama_variabel = <nilai>. Variabel dapat berisi teks maupun bilangan. Terdapat beberapa aturan penulisan variabel, yaitu :

  1. nama variabel boleh diawali menggunakan huruf atau garis bawah (_) dan tidak dapat dimulai dengan angka (0-9), contoh: namasaya, _nama

  2. karakter pada variabel bersifat sensitif, artinya huruf kapital dan huruf kecil memiliki arti yang berbeda. 

  3. nama variabel tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah ada dalam python

Berikut ini adalah contoh penggunaan variabel dalam coding python

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Jenis  Tipe Data

Jika sebelumnya telah dijelaskan bahwa variabel merupakan tempat penyimpanan data, maka jenis data yang tersimpan dalam variabel inilah yang disebut dengan tipe data. Terdapat beberapa jenis tipe data yaitu:

  1. tipe null: digunakan untuk menyimpan nilai kosong, dinyatakan dengan None

  2. tipe boolean: digunakan untuk menyimpan nilai kebenaran (True atau False)

  3. tipe numerik: digunakan untuk menyimpan data berupa angka, dinyatakan dengan int (bilangan bulat) dan float (bilangan riil)

  4. tipe teks: digunakan untuk menyimpan data teks, dinyatakan dengan str.

python


3. Tipe Data List

Tipe data sequence merupakan jenis tipe data yang digunakan untuk menampung sekumpulan data secara terorganisir. Terdapat dua bentuk tipe data sequence, yaitu List dan Tuple. Tipe data list diawali dengan tanda kurung siku buka ( [ ), memisahkan setiap elemen dengan tanda koma ( , ) dan ditutup dengan tanda kurung siku tutup ( ] ). Tipe data list bersifat mutable, artinya setiap elemen di dalam list dapat diubah nilainya. Elemen dari list memiliki indeks yang dimulai dari angka 0 dan terus bertambah satu nilainya hingga elemen terakhir dari list. Berikut ini merupakan contoh penggunaan tipe data list

python


4. Tipe Data Tuple

Tipe data sequence selanjutnya adalah tipe data tuple, yaitu tipe data yang digunakan  untuk menampung sekumpulan data. Penulisan tipe data tuple ini diawali dengan tanda kurung buka ( ( ), memisahkan setiap elemen menggunakan tanda koma ( , ) dan ditutup dengan tanda kurung tutup ( ) ). Jika tipe data list bersifat mutable, maka tipe data tuple ini bersifat immutable, artinya elemen pada tipe data tuple ini tidak dapat diubah setelah pendeklarasiannya. Berikut ini adalah contoh penggunaan tipe data tuple dalam python

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Mulai Belajar Dasar Python di DQLab!

Bahasa python merupakan salah satu bahasa dasar yang digunakan oleh para data scientist. Siapapun bisa mulai belajar data science menggunakan python bahkan belajar dari dasar-dasarnya.


DQLab menyediakan materi berupa modul yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. DQLab pun dapat dipelajari secara live code sehingga peserta tidak perlu menginstal software secara terpisah.


Menarik bukan? Langsung sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science praktis dan aplikatif di DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :