DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 47 Menit 30 Detik 

Belajar Otodidak Pemrograman Python Untuk Persiapan Menyambut 2022

Belajar Data Science di Rumah 24-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/aabbaf304f4a94d87e7f4a449f0debd1_x_Thumbnail800.jpg

Halo sahabat data! Siapa nih yang masih rajin belajar Pemrograman Python atau yang lagi mau memulai belajar otodidak Pemrograman Python? Melihat sekarang orang-orang dengan mudahnya mendapatkan informasi, rasanya tidak ada kesulitan jika kita ingin belajar Python secara otodidak. Sudah banyak metode yang bisa kamu pilih sesuai yang kamu senangi, seperti belajar dari Youtube, baca artikel di website, mendengarkan Podcast, atau mengikuti kursus online. 

Apasih belajar otodidak itu? Belajar Pemrograman Python secara otodidak alias non formal adalah belajar yang tidak ada aturan tertentu. Jadi tidak ada urutan pasti mana yang harus kita pelajari terlebih dahulu. Dan ini menjadi tantangan bagi kamu yang ingin memulai belajar secara otodidak. Oleh karena itu, disini adalah tempat yang tepat untuk kita belajar bersama. Bagi kamu yang masih bingung harus memulai dari mana, jangan khawatir! DQLab akan berbagi tips buat kamu gimana cara efektif belajar Pemrograman Python versi DQLab! 


1. Berlatih Setiap Hari

Screengrab Php

Source: pexels.com


Sebelum memulai belajar Python, hal terpenting yang harus dipersiapkan adalah mencari tahu minat kita di suatu bidang. Hal ini wajib hukumnya karena dengan kita mengetahui minat dan ketertarikan kita pada suatu hal akan berdampak pada psikologis saat proses belajar. Dengan adanya minat akan memotivasi dan semangat belajar akan selalu ada.

Tips yang tidak kalah penting dalam belajar Python pemula adalah mempelajari dasar syntax. Hal ini tidak boleh kamu lewatkan sebelum terjun lebih jauh dalam pemrograman ini. Dasar syntax sebenarnya tidak terlalu sulit, kita hanya membutuhkan waktu lebih untuk membiasakan diri dengan coding. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita yang baru mengenal Bahasa Pemrograman Python untuk belajar coding secara teratur. Konsistensi adalah kuncinya. Luangkan waktu setiap hari untuk mempelajarinya, dengan begitu maka kamu akan terbiasa dan semakin mahir dengan Pemrograman Python.


Baca juga: Tutorial Python: Pelajari 7 Jenis Operator Ini, Dijamin Jago Ngoding!


2. Terus Mencari Solusi

https://s3.ap-south-1.amazonaws.com/s3.studytonight.com/tutorials/uploads/pictures/1613055678-79612.png

Source: studytonight.com


Ketika kamu membiasakan diri belajar setiap hari, suatu waktu kamu bisa saja menemukan error atau mendapati banyak bug yang terjadi. Jangan sampai hal ini membuat semangat kamu menurun dan membuat kamu frustasi ya, sobat. Justru sebaliknya, kamu harus mempunyai rasa pantang menyerah dan harus memperbaiki error/bug sehingga hal ini akan membuatmu semakin berkembang.

Selain itu, sebuah project kecil juga merupakan cara yang efektif untuk memahami Python lebih dalam lagi. Project ini sangat berguna untuk proses belajar otodidak karena dalam mengerjakan project kita akan belajar cara menangani masalah dan error secara langsung.


3. Mengajarkan Orang Lain Apa yang Kamu Pelajari

PHP vs Python

Source: appinventiv.com


Menariknya, ternyata salah satu cara efektif untuk mempelajari sesuatu adalah dengan cara mengajarkan apa yang sedang kamu pelajari. Hal ini juga berlaku ketika kamu mempelajari Bahasa Pemrograman Python. Apalagi jika kamu mengikuti kursus. Baik itu kursus offline maupun online. Dengan mengikuti kursus, belajar dapat lebih terstruktur dan terarah. Jika dalam proses belajar mengalami kesulitan pun, kita bisa meminta bantuan ke sebuah komunitas user Python. Sebaliknya, ketika orang lain dalam komunitas meminta bantuan, kita bisa berdiskusi dan berbagi ilmu yang telah dipelajari.


4. Istirahat yang Cukup

Foto stok gratis anonim, banyak pikiran, belajar

Source: pexels.com


Last but not least, jangan lupa selipkan waktu istirahat di tengah-tengah kesibukan belajarmu. Hal ini sangat penting karena dengan beristirahat sejenak, ilmu-ilmu yang telah dipelajari akan dicerna oleh otak. Karena tubuh yang lelah bisa membuat konsentrasi dan fokus kamu hilang. Selain itu, kelelahan juga bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak fit dan sakit. Ketika kamu belajar setidaknya selama 30-60 menit, lakukan istirahat sejenak kemudian belajar kembali, dan ulangi proses tersebut. 


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Yuk, Mulai Belajar Python di DQLab

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer. Untuk kalian yang sama sekali belum mengerti mengenai Bahasa Pemrograman Python, kalian bisa mulai belajar secara online di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Caranya cukup mudah loh, yaitu langsung saja SIGN UP di DQLab.id dan nikmati modul GRATIS DQLab. Selain Bahasa Python, terdapat bahasa pemrograman lainnya seperti R, Excel dan SQL.


 

Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :