PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 5 Jam 30 Menit 34 Detik 

Pengertian Hingga Contoh Jenis Array Python

Belajar Data Science di Rumah 31-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/915bc167e3fdca3524c7155f7abbc406_x_Thumbnail800.jpg

Seorang data scientist dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya memerlukan bantuan software tambahan atau bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh data scientist salah satunya adalah python. Dalam python terdapat banyak hal yang bisa dipelajari dan digunakan untuk mengolah data, seperti variabel, tipe data, comment, array python, fungsi if else, dan lainnya. Dalam python pun menyediakan beberapa library yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.


Array merupakan sekumpulan variabel dengan tipe data yang sama dan perlu mendefinisikan tipe datanya. Array dapat terdiri dari satu dimensi, dua dimensi, atau lebih dari dua dimensi. Terdapat beberapa fungsi yang berkaitan dengan array dalam python, beberapa diantaranya adalah Index, Append, Insert, Remove, Pop, Count, Sort, Reverse, Extend, dan Len. Array memiliki beberapa keunggulan seperti lebih handal dan efisien dalam menyimpan data, serta lebih unggul untuk operasi numerik. Secara garis besar, terdapat beberapa jenis array dalam python. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. List

List merupakan salah satu jenis tipe data yang dapat memuat banyak nilai atau variabel. Cara menuliskan tipe data list yaitu dengan menggunakan tanda kurung siku ( [ ), jika ingin menuliskan banyak anggota list, maka cukup memisahkan setiap anggota dengan menggunakan tanda koma. Adapun cara mengakses nilai individu dari tipe data list yaitu dengan menggunakan penomoran index. Index dalam python dimulai dari angka 0, 1, 2, dst. Nilai yang ada di dalam data list pun bisa diganti ataupun di update.


Baca juga: Yuk Coba Coding Variabel dan Tipe Data dalam Python


2. Tuple

Tipe data selanjutnya adalah tuple, yaitu struktur data yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data. Tuple berbeda dengan list, jika tipe data list bersifat mutable (isinya dapat diubah), maka tipe data tuple ini bersifat immutable (isinya tidak dapat diubah atau dihapus). Cara membuat tuple yaitu dengan menggunakan tanda kurung. Adapun cara mengakses nilai tuple sama dengan tipe data list, yaitu dengan menuliskan indeksnya di dalamnya, sama-sama dimulai dari 0, 1, 2, dst.


3. Set

Pada bahasa pemrograman python, set adalah tipe data kolektif yang dapat digunakan untuk menyimpan banyak nilai dalam satu variabel dengan beberapa ketentuan. Tipe data set bersifat unordered (tidak berurut), artinya tipe data set ini tidak bisa diakses dengan menggunakan index. Selain itu tipe data set juga bersifat unchangeable, yang berarti nilai yang ada di dalam tipe data set tidak dapat diubah lagi, akan tetapi dapat ditambah atau dihapus. Adapun cara membuat tipe data set adalah dengan menggunakan kurung kurawal ( { ). Tipe data


4. Dictionary

Selanjutnya adalah tipe data dictionary, yaitu salah satu tipe data array dalam python dimana index dari array bisa berbentuk string. Cara membuat tipe data dictionary yaitu dengan menggunakan tanda kurung kurawal ( { ).  Selain dengan menggunakan tanda kurung kurawal, dictionary dapat dibuat pula dengan menggunakan constructor dict(). Adapun elemen dalam dictionary dapat ditampilkan dengan cara menulis index yang diakses dengan menggunakan tanda kurung siku ( ] )


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python



5. Mulai Belajar Dasar Python di DQLab!

Bahasa python merupakan salah satu bahasa dasar yang digunakan oleh para data scientist. Siapapun bisa mulai belajar data science menggunakan python bahkan belajar dari dasar-dasarnya.


DQLab menyediakan materi berupa modul yang dapat diakses secara gratis maupun berbayar. DQLab pun dapat dipelajari secara live code sehingga peserta tidak perlu menginstal software secara terpisah. Menarik bukan? Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :