TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 16 Menit 39 Detik 

Mau Belajar Python Gratis? Kenali Dasar Bahasa Pemrogramannya

Belajar Data Science di Rumah 02-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/65ff353d4776389c94770fc04bcbd6db_x_Thumbnail800.jpg

Pada era digitalisasi ini bahasa pemrograman merupakan salah satu skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, terutama pekerjaan dalam perusahaan berbasis teknologi atau start up. Salah satu bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan adalah bahasa python. Bahasa python tergolong bahasa yang mudah dipelajari dan saat ini pun banyak platform yang menyediakan sarana belajar python gratis. Dengan mengikuti program belajar python gratis, tentunya akan sangat banyak benefit yang bisa kita dapatkan. 


Sebelum melangkah ke proses belajar python, alangkah baiknya kita mengenali apa saja kelebihan dan kekurangan bahasa python agar mengetahui lebih detail apakah bahasa python sesuai dengan permasalahan yang akan kita selesaikan. Kelebihan python antara lain mudah dipelajari, mudah diaplikasikan, fleksibel, meningkatkan produktivitas, free dan open source. Adapun kekurangan dari bahasa python antara lain tidak ideal untuk memory intensive task, kurangnya dukungan multiprosesor dan kurang populer untuk mobile app development. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa dasar bahasa pemrograman python.


1. Input dan Output

Input dan output merupakan bagian dalam bahasa pemrograman yang sangat penting. Input adalah masukan yang kita berikan kepada program lalu akan muncul outputnya. Output merupakan hasil keluaran dari sesuatu yang telah kita input sebelumnya. Jadi, dapat dikatakan bahwa input, proses dan output merupakan satu kesatuan.

python

Pada bahasa python, fungsi yang digunakan untuk mengambil inputan adalah input() dan raw_input(). Dimana fungsi input() digunakan untuk mengambil data berupa angka sedangkan raw_input() digunakan untuk mengambil data berupa teks. Adapun untuk menampilkan output, pada python tersedia fungsi print(). 


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Variabel 

Variabel adalah tempat penyimpanan data pada bahasa pemrograman. Adapun jenis data yang tersimpan dalam variabel itu disebut dengan tipe data. Variabel akan selalu ada dalam bahasa pemrograman manapun namun ada kalanya aturan penulisan atau cara membuatnya berbeda antara bahasa pemrograman satu dengan lainnya. Pada bahasa python, aturan penulisan variabel tidak boleh diawali dengan menggunakan garis bawah akan tetapi diperbolehkan pada karakter selanjutnya, karakter dalam nama variabel bersifat sensitif, artinya antara huruf kecil dan huruf besar memiliki perbedaan, kemudian nama variabel tidak boleh menggunakan kata kunci yang sudah ada di dalam python.

python


3. Pengkondisian dan Perulangan

Pengkondisian atau sering pula disebut dengan percabangan adalah alur program berisikan suatu perintah dan akan dijalankan sesuai dengan pengkondisian yang telah diberikan sebelumnya. Percabangan ini terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari yang sederhana sampai rumit. Beberapa pengkondisian yang bisa digunakan dalam python antara lain pengkondisian if, pengkondisian if else, dan pengkondisian if elif else. Adapun perulangan atau looping merupakan alur program yang menginstruksikan komputer untuk mengeksekusi secara berulang-ulang. Terdapat dua jenis perulangan, yaitu perulangan for (counted loop) dan perulangan while (uncounted loop). 


4. Operator 

Pada bahasa pemrograman, terdapat operator yang berfungsi untuk menjalankan operasi tertentu. Pada bahasa python terdapat beberapa jenis operator antara lain 1) operator aritmatika, yang dapat digunakan untuk menghitung operasi matematika; 2) operator perbandingan, yang bertugas untuk membandingkan antar dua operan (nilai yang dioperasikan oleh operator); 3) operator penugasan, digunakan untuk memberikan tugas terhadap nilai variabel; 4) operator logika, dapat mengembalikan nilai dengan tipe data yang sama yaitu boolean; 5) operator keanggotaan, yang terdiri dari dua jenis yaitu in dan not in; dan 6) operator identitas.

python


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Perdalam Belajar Bahasa Python di DQLab!

Python sata ini menjadi bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan oleh para praktisi data dari berbagai kalangan. Bahasa python tergolong bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Nah, perlu diketahui bahwa DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!