[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 18 Menit 36 Detik 

Tutorial Bangun Portofolio Data Menawan dengan Python Streamlit

Belajar Data Science di Rumah 14-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e21b796578fe8756eff3b4f4460caf6a_x_Thumbnail800.jpg

Belakangan ini, bahasa pemrograman Python cukup digandrungi karena bahasa pemrograman ini paling sering digunakan kebanyakan praktisi data. Dari sekian banyak bahasa pemrograman kalau berbicara peringkat, Python masih menempati urutan keempat. Survei yang dilakukan oleh Stack Overflow menunjukkan bahwa Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh penggiat data. 


Namun sayangnya terpaut tiga posisi teratas dari Javascript sebagai bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh para developers. Tetapi jangan khawatir, sebab pada kategori lainnya Python masih dapat mengungguli kategori lainnya dan sukses menempati posisi pertama dalam kurun empat tahun berturut-turut. Dari survei ini sudah jelas ya bahwa ada beberapa ciri khas yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman lainnya. Tentunya dibalik popularitas Python yang melejit, tersingkap ciri khas pemrograman Python yang orang lain tidak ketahui.


Salah satu ciri yang menjadi kekhasan dalam bahasa pemrograman Python adalah adanya framework berbasis web yang disebut dengan Streamlit. Streamlit merupakan framework berbasis Python yang bersifat open source dan dibuat lebih interaktif khususnya dalam membangun sebuah aplikasi website di bidang data science. Streamlit juga bisa dijadikan sebagai wadah visualisasi untuk melaporkan datanya dengan memanfaatkan pustaka Python yang satu ini. 


Pastikan untuk menjadikan Python Streamlit sebagai sarana unjuk diri dalam pembuatan portofolio data yang outstanding sehingga membuat HRD terkesan. Buat sahabat DQ yang penasaran bagaimana Python Streamlit ini bekerja dan apa saja kelebihannya. Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu!


1.Apa itu Python Streamlit

Streamlit atau Python Streamlit merupakan salah satu pustaka (library) bawaan dari Python yang bersifat open-source. Mudah untuk penggunaannya dan bisa diakses oleh pengguna aplikasi Python. Dengan menggunakan python streamlit pengguna mampu mengubah script data menjadi aplikasi web yang lebih interaktif. 

python

Hasil output dari python streamlit selain open-source juga open-sharing sehingga mudah untuk dibagikan. Python streamlit juga bisa jadi alat untuk Data Scientist dalam melaporkan dan mempresentasikan hasil analisisnya melalui bentuk visualisasi menggunakan python. 


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Kenapa Perlu Python Streamlit

Banyak orang bertanya-tanya, kenapa sih harus Python Streamlit? Apa yang membedakan antara Python Streamlit dengan library lainnya yang ada di dalam aplikasi Python? Streamlit dapat dengan mudah untuk melakukan deploy machine learning maupun keperluan data science. Streamlit juga sangat cocok bagi sahabat DQ yang ingin terjun di ranah data science. Kalian bisa dengan mudah untuk melakukan publikasi hasil portofolio data science atau hasil belajar kamu melalui python streamlit. Baik tim ataupun individu pun bisa menggunakan python Streamlit sebagai wadah unjuk diri melalui portofolio data yang mengesankan recruiter. 

python

Sekarang kita akan jelaskan apa saja kelebihan dan fitur-fitur menarik dari Python Streamlit. 

  • Embrace scripting. Adanya fitur ini membuat pengembangan streamlit menjadi lebih gesit. Apabila ada perubahan pada script yang sudah kita tuliskan sebelumnya dan menyimpan hasil sintaks yang telah kita tuliskan maka tampilan akan ikut berubah sesuai dengan kondisi script.

  • Weave in interaction. Ada berbagai widget yang disediakan dan sangat interaktif di Python Streamlit dan sangat mudah untuk digunakan. Ada widget untuk memuat gambar, slider, melakukan input teks sampai elemen HTML yang lain

  • Deploy instantly. Python Streamlit menyediakan opsi/tempat untuk melakukan deploy secara instan

  • Banyak digunakan untuk keperluan data science tingkat dunia (used in world’s data science groups)

  • Python streamlit sangat kompatibel untuk semua pustaka yang tersedia di Python


3. Step By Step Install Python Streamlit

Berikut ini adalah langkah instalasi jika kamu penasaran dengan penggunaan Python streamlit sebagai langkah awal dalam melakukan update portofolio data science kamu. Simak baik-baik dan ikuti langkah-langkahnya ya sahabat DQ.

  • Pastikan sahabat DQ sudah memiliki dan menginstall Python 3.6 atau versi sesudahnya di komputer atau laptop kamu

  • Kemudian jika sudah terinstall aplikasinya dengan baik, buka terminal dan install Streamlit dengan perintah pip install streamlit

python

  • Coba cek hasil instalasi dengan menjalankan hello world pada app

  • Setelah itu, anda akan melihat hasilnya di tab baru browser seperti yang tertera pada gambar di bawah ini

python

  • Melalui halaman di atas, kita dapat melihat beberapa contoh dari python streamlit melalui Plotting Demo. 


4. Plotting Demo dengan Python Streamlit

Kalau tadi kita sudah melakukan instalasi library python streamlit ke dalam aplikasi Python kita. Sekarang pada poin ini kita akan membahas cara melakukan plotting demo pada python streamlit. Untuk melihat plotting demo pada python streamlit, kita cukup memilih salah satu demo aplikasi dari fitur di bagian kiri. Pilih “Choose a demo”. Disana ada beberapa contoh demo beserta source code yang telah disediakan. Seperti animasi, plotting, mapping dan dataframe. Untuk contoh plotting demo bisa kalian lihat contohnya dibawah ini.

python

Terbukti dari fitur python streamlit ini bisa dibilang cukup lengkap untuk framework dan melakukan update portofolio data science yang menawan. Selamat mencoba ya sahabat DQ!


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Jago Bangun Portfolio Data dengan Python Bersama DQLab! 

Kini Sahabat DQ sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software Python loh. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa untuk coba bikin akun gratisnya di DQLab.id dan lakukan signup untuk bisa coba langsung module gratis yang tersedia di DQLab. 


Module gratis Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python bisa menjadi module utama yang kamu coba! Jika ingin berlangganan kalian bisa mendapatkan benefit yang beragam salah satunya mencoba modul platinum dan career track.


Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data! Tunggu apa lagi, yuk sign up sekarang di DQLab.id


Penulis: Reyvan Maulid

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!