FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 58 Menit 36 Detik 

Kupas Tuntas Cara Download Python untuk Pemula Data

Belajar Data Science di Rumah 04-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/8f58d37110947bcddd8ab9db94c7273a_x_Thumbnail800.jpg

Python didapuk sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling human-friendly. Banyak kegunaan yang dimiliki oleh Python seperti pengolahan data, keperluan aplikasi, project penyusunan aplikasi, pembuatan web, scraping data dan masih banyak yang lainnya. Bahasa pemrograman Python dikenal dengan bahasa yang human friendly dan readable. Alasan yang mendasarinya adalah tidak seperti bahasa lain yang susah untuk dibaca dan dipahami, python lebih menekankan pada keterbacaan kode agar lebih mudah untuk memahami sintaks. Hal ini membuat Python sangat mudah dipelajari baik untuk pemula maupun untuk yang sudah menguasai bahasa pemrograman lain. Bahasa ini biasa digunakan untuk komputasi ilmiah dan keperluan analisis matematika, bahkan proyek Artificial Intelligence juga menggunakan bahasa pemrograman ini. Bahasa pemrograman python merupakan bahasa yang mudah dipelajari. Kenapa? Karena struktur sintaks yang rapi dan lebih mudah dipahami dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source. Artinya siapa saja bisa menciptakan dan mengembangkan sebuah program menggunakan python. 


Python juga bisa dipakai di berbagai sistem operasi seperti Linux, Windows, UNIX, Mac OS, dan lainnya yang disebut sebagai cross platform. Secara umum pengguna tidak perlu mengubah program yang ada agar python dapat dipakai pada sistem operasi yang digunakan. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa python populer di kalangan praktisi data. Nah, sebelum kalian ingin belajar Python lebih jauh maka kalian perlu tahu terlebih dahulu bagaimana caranya untuk mendownload dan menginstall aplikasinya. Kalian bisa mulai mengunduhnya melalui website resmi Python sesuai dengan spesifikasi windows pada laptop kalian. Sangat beruntung apabila aplikasi Python ini kompatibel di setiap ukuran laptop kalian baik 32-bit maupun 64-bit. Keluaran Python juga memiliki berbagai macam versi yang bisa kalian diakses. Mari kita cari tahu lebih dalam yuk. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membedah tips download aplikasi Python berikut ini. Dengan harapan bisa menjadi tambahan insight dan rekomendasi bagi kalian calon praktisi data, pemula data maupun data enthusiast. Jangan lewatkan artikel berikut ini, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys! 


1. Kenapa Harus Bahasa Pemrograman Python?

Setidaknya ada tiga alasan yang membuat Python menjadi bahasa pemrograman paling populer, yaitu:

  • Python merupakan bahasa pemrograman yang sederhana dan mudah untuk dibaca. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan bagi para programmer ketika bekerja.

  • Python juga merupakan bahasa pemrograman yang efisien untuk digunakan. Bahkan, Python menjadi bahasa pemrograman pilihan bagi pemrogram di bidang pembelajaran mesin dan ilmu data. Selain itu, Python juga memiliki beberapa pustaka pemrograman yang mampu membantu para pemrogram.

  • Seperti JavaScript, Python juga memiliki komunitas pengguna. Komunitas ini pun turut membantu dalam memberikan panduan bagi para pemrogram lain yang ingin menggunakan bahasa pemrograman Python.

Dari ketiga alasan di atas, Python pun mampu menempati posisi ketiga sebagai bahasa pemrograman terpopuler berdasarkan Indeks Komunitas Pemrograman TIOBE pada September 2018. Secara umum, JavaScript memang masih menjadi bahasa pemrograman yang paling diminati.


Baca Juga: Tutorial Python Dasar dengan Berbagai Jenis Operator, Sudah Coba?


2. Keunggulan Bahasa Pemrograman Python

Keunggulan bahasa pemrograman Python antara lain sebagai berikut:

  • Mudah dipelajari

    Dibanding bahasa pemrograman lain, Python relatif lebih mudah dipelajari. Bahasa ini memiliki sintaks-sintaks yang cukup sederhana dan gampang dimengerti. Bahasa ini sangat dinamis dan dibangun berdasarkan tingkat keterbacaan kode yang tinggi.

  • Mudah diaplikasikan

    Kelebihan lainnya dari bahasa pemrograman Python adalah kemudahannya dalam diaplikasikan dalam mengembangkan sebuah produk, baik itu situs, software, aplikasi situs, maupun video game.

    Selain memiliki keterbacaan kode yang tinggi, sehingga kode mudah dipahami, bahasa pemrograman ini memiliki library yang sangat banyak dan luas. Berbagai macam jenis library ini memuat berbagai perlengkapan dan fungsionalitas, sehingga kemudahan membangun program menjadi salah satu yang ditawarkan oleh Python. 

  • Dukung IoT

    Bahasa pemrograman Python mendukung ekosistem Internet of Things (IoT) dengan sangat baik. IoT sedang marak dibicarakan atau bahkan dikembangkan di kalangan maker. Internet of Things merupakan sebuah teknologi yang menghubungkan benda-benda di sekitar kita ke dalam sebuah jaring-jaring yang saling terhubung. Bahasa ini menjadi sangat populer, lantaran banyak sistem dengan Internet of Things yang menggunakan bahasa ini. Terdapat berbagai macam board yang digunakan menjalankan sistem IoT menggunakan bahasa pemrograman ini sebagai basisnya, termasuk Raspberry Pi.

  • Fleksibel

    Program yang ditulis menggunakan Python dapat dijalankan di hampir semua sistem operasi (Unix, Windows, Mac OS X, dll.), termasuk untuk perangkat-perangkat seluler. Melalui mekanisme tertentu, kode Python dapat diintegrasikan dengan aplikasi yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain. Sebagai contoh, kode Python dapat dipanggil dari kode C/C++, dan begitu juga perkembangan .NET Framework.


4. Bedah Cara Download Python Khusus Pemula

File Python interpreter bisa di download dari web resmi Python di www.python.org. Silahkan buka alamat tersebut lalu klik menu œDownload. Di halaman Download, website Python bisa mendeteksi sistem operasi yang kita gunakan. Karena saya menggunakan Windows, maka akan muncul judul œDownload the latest version for Windowsœ, yang diikuti dengan tombol œDownload Python sesuai versi yang diinginkan. Silahkan klik tombol download dan proses download akan berlangsung. File python-3.7.0.exe yang saya download berukuran sekitar 24,3 MB. Jika anda menggunakan sistem operasi lain seperti Linux, atau Mac OS, aplikasi python juga tersedia. Namun dalam tutorial ini saya akan membahas cara instalasi python di Windows saja. Sedikit catatan, Python versi 3.5 ke atas (termasuk Python 3.7) tidak bisa dipakai di Windows XP. Jika anda masih menggunakan Windows XP, silahkan pilih Python 3.5 ke bawah.

Berikut merupakan tata cara instalasi Python di Windows:

  1. Setelah file Python berhasil di download, kita bisa masuk ke proses instalasi. Klik dua kali file python-3.7.0.exe
  2. Centang pilihan œAdd Python 3.7 to PATH di bagian bawah jendela. Ini berguna agar python interpreter bisa diakses dari lokasi mana saja. Setelah itu klik tombol œInstall Now. Proses instalasi akan berlangsung beberapa saat.
  3. Setelah selesai, akan tampil jendela œSetup was successfulœ. Langsung saja klik tombol œCloseœ.
  4. Di bagian bawah jendela ini sebenarnya terdapat pilihan untuk mematikan fitur Windows: œDisable path length limitœ. Saya memilih untuk tidak mengaktifkannya karena batasan ini kadang berguna saat membuat aplikasi Desktop. Jika ini diaktifkan, program yang kita buat bisa bermasalah di komputer lain yang memiliki settingan path length limit.


Baca Juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Python Tanpa Install Softwarenya? Ya DQLab Jawabannya!

Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software Python loh. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. Cobain juga free module Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python untuk menguji kemampuan data science kamu gratis! Jika ingin berlangganan kalian bisa mendapatkan benefit yang beragam salah satunya mencoba modul platinum dan career track.


Dapatkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan salah satunya tidak perlu install software tambahan. Karena kalian belajar secara langsung terhubung dengan live code editor dari device yang kalian gunakan. Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :