BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 24 Menit 16 Detik 

Pelajari Fungsi Python Hingga Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 17-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/26a266efd974bbb38272e476402c5926_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki oleh data scientist. Mungkin sebagian orang mengenali beberapa macam bahasa pemrograman seperti php, pascal, dll. Salah satu bahasa pemrograman yang populer di kalangan data scientist adalah bahasa python. Bahasa python ini menjadi bahasa pilihan yang diminati terutama oleh pemula dikarenakan bahasanya yang mudah dipahami dan mudah dipelajari. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali python dan fungsinya yang dapat digunakan untuk menganalisis data.


Analisis data adalah proses pengolahan data dari data mentah menjadi informasi yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan, bahan evaluasi, atau dasar pembuat keputusan bagi perusahaan. Analisis data merupakan bagian penting dalam penelitian, penerapannya pun bisa menggunakan bantuan algoritma (jika data kuantitatif) dan dengan bantuan bahasa pemrograman, salah satunya python. Yuk, kita kenali apa itu python serta fungsi di dalamnya!


1. Bahasa Python

Bahasa python adalah bahasa pemrograman yang didirikan oleh Guido van Rossum dan dirilis pada tahun 1991. Bahasa ini saat ini sedang populer beberapa tahun terakhir di berbagai kalangan usia. Python dapat digunakan untuk membangun situs web, menganalisis data, penerapan algoritma machine learning, membuat aplikasi, otomatisasi, dll. Bahasa python ini merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lebih mudah dipahami manusia, bersifat open source dan memiliki begitu banyak library. Dengan demikian tidak heran jika bahasa python ini telah digunakan beberapa perusahaan besar seperti Google, YouTube, Netflix, Facebook.

Python


Baca juga: Mulai Belajar Coding Python dari Dasar


2. Fungsi Python

Fungsi dalam python merupakan kumpulan perintah yang dikelompokkan menjadi satu. Fungsi yang telah dibuat  ini nantinya akan bisa dipanggil serta digunakan berulang kali. Dengan menggunakan fungsi, programmer dapat mengefisienkan penulisan program, terutama program besar. Program yang awalnya besar dapat dipecah menjadi beberapa bagian serta fungsinya dipanggil sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Dengan kata lain, penggunaan fungsi ini membuat program lebih terstruktur. 

Python


3. Sintaks Fungsi 

Penggunaan fungsi dalam python memiliki sintaks umum sebagai pedoman. Secara umum sintaks fungsi terdiri menjadi beberapa bagian berikut:

  • kata kunci def, sebagai tanda bahwa blok kode program tersebut merupakan fungsi

  • nama fungsi, nama fungsi yang dibuat oleh programmer

  • parameter, ini bersifat opsional, tidak wajib

  • blok  kode fungsi, untuk menuliskan perintah yang harus dilakukan oleh fungsi yang telah dibuat.

Adapun rumus umum sintaks adalah sebagai berikut

def <nama_fungsi>(parameters)

statements

Python


4. Mendefinisikan Fungsi

Fungsi dalam python didefinisikan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • penulisan fungsi blok dimulai dengan kata kunci def dan kemudian diikuti dengan nama fungsi

  • jika ada parameter yang digunakan, maka harus ditempatkan di dalam tanda kurung

  • pernyataan awal dari fungsi dapat berupa pernyataan  opsional

  • blok kode fungsi dimulai dengan titik dua dan indentasi


Berikut ini adalah contoh pendefinisian fungsi


Python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Pelajari Fungsi Python dari Dasar

Fungsi dalam python dapat digunakan untuk mengefisiensi program serta memudahkan programmer dalam menjalankan program besar. Dasar-dasar fungsi python dapat kita pelajari DQLab. Dengan mengerjakan modul di DQLab kita dapat mengetahui serta mempraktekkan dasar-dasar penulisan fungsi dalam python.


Belajar python di DQLab merupakan salah satu solusi tepat dan cerdas bagi pemula. Dengan tersedianya berbagai macam modul, ebook, komunitas, mentor dan program live code akan sangat membantu pengguna memahami dasar-dasar python. 


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :