PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 25 Menit 2 Detik 

Latihan dengan 4 Program Python Sederhana dalam Membuat Aplikasi

Belajar Data Science di Rumah 19-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d34f44e9f237c4c0c289e9c53d975906_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini dunia sedang menuju ada zaman dimana teknologi sedang dominan terhadap ilmu Data Science, Machine Learning dan Artificial Intelligence. Seluruh teknologi tersebut bergantung pada bahasa pemrograman Python dalam beberapa hal. Oleh sebab itu, Python merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan saat ini. Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, Python termasuk yang mudah untuk digunakan baik untuk ditulis ataupun dibaca. Hal ini karena Python termasuk ke dalam kategori high level programming language atau bahasa pemrograman tingkat tinggi, sehingga bahasa yang digunakan hampir mirip dengan bahasa yang digunakan oleh manusia hanya saja menggunakan bahasa Inggris. 

Untuk menambah pemahaman kita terhadap suatu bahasa pemrograman, tidak cukup jika hanya dengan materi saja. Kita harus sering-sering berlatih dalam membuat program atau studi kasus agar lebih memantapkan kita pada pemahaman bahasa pemrograman Python. Dalam belajar membuat aplikasi dengan Python bisa kamu lakukan mulai dari yang sederhana hingga beberapa aplikasi yang cukup kompleks. Pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan beberapa contoh program sederhana Python yang dapat kamu gunakan sebagai bahan latihan. Selamat mencoba!


1. Mengurutkan Kata Sesuai Abjad

Mengurutkan sebuah kata-kata sesuai abjad menggunakan Python sangat mudah. Di dalam bahasa Python sendiri memiliki sebuah elemen String. Dengan menggunakan string kita dapat memasukkan karakter yang kita inginkan, dapat berupa huruf atau angka. Untuk membuat program tersebut, coba ikuti pengkodingan berikut ini: 

Caranya adalah menggunakan fungsi Split untuk memecah kalimat menjadi kata-kata. Kemudian gunakan fungsi Sort untuk mengurutkan kata-kata tadi sesuai abjad. Selanjutkan, gunakan fungsi For (perulangan) tujuannya adalah menampilkan daftar kata yang telah diurutkan dengan fungsi Sort tadi. 

Hasilnya adalah seperti berikut:



Baca juga: Tutorial Looping Python Bagi Pemula Beserta Contohnya


2. Menghitung Luas Bangun Datar

Kita dapat menghitung luas sebuah bangun datar menggunakan program pada Python. Untuk contoh kali ini, kita akan menggunakan segitiga sebagai objek bangun datarnya. Dimana seperti yang diketahui bahwa rumus luas segitiga yaitu,


Berikut program Python untuk menghitung luas segitiga:

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menginput variabel alas dan tinggi dari segitiga. Kemudian input rumus segitiga dan tampilkan hasil perhitungannya dengan dua angka di belakang koma menggunakan %0.2f. Maka hasilnya seperti berikut:


3. Menghitung Volume Balok

Selain menghitung luas sebuah bangun datar, dengan Python kita juga bisa membuat program untuk menghitung volume suatu bangun ruang seperti balok. Sebelum masuk ke kode, kita perlu tahu rumus-rumus yang digunakan, yaitu:

  • Luas permukaan = 2(p.l + p.t + l.t)

  • Volume = p.l.t

Berikut syntax code Python untuk menghitung volume balok:

 

# Menginput Panjang, lebar dan Tinggi Balok

p = int(input('masukan panjang balok: '))

l = int(input('masukan lebar balok: '))

t = int(input('masukan tinggi balok: '))

 

# Hitung Luas Permukaan    

def luas_permukaan(p,l,t):

    L = 2 * ( (p*l) + (p*t) + (l*t) )

    return L

 

# Hitung Volume Balok

def volume(p,l,t):

    V = p * l * t

    return V

 

 

 

print('Jadi balok dengan ukuran panjang:{}, lebar:{}, tinggi:{} Mempunyai luas:{} dan volume:{} '.format(p,l,t, luas_permukaan(p,l,t), volume(p,l,t)))

 


Dan berikut hasilnya ketika program dijalankan:


4. Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

Program terakhir adalah untuk menguji apakah bilangan yang diinput oleh pengguna merupakan bilangan ganjil atau genap. Berikut syntax code dari program berikut:

Untuk menentukannya, kita akan menggunakan operator pembanding dengan kondisi jika bilangan yang diinput dilakukan operasi modulus tidak menghasilkan sisa pembagian atau nol maka tampilkan output bilangan tersebut merupakan bilangan genap. Namun jika kondisi bernilai False maka dapat dipastikan bahwa bilangan tersebut merupakan bilangan ganjil. Berikut hasilnya jika program dijalankan:


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Bahasa Python dengan DQLab, yuk!

Untuk bisa memahami cara membuat aplikasi dengan Python, kamu harus memahami Python terlebih dahulu. Kamu juga bisa memanfaatkan kursus online seperti DQLab yang menyediakan banyak materi tentang Python. Modul itu akan bisa kamu akses jika bergabung menjadi member Premium DQLab. Namun jika kamu tertarik untuk mencoba Free Module, kamu pun juga bisa menikmatinya. Caranya dengan mengakses modul œIntroduction to Data Science with Python secara gratis dan kamu akan mendapatkan sertifikat setelah berhasil mengerjakannya. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up di DQLab.id dan nikmati modul-modul yang ada!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :