[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 52 Menit 36 Detik 

Empat Library Python untuk Membuat Aplikasi Jaman Now!

Belajar Data Science di Rumah 14-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0257395d59548cedc0bb272c6fe3558a_x_Thumbnail800.jpg

Mengenal library Python untuk membuat aplikasi? Halo teman-teman, saat ini dalam keseharian kita sering menggunakan aplikasi untuk menunjang keseharian kita bukan? Beberapa diantaranya seperti mobile hanking, aplikasi e-money, games, pemutar film atau video, pemutar musik, dll. Beberapa aplikasi yang saat ini sering kita gunakan menggunakan bahasa pemrograman dalam proses pembuatannya, salah satunya adalah bahasa python. Beberapa perusahaan memilih membuat aplikasi dengan python karena memiliki beberapa pertimbangan, salah satunya adalah kesediaan library dalam python yang melimpah.


Bahasa pemrograman python dikenal memiliki sangat banyak library di dalamnya. Library merupakan kode program yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Adanya library akan sangat membantu programmer dalam membuat program atau menyelesaikan permasalahan datanya. Penggunaan library tidak hanya bagi para pembuat aplikasi, akan tetapi mayoritas orang yang menggunakan python akan menggunakan library sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Berbicara mengenai aplikasi dan library, apa sajakah library python yang sering digunakan untuk membuat aplikasi?


1. PyGTK


Sumber: Wikipedia


PyGTK merupakan salah satu modul python yang dapat pula digunakan untuk membuat aplikasi GUI (Graphical User Interface). Untuk memulai menggunakan PyGTK terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain seperti teks editor, python, PIP, modul PyGTK, dll. Namun satu hal yang perlu diketahui bahwa saat ini PyGTK telah berubah menjadi PyGObject dikarenakan PyGObject lebih modern dan bisa mendukung GTK 3, berbeda dengan PyGTK yang hanya mendukung GTK 2 saja.


Baca juga: Yuk, Kenali Tutorial Python Dasar Bagi Pemula!


2. Kivy


Sumber: Wikipedia


Library Kivy pada python hampir sama dengan beberapa library bersifat multi cross platform, artinya library ini dapat digunakan pada berbagai sistem operasi (Linux, Windows, OS, Android, dll). Kivy memiliki beberapa kelebihan seperti mendukung beragam input, mendukung modern graphic engine serta satu kode yang dapat digunakan ke semua perangkat. Kivy dapat disebut menjadi salah satu library yang membantu untuk membuat maupun mengembangkan aplikasi.


3. PySide

Sumber: wiki.qt.io


PySide merupakan library python yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi GUI. Dengan menggunakan PySide, aplikasi dapat dibuat dengan berbasis Qt Framework (Framework Desktop GUI yang ditulis dengan bahasa C++) yang merupakan pengembangan aplikasi cross platform untuk desktop dan mobile. Selain itu PySide dapat pula digunakan untuk mengembangkan Qt based application dikarenakan python merupakan bahasa pemrograman yang mudah, simple dan memiliki komunitas yang besar.


4. Tkinter

Tkinter merupakan library python yang sudah sering digunakan untuk membuat aplikasi. Pada umumnya, library ini secara otomatis akan terinstall saat menginstall aplikasi python. Namun kita bisa memeriksanya jika dalam menjalankan program terdapat error denga tilisan 'no module named_tkinter' maka artinya library tkinter belum terinstall. Tkinter merupakan bentuk OOP daru TCL (Tool Command Language), yaitu library yang digunakan untuk membuat aplikasi GUI.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Yuk, Gali Kemampuan Bahasa Python di DQLab!

Python saat ini menjadi salah satu primadona bahasa pemrograman yang  telah dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan. Bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang cukup mudah dan digemari oleh para pemula. Nah, salah satu media belajar bahasa python adalah DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!