GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 30 Menit 8 Detik 

Belajar Python Dasar Menggunakan Free Modul DQLab, Sudah Coba?

Belajar Data Science di Rumah 30-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3abed85dd609c89edad855402f0e5f6f_x_Thumbnail800.jpg

Bagi seorang pemula, belajar python dari dasar merupakan suatu keharusan. Hal ini karena ada berbagai fitur, library, dan fungsi python untuk berbagai tujuan. Python termasuk salah satu bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari dan banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, misalnya developing game,web development, hingga pembuatan aplikasi. 

Namun secara umum, bahasa pemrograman python dapat digunakan dalam proses pengembangan web, software, matematika, hingga system scripting. Python sangat user friendly sehingga banyak digunakan oleh praktisi non data.


Belajar dasar python di era big data sangat berguna. Produksi data yang sangat besar menyebabkan tidak semua tools bisa mengolahnya. Peran python sangat krusial untuk mengolah big data, mulai dari proses pengumpulan, pembersihan, hingga visualisasi. Tak heran jika banyak industri mulai memanfaatkan python untuk mengekstrak informasi yang tersembunyi pada big data. 


Skills python diprediksi akan sangat berguna pada beberapa tahun kedepan, khususnya untuk otomatisasi kegiatan yang berulang. Oleh karena itu, agar tidak ketinggalan jaman, banyak orang mulai serius menekuni dan belajar python untuk bekal bersaing di masa depan. Karena code python sangat kompleks, maka seorang beginner harus mulai belajar dari dasar supaya tidak bingung.


Pada artikel kali ini, kita akan membedah modul gratis dari DQLab yang bisa kita jadikan sumber belajar yang menyenangkan dan anti boring. Penasaran? Yuk simak hingga akhir!


1. Pengenalan Python

Hal pertama yang akan kita pelajari pada modul ini adalah pengertian python secara detail namun cukup singkat. Secara keseluruhan, kita akan dijelaskan bahwa python adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general-purpose programming dan termasuk dalam kategori high-level programming language. Artinya, sebagai bahasa pemrograman untuk general-purpose, Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti pengembangan aplikasi web atau seluler, ilmu data, dan lain-lain.


Python masuk ke dalam kategori high-level programming language dikarenakan bahasa pemrograman Python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh manusia.


Baca juga: Coding Python Sederhana untuk Beginner yang Baru Mengenal Python


2. Mengenal Library Python untuk Big Data

Setelah memahami pengertian python secara singkat, kita akan mulai berkenalan dengan library-library python yang akan sangat berguna saat kita bekerja dengan big data. Pada modul ini kita akan belajar library numpy, scipy, pandas, matplotlib, dan library lainnya. Numpy (numerical python) merupakan library yang memudahkan dalam pendefinisian array (1D, 2D, 3D atau nD) dan digunakan untuk komputasi aljabar linier. 


Scipy (Scientific Python) adalah library yang melengkapi numpy untuk keperluan komputasi saintifik lanjut seperti aljabar linier, integrasi dan diferensiasi numerik, transformasi Fourier, optimasi, interpolasi, statistik dan yang lainnya. 


Pandas adalah library untuk pengolahan data dalam bentuk tabular (seperti excel) yang merupakan de facto library bagi data scientist dalam mengolah data dari berbagai sumber seperti file CSV, TSV, Excel, SQL queries, Google BigQuery, SAS, Stata, SPSS, dsb. Matplotlib digunakan untuk visualisasi dari data ke dalam berbagai bentuk grafik 2D atau 3D, seperti line chart, bar chart, histogram, polar chart, error bar plot, dan jenis grafik lainnya.

python


3. Mengenal Cara Menulis Script Code Python

Selain belajar materi, kita juga akan praktek langsung untuk menulis code python. Semua modul DQLab dilengkapi dengan live code editor sehingga kita bisa langsung menulis script codenya di website DQLab tanpa membuka aplikasi atau software lainnya. Praktis sekali, ya! 


Nah, pertama kita akan belajar cara menulis script code python dengan mengetikkan kalimat umum yang digunakan oleh pemula, yaitu œHello World!. Ketika kita click button "Run", maka script code dan outputnya akan muncul di kolom "Console"

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


4. Mengenal Variabel Python

Selanjutnya, pada modul ini kita akan belajar variabel python yang digunakan untuk mendeskripsikan kumpulan data yang nantinya akan diinput pada program. Kita akan belajar materi dan dilanjutkan dengan praktek langsung cara mendefinisikan variabel. Pada modul ini, akan ada contoh beberapa variabel dan kita bisa menuliskannya di kolom "Code Editor". Setelah itu, ketika kita submit, maka output akan muncul di kolom "Console".

python


Penasaran ingin coba langsung modulnya? Yuk klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id dan nikmati FREE modul dari DQLab serta ebook GRATIS yang bisa diakses 24 jam. Yuk mulai asah dan tingkatkan skill python sebagai bekal berkarir di era big data. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :