FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 16 Menit 17 Detik 

Pemula Wajib Catat, Kenali Perbedaan Python Array vs String!

Belajar Data Science di Rumah 31-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/351aadec53b62cf3aaf818bb5b9cbe1f_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan data enthusiast. Dalam Python, dikenal dua istilah dasar yang wajib pemula ketahui. Ada array dan ada string yang perlu kamu dalami terlebih dahulu sebelum belajar Python.


Nah, kalian pastinya bingung apa sih perbedaan antara keduanya. Mengingat keduanya merupakan hal yang mendasar ketika ingin menuliskan kode pada bahasa pemrograman Python. 


Array merupakan sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan mampu menyimpan beberapa nilai dalam satu variabel. Sedangkan string merupakan bentuk data yang biasa dipakai dalam bahasa pemrograman untuk keperluan menampung dan memanipulasi data teks, misalnya untuk menampung (menyimpan) suatu kalimat.


Pada artikel kali ini, sahabat DQLab kita akan mengenal lebih banyak apa array di dalam Python. Beberapa hal yang akan kita bahas dalam artikel ini dimulai dari definisi array itu sendiri, definisi apa itu string, kemudian perbedaan antara array dengan string. Dengan menerapkan array dan string Python kita bisa membuat sintaks sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. 


Tentu ketika kamu belajar menyatakan array dan string, pastikan tahu dulu dasar-dasarnya. Selain itu, array dan string akan sangat berguna saat melakukan Data Manipulation maupun Data Visualization dengan Python.


Kira-kira apa perbedaan antara array dan string yang dua-duanya juga dipakai dalam bahasa pemrograman Python. Yuk, kita simak bersama selengkapnya.


1. Mengenal Apa itu Array

Kita akan mulai dulu dengan pembahasan apa itu array. Dalam struktur data built-in yang dimiliki oleh Python, array memberikan kita clue untuk menyimpan dan mengatur data. Kita bisa memanfaatkan fungsi yang dimiliki oleh Python maka kita juga bisa leluasa untuk melakukan pengubahan dan menyimpannya dalam bentuk array. Array adalah struktur data dasar, dan merupakan bagian penting dari sebagian besar bahasa pemrograman. 


Dalam python, mereka dalah wadah yang mampu menyimpan lebih dari satu item pada saat yang sama. Secara khusus, mereka adalah kumpulan elemen yang dipesan dengan setiap nilai dari tipe data yang sama. Itu adalah hal yang paling penting untuk diingat tentang array Python - fakta bahwa mereka hanya dapat memegang urutan beberapa item yang memiliki jenis yang sama.


Untuk membuat array pada python sangat mudah, cukup ketikkan variabelnya dan array dibatasi oleh tanda kurung siku dan setiap item dibatasi oleh tanda koma. Jika item yang kita masukkan berjenis string, maka kita perlu menambahkan tanda petik pada tiap item. Contohnya, kita akan membuat array dengan variabel Karyawan seperti di bawah ini.

python

Dari gambar di atas, peng-index-an akan secara otomatis dikerjakan dengan ketentuan:

  • Andini berindex 0

  • Andina berindex 1

  • Andino berindex 2

  • Andinu berindex 3


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Mengenal Apa itu String

String dalam bahasa pemrograman Python disebut sebagai kumpulan karakter yang dikelilingi oleh tanda kutip tunggal, tanda kutip ganda bahkan tanda kutip tiga. Komputer tidak memahami karakter. Secara internal, tipe string ini menyimpan karakter yang dimanipulasi sebagai kombinasi dari 0 dan 1.


Setiap karakter dikodekan dalam karakter ASCII atau Unicode. Dapat disimpulkan bahwa string Python juga disebut kumpulan karakter unicode. Berikut adalah contoh dari string pada Python:

python


Seperti contoh di atas bahwa kita bisa mencetak kalimat sederhana melalui Python. Kalimat ini disimpan oleh Python sebagai string. Namun, ketika alih-alih untuk mencetak string, kita akan coba untuk melakukan eksplorasi berbagai hal yang dapat dilakukan untuk string.


Kamu juga dapat menggunakan tanda kutip tunggal untuk menetapkan string dalam tanda kurung ini (tanda kutip tunggal adalah “). Dari tanda kutip tunggal bisa kita rubah langsung menjadi tanda kutip ganda seperti berikut ini:

python


Diatas kita ingin membuat Coding sederhana dengan bertuliskan Selamat Ulang Tahun. Tugas kita adalah tadi kita sudah melakukan perubahan tanda dari tanda kutip tunggal ke tanda kutip ganda. Sekarang kita mulai untuk menghitung panjang karakternya.


Kali ini, kita akan menggunakan len(). Caranya gimana? Kamu bisa pakai sintaks berikut ini:

python

Berdasarkan output diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kode di atas mencetak hasil 20 karakter termasuk tanda baca dan spasi dalam kalimat “Selamat Ulang Tahun”. 


3. Perbedaan antara Array dan String

Jika dilihat-lihat array dan string memiliki beberapa perbedaan diantara keduanya. Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa parameter yang menjadi perbedaannya. Kira-kira apa saja perbedaannya. Mari kita bahas bareng-bareng yuk.


Definisi dan Arti

Array python adalah salah satu cara untuk mengorganisir dan menyusun data-data yang ada agar lebih terstruktur dan mudah untuk diakses. Array merupakan sebuah tipe data yang dapat menyimpan banyak data dalam satu variabel. Data – data yang ada didalam Array disebut elemen array dan masing-masing elemen dapat diakses melalui indeks array.


Array berguna untuk memudahkan dalam membuat kelompok data, serta menghemat penulisan dan penggunaan variabel. Sedangkan string adalah jenis yang paling populer di bahasa pemrograman. Kita bisa membuatnya hanya dengan melampirkan karakter dalam tanda kutip. Python memperlakukan tanda kutip tunggal sama dengan tanda kutip ganda.


Panjang Karakter

Dalam mengetahui jumlah elemen dari array maka kita bisa menggunakan fungsi len(). Cara penggunaannya kamu bisa ketikkan sintaks len().


Panjang sebuah array selalu lebih dari satu indeks array tertinggi. Variabel yang menyimpan suatu nilai berupa barisan karakter, sehingga dapat dilakukan index string untuk menampilkan karakter dengan index tertentu. Index String menggunakan bilangan bulat dari 0.


Tipe Data

Jika char hanya bisa merepresentasikan satu karakter saja, string dapat digunakan untuk menyimpan sekumpulan karakter. Perbedaan utama antara Array dan String adalah bahwa Array adalah struktur data yang menyimpan satu set elemen dari tipe data yang sama sedangkan String adalah serangkaian karakter. Singkatnya, String adalah array tetapi hanya menyimpan karakter.


Baca juga: Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


4. Cara Mengubah Format Array Menjadi String 

Buat kalian yang penasaran apakah bisa mengubah array menjadi sebuah sintaks yang berformat string? Jawabannya tentu bisa. Perlu diketahui bahwa string juga termasuk ke dalam array python loh sahabat DQ.


Kebetulan Python menyediakan fungsi join() untuk melakukan pengubahan format array menjadi string. Silakan kalian bisa lihat contoh sederhana program Python dibawah ini.

python


Pada contoh diatas, kita coba terlebih dahulu untuk menggabungkan beberapa variabel berformat string dengan menggunakan cara biasa yaitu menggunakan operator penjumlahan.


Jadi per kata digabungkan menjadi satu mulai dari a, b, dan c. Sekarang kita masuk ke dalam contoh selanjutnya

python


Pada contoh ini, terdapat inisialisasi variabel daftar dengan nilai berformat array list yaitu [‘Hallo’, ‘apa’, ‘kabar’]. Dari list berikut kita akan coba konversi nilai tersebut menjadi string. Disini kita menggunakan fungsi join() untuk mengubahnya.


Melalui fungsi join() kita akan gabungkan dengan menggunakan kode program print “katanya:”.join(daftar). Hasilnya berikut ini:

python


5. Pilih Mana, Array atau String?

Berdasarkan poin perbedaan yang telah disebutkan diatas bahwa terdapat kata kunci yang membedakan antara array dan string. Berikut adalah rangkuman perbedaannya:

  • Array dapat menampung tipe data apapun. Sedangkan string hanya bisa menampung tipe data berbentuk Char

  • Array bisa berubah. Sedangkan string tidak

  • Array punya panjang karakter tertentu, sedangkan string tidak


Walaupun demikian, string sendiri juga termasuk kedalam array teman-teman. String dalam python adalah bytes array yang mempresentasikan unicode char. Python tidak punya tipe data char, sehingga char pada python diganti dengan string yang punya panjang satu karakter. Dalam mengakses elemen pada string menggunakan brackets atau kurung siku [].


Belajar coding python akan sangat mudah dan so easy kalau misalnya tidak praktek buat nulis array dan printilan-printilannya. Mau tahu dan pengen lebih lanjut lagi untuk belajar menulis array python? Yuk langsung aja belajar coding Python bersama DQLab! Dengan modul dan materi yang update, belajar python menggunakan bahasa menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab


Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :