PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 44 Menit 35 Detik 

Cara Menggunakan Array Python, Pemula Wajib Tahu!

Belajar Data Science di Rumah 14-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/97f60e7b7a2b53f04954438e624184fb_x_Thumbnail800.jpg

Memilih belajar python adalah langkah awal yang tepat guna membentuk sebuah fondasi yang kokoh untuk menjadi seorang data scientist. Python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dengan semantik yang dinamis. Karena merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi maka penulisan sintaksnya juga lebih sederhana, dan mudah dipelajari. Python mendukung library atau package, yang mendorong modularitas program dan reusable code.


Salah satu library yang paling sering digunakan adalah numpy array. Numpy array merupakan singkatan dari numerical python yang artinya library ini digunakan untuk operasi cepat pada array, termasuk matematika, logika, manipulasi bentuk, sorting, selecting, I/O, dasar aljabar linear dan masih banyak lagi. Artikel ini akan menunjukkan pada kamu bagaimana menggunakan List sebagai Array, tapi sebelum itu kamu harus mengimport library numpy di text editor kamu. Penasaran? Yuk, simak artikel dibawah ini!


1. Apa yang Dimaksud dengan Array?

Array adalah struktur data dasar, dan merupakan bagian penting dari sebagian besar bahasa pemrograman. Array memberi kita cara untuk menyimpan dan mengatur data, dan kita dapat menggunakan metode python bawaan untuk mengambil atau mengubah data itu. Misalnya, jika kamu memiliki daftar nama siswa yang ingin kamu simpan, kamu mungkin ingin menyimpannya dalam array. 


Dalam python, mereka dalah wadah yang mampu menyimpan lebih dari satu item pada saat yang sama. Secara khusus, mereka adalah kumpulan elemen yang dipesan dengan setiap nilai dari tipe data yang sama. Itu adalah hal yang paling penting untuk diingat tentang array Python - fakta bahwa mereka hanya dapat memegang urutan beberapa item yang memiliki jenis yang sama.


python


Baca juga: Coding Python Sederhana Menggunakan Jupyter Notebook


2. Mengakses Elemen Array dan Panjang Array

Hal dasar pertama ketika kamu ingin mencoba mempelajari array adalah kamu harus tahu bagaimana cara mengakses elemen array tersebut. Cara mengakses elemen array cukup dengan merujuk pada nomor indeks yang dimilikinya. Sedangkan cara untuk mengakses panjang array cukup dengan menggunakan metode len() untuk mengembalikan panjang array (jumlah elemen dalam array). 


Sebagai contoh, kamu perlu mengakses elemen array untuk item array pertama, dan kamu perlu mengembalikan jumlah elemen dalam array atk dibawah ini.

python



3. Mencoba Looping Elemen Array untuk Pertama Kalinya

Setelah kamu telah berhasil untuk mengakses elemen dan mengetahui panjang array yang kamu miliki. Kamu bisa mencoba melakukan looping elemen array. Looping adalah sebuah urutan perintah yang secara terus menerus diulang hingga suatu kondisi tercapai. Kondisi yang dimaksud disini dapat dalam berntuk yang berbeda-beda seperti mendapatkan data atau merubah data. Yuk, mencoba membuat looping elemen array menggunakan for in loop pertama mu.


python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


4. Menambah dan Menghapus Elemen Array

Selain megetahui panjang array dan melakukan looping elemen array kamu juga bisa menambah elemen array menggunakan metode append(), dan menggunakan metode pop() untuk menghapus elemen dari array. Kamu bisa menggunakan pop untuk mengahapus item pada posisi yang diberikan dalam list, dan kembalikan. Jika tidak ada indeks yang ditentukan, a.pop() menghapus dan mengembalikan item teraksir dalam list. Untuk lebih jelasnya mari praktekkan contoh dibawah ini:

python


Yuk, gabung bersama DQLab kamu bisa belajar data scientist tanpa perlu ribet install text editor atau IDE sekalipun. Karena DQLab menyediakan fitur live code yang menarik dan menyenangkan untuk belajar data science berbasiskan learning by doing. Karena dapat membantu kamu membiasakan diri untuk langsung mempraktekkan teori yang telah kamu pelajari. 


Dengan menyediakan modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor berpengalaman dibidangnya dari berbagai unicorn, dan perusahaan besar seperti Tokopedia, DANA, Jabar Digital dan masih banyak lagi.  Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:


  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup atau isi form dibawah ini ya!

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium! cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita







Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!