PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 15 Menit 19 Detik 

Ciri Khas Pemrograman Python dan Keunggulannya

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/6aee7615ec1fcdd7b28c50511df65eb1_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membangun website dan software, otomatisasi pekerjaan, dan melakukan analisis data. Bahasa pemrograman ini memiliki ciri khas dan kelebihan yang tidak dimiliki oleh tools analisis data yang lain. Python merupakan bahasa pemrograman umum, artinya python dapat digunakan untuk membuat berbagai program yang berbeda, mudah digunakan, beginner friendly, dan menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan oleh berbagai developer dan expert data. Menurut survei yang dilakukan oleh RedMonk sebuah perusahaan analisis menjelaskan bahwa Python menjadi bahasa pemrograman paling populer di kalangan developer pada tahun 2020.


Python adalah bahasa pemrograman open source yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan. Bahasa pemrograman yang satu ini memiliki kelebihan dan ciri khas yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman yang lain. Salah satu kelebihan dari python adalah gratis digunakan baik untuk tujuan komersial maupun non komersial. Apakah hanya itu? Tentu tidak! Bahasa pemrograman python memiliki banyak ciri khas lainnya. Penasaran apa saja ciri khas python? Yuk simak artikel ini sampai akhir!


1. Coding yang Mudah

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahasa pemrograman yang satu ini mudah dipelajari jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain seperti C, C#, Javascript, Java, dan lain sebagainya. Penulisan coding pada python juga sangat mudah. Bahkan seorang beginner dapat memahami dasar python hanya dalam waktu hitungan jam atau hari. Python juga masuk dalam bahasa yang developer friendly.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


2. Mudah Digunakan dan Gratis

Seperti yang telah dijelaskan di awal, python merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, baik tujuan komersial maupun tujuan non-komersial. Oleh karena itu, python masuk ke dalam bahasa pemrograman open source. Kita bisa mendownload dan menginstall python pada website resminya. Selain itu, code yang digunakan pada python juga free alias gratis sehingga kita bisa menggunakan dan menemukannya di berbagai sumber.


3. Bahasa Pemrograman yang Portable

Kelebihan sekaligus ciri-ciri bahasa pemrograman python selanjutnya adalah bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang portable. Misalnya, jika kita punya code yang ditulis di windows, kita bisa merunning code tersebut di platform lain seperti Linux, Unix, dan Mac. uniknya, code tersebut tidak akan berubah dan kita tidak perlu memodifikasi code tersebut. 


4. Memiliki Standar Library yang Besar

Python memiliki standar library yang besar sehingga kaya akan modul dan fungsi yang bisa kita gunakan untuk berbagai tujuan. Karena banyaknya library yang dimiliki oleh python, kita tidak perlu menulis semua sintaks atau kode satu persatu sehingga dapat menghemat tenaga dan mempersingkat waktu kerja. Sekali lagi, library yang dikembangkan pada python dapat digunakan secara gratis.

python


Baca juga:  Array Python : Array VS List Serupa Namun Tak Sama, Yuk, Kenali Perbedaannya


5. Belajar Menggunakan Python di Dunia Industri

Salah satu kegunaan python adalah untuk data science. Ada berbagai library yang bisa digunakan untuk data science. Karena banyaknya library tersebut, kita perlu banyak berlatih agar dapat mengingat penggunaan setiap library dengan baik. Yuk belajar menggunakan python bersama DQLab! DQLab memiliki berbagai modul mulai dari basic hingga penerapan python dan data science di berbagai bidang industri. Klik button di bawah ini untuk signup dan nikmati modul gratis DQLab œIntroduce to Data Science sebelum belajar bahasa pemrograman python lebih lanjut.

Baca juga: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :