FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 5 Menit 40 Detik 

Mengenal Fungsi Python dan Praktik Langsung, Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 28-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ab81e2ff2ddc594abc9d99a9ab9fc8e4_x_Thumbnail800.jpg

Python memiliki berbagai fungsi dan kegunaan di era modern. Saat ini hampir semua pekerjaan yang dilakukan secara berulang-ulang sudah bisa diotomatisasi dengan python. Dengan adanya teknologi ini, pekerjaan yang sama tidak perlu mengandalkan tenaga manusia sehingga lebih efektif, efisien, dan resiko human error lebih kecil.


Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang ditafsirkan dan berorientasi objek dengan semantik dinamis. Python yang memiliki struktur data bawaan tingkat tinggi yang dikombinasikan dengan pengetikan dinamis menjadi salah satu alasan bahasa pemrograman ini banyak digunakan oleh developer untuk mengembangkan aplikasi.


Saat ini fungsi dan penggunaan python sudah sangat meluas. Berbagai industri sudah mulai mengadaptasi teknologi ini karena dirasa sangat membantu menekan budget dan man power. Jika umumnya python dikenal di kalangan IT, saat ini nama python sudah tersebar di semua industri, mulai dari finance, health care, hingga retail dan pendidikan.


Pertanyaannya, mengapa python sangat ‘dilirik’ oleh berbagai industri? Pada artikel kali ini DQLab akan menjawab pertanyaan tersebut. Jadi, simak artikel ini hingga akhir yaa!


1. Python for Marketing

Salah satu kegunaan python adalah membangun model machine learning yang sangat berguna di berbagai sektor industri, salah satunya adalah marketing. Dengan python, kita bisa membuat segmentasi pasar dan pelanggan sehingga pengembangan produk dan target pasar lebih efektif.


Ada berbagai model machine learning yang bisa dikembangkan menggunakan python sehingga metode yang digunakan bisa lebih tepat dengan permasalahan yang ingin dipecahkan.

python


Baca juga: Coding Python Simpel untuk Operasi Matematika


2. Python for Health Care

Meskipun sudah mereda, namun pandemi Covid-19 masih ada di sekitar kita, loh! Jadi kita perlu tetap hati-hati, ya. Tahukah kamu jika python juga bisa digunakan untuk mentracking kasus Covid-19, tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.


Dengan bantuan API kita bisa mengakses data Covid-19 case di seluruh dunia sehingga kita bisa membandingkan bagaimana perkembangan pandemi ini di setiap negara. 

python


3. Python for Telecommunication

Telekomunikasi merupakan salah satu industri yang menghasilkan data berukuran besar setiap harinya. Bayangkan ada berapa saluran telepon yang tersambung setiap harinya di satu kantor dan coba hitung ada berapa kantor di Indonesia, bahkan di dunia.


Dengan bantuan python, proses validasi dan cleaning data-data ini akan lebih mudah karena python memiliki berbagai library powerful untuk mengolah big data dalam waktu singkat. Python juga bisa disambungkan dengan berbagai database sehingga proses validasi dan cleaning lebih mudah.

python


4. Python for Business

Bisnis merupakan salah satu bidang yang sangat familiar dengan python. Berbagai pekerjaan bisa dipermudah menggunakan python. Salah satu hal penting dalam bisnis adalah decision making atau membuat keputusan. Hal ini sangat krusial karena berhubungan dengan operasional suatu perusahaan.


Apabila strategi yang diambil salah, kerugian sudah ada di depan mata. Dengan bantuan python, proses decision making lebih mudah karena kita bisa membuat beberapa model dengan tingkat akurasi yang berbeda.


Dengan begitu, kita bisa memilih model dengan tingkat akurasi terbesar sehingga kerugian akibat kesalahan pengambilan keputusan bisa diminimalisir.

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


Nah setelah mengetahui beberapa fungsi python, tertarik untuk praktik langsung di 4 industri di atas? Tenang, yuk praktik langsung dengan modul dari DQLab! Dengan modul ini kita bisa menulis script code python secara langsung di modul sehingga tidak perlu menginstall atau membuka tools tambahan.


Yuk segera klik button di bawah ini atau sign up melalui DQLab.id untuk mengakses free modul ‘Introduction to Data Science’ dengan Python sebagai pengenalan live code editor dari DQLab sebelum kita mulai menulis script code full pada python.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :