PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 17 Menit 5 Detik 

Yuk, Intip Tips Belajar Python Otodidak bagi Pemula

Belajar Data Science di Rumah 16-Januari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5e8f1fa632c491f48188f1236d64b6fa_x_Thumbnail800.jpg

Semakin berkembangnya zaman pada saat ini seiring dengan bertambahnya kebutuhan skill-skill baru, terutama yang berkaitan dengan teknologi. Salah satu skill yang dibutuhkan adalah kemampuan menggunakan bahasa pemrograman, dimana bahasa python yang saat ini menjadi primadonanya. Dengan dibutuhkannya skill bahasa pemrograman maka tidak heran jika saat ini generasi milenial belajar otodidak pemrograman python maupun bahasa pemrograman lainnya. 


Bahasa python saat ini menjadi bahasa pemrograman yang populer digunakan mulai dari pelajar, mahasiswa, peneliti, praktisi data, dll. Kepopuleran python saat ini tentunya bukan tanpa alasan. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan antara lain seperti mudah dipahami dan dipelajari, sintaks yang sederhana, dapat digunakan diberbagai sistem operasi, memiliki banyak library dan bersifat open source sehingga pengguna tidak perlu membeli lisensi. Selain beberapa kelebihannya, terdapat pula kekurangan dari bahasa python antara lain seperti waktu eksekusi yang lebih lambat jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Akan tetapi untuk kita para pemula dalam dunia pemrograman jangan khawatir, terdapat beberapa tips belajar otodidak bahasa pemrograman python. Yuk, simak tips nya di artikel ini!


1. Pahami Ilmu Dasarnya

Bahasa pemrograman saat ini sudah sangat beragam dan tentunya dengan keunikan dan ciri khas masing-masing. Sebagai pemula dalam belajar python, kita perlu memahami beberapa dasar bahasa pemrograman seperti mengetahui cara membuka mode interaktif, cara menulis skrip pada python, dan memahami beberapa aspek seperti variabel dan tipe data, fungsi input dan output, percabangan, array, perulangan, object, class, dll. Dengan mengerti dan memahami beberapa hal di atas tentunya akan memudahkan kita dalam proses belajar python lanjutan.


Baca juga: Yuk, Kenali Tutorial Python Dasar Bagi Pemula!


2. Mulai Praktek Belajar

Setelah mengetahui ilmu dasar python, maka langkah selanjutnya adalah langsung belajar dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah diketahui. Tahapan awal bisa dimulai dengan mencoba menulis script sederhana, melakukan perhitungan dasar matematika, membuat program perulangan dan percabangan sederhana, serta diiringi pemahaman lanjut mengenai tipe data dan variabel data. Dengan langsung memulai praktek belajar python, seiring proses belajar tersebut akan menuntut kita untuk mencari tahu lebih dalam mengenai bahasa python.


3. Mengikuti Kursus Python

Setiap orang memiliki cara dan praktek belajar yang berbeda-beda, ada orang yang dengan mudahnya cukup belajar sendiri dengan mencari berbagai referensi baik dari artikel, modul, maupun youtube. Namun, tidak sedikit pula orang yang lebih mudah belajar sendiri dan dibantu dengan mentor atau tutor. Jika kita termasuk ke dalam tipe yang seperti itu, maka alangkah baiknya kita bisa mengikuti kursus python baik secara online maupun offline. Dengan mengikuti kursus python, kita bisa mendapatkan materi secara terurut dan terjadwal serta mendapatkan mentor atau banyak teman untuk saling membantu dalam proses belajar bahasa pemrograman kita.


4. Perbanyak Latihan

Seseorang yang mengetahui ilmunya perlu dilatih atau diasah terus menerus agar tidak lupa. Perumpamaannya seperti orang yang belajar mengemudi mobil, maka ia akan terus berlatih agar lebih mahir dalam mengemudi. Begitu pula halnya dengan belajar python, kita harus sering berlatih dengan berbagai macam data dengan permasalahan yang beragam, tujuannya agar kemampuan programming kita semakin diasah sehingga tidak kaget jika menghadapi data real nantinya.


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Yuk, Gali Kemampuan Bahasa Python di DQLab!

Python saat ini menjadi salah satu primadona bahasa pemrograman yang  telah dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan. Bahasa python merupakan bahasa pemrograman yang cukup mudah dan digemari oleh para pemula. Nah, salah satu media belajar bahasa python adalah DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :