PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 39 Menit 29 Detik 

Pemula, Yuk Kenali Cara Menggunakan Array Python

Belajar Data Science di Rumah 25-Mei-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/309853556ccabe897edd8f35dede9d15_x_Thumbnail800.jpg

Array python adalah kumpulan item yang disimpan di lokasi yang berdekatan dengan jenis yang sama secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses penghitungan posisi setiap elemen. Array python dapat diibaratkan sebagai tangga yang setiap anak tangganya memiliki nilai. Kita bisa mengidentifikasi lokasi setiap nilai pada anak tangga dengan mengurutkan dari tangga terdekat hingga tangga terjauh. 

Array digunakan ketika kita harus memanipulasi nilai pada tipe data tertentu. Kita dapat menggunakan list sebagai array namun tidak bisa membatasi jenis elemen yang disimpan dalam list. 


Array python dapat digunakan untuk banyak hal dan dapat dimodifikasi. Ada banyak fungsi yang bisa digunakan, mulai untuk menghitung urutan atau lokasi elemen, menambahkan atau mengurangi elemen, mengubah elemen, dan lain sebagainya. Setiap proses menggunakan fungsi yang berbeda sehingga kita harus memahami setiap fungsi yang diperlukan untuk mengedit array.


 Pada artikel kali ini DQLab akan membahas cara menggunakan fungsi untuk mengedit array. Penasaran? Yuk simak hingga akhir!


1. Membuat Array

Elemen pada array tidak hanya berisi angka, tetapi juga bisa berisi huruf atau simbol khusus. Untuk membuat array, kita harus mengetikkan nama array terlebih dahulu kemudian dipisahkan dengan tanda sama dengan dan elemen array dipisahkan dengan kurung siku. Coba perhatikan nama-nama buah berikut ini yang akan dibuat dalam array.

python


Baca juga: Contoh Coding Sederhana Python Bagi Beginner


2. Menampilkan Elemen dan Mengubah Elemen Array

Kita bisa melihat atau menampilkan elemen array berdasarkan urutan serta mengubah tiap elemen. Perhatikan contoh berikut ini! Kita akan menampilkan elemen Nama_Buah urutan pertama dan mengubahnya menjadi buah nanas.

python


3. Menghitung Banyaknya Elemen Array

Jika elemen array terlalu banyak, kita akan kebingungan untuk menghitung berapa jumlah elemennya. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan fungsi len() sebagai berikut.

python


4. Menghapus Elemen Array

Selain mengganti atau menambah elemen array, kita juga bisa menghapus atau men-take down elemen array yang kita mau. Ada banyak fungsi yang bisa digunakan, salah satunya adalah dengan fungsi remove. Coba perhatikan contoh di bawah ini!

python


Baca juga: Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Menggunakan Python dengan Modul DQLab

Ingin belajar python dari sumber terpercaya? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun oleh expertise di bidang data yang setiap harinya bekerja menggunakan python sehingga materi yang akan kita pelajari terjamin kualitasnya. Selain itu, data yang digunakan adalah data yang mencerminkan data real di dunia industri sehingga kita bisa ‘meraba’ bagaimana kondisi data di industri. 


Yuk klik button di bawah ini atau signup melalui DQLab.id untuk mengakses FREE modul ‘Introduce to Data Science’ dan nikmati pengalaman unik menggunakan live code editor dari DQLab. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!