GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 50 Menit 33 Detik 

Tutorial Python Dasar, Pemula Jangan di Skip!

Belajar Data Science di Rumah 09-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/eeeb351c14ea08582921e69d8ae708f8_x_Thumbnail800.jpg

Lihai dalam menggunakan bahasa pemrograman python merupakan salah satu skill wajib yang harus kamu penuhi jika kamu ingin berkarir sebagai seorang data scientist atau praktisi data. Mengingat peran dan tanggung jawab yang dimilikinya meliputi data cleaning, hingga visualisasi data dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan bahasa pemrograman python dan tools data science lainnya jadi, skill programming kamu juga harus dikuasai. Python merupakan bahasa pemrograman yang lebih human friendly sehingga, banyak orang-orang khususnya pemula yang memang belum memiliki pengalaman ngoding sebelumnya memilih python sebagai bahasa pemrograman yang akan mereka pelajari.


Oleh karena itu, bagi kamu yang tidak memiliki background pendidikan STEM sekalipun jangan takut untuk upgrade skill programming kamu dengan mempelajari dasar-dasar python. Karena dalam artikel ini kamu akan mendapatkan pemahaman konseptual tentang dasar-dasar pemrograman python, seperti penulisan variabel dalam python, operator dalam python, percabangan dan perulangan, serta modul dan package. Jadi, persiapkan cemilan dan juga IDE python atau Text editor favorit kamu ya!


1. Pengenalan Python

Python adalah bahasa pemrograman yang sifatnya high-level programming language, yang artinya bahasa pemrograman yang human friendly atau mudah dibaca maupun ditulis oleh manusia.  Guido Van Rossum memperkenalkan python di tahun 1991 sebagai sebuah proyek open source, dimana setiap orang berhak untuk mendevelop atau membuat suatu program dengan menggunakan bahasa pemrograman python baik untuk dikomersilkan atau non-komersil. Lantas apakah alasan orang-orang memilih python sebagai bahasa pemrograman? 

  1. Python itu mendukung berbagai paradigma, maksudnya adalah python dapat digunakan secara prosedural, object oriented atau fungsional

  2. Sifatnya yang extendible, maksudnya dapat dikembangkan untuk develop aplikasi web, desktop, analisis data, dan lainnya 

  3. Yang terpenting adalah python memiliki komunitas aktif yang besar, bahkan menurut data per Januari 2020 lalu saja, telah tersedia 214,922 module third party yang dapat digunakan secara cuma-cuma.


python

Baca juga : Belajar Python Gratis dari Dasar Bersama DQLab, Yuk!


2. Tipe Data Python

Sama seperti bahasa pemrograman lainnya python juga memiliki tipe data yang akan digunakan dalam pembuatan program. Tipe data merupakan pengelompokkan data untuk memberitahu interpreter agar programmer tau bagaimana langkah dalam mengolah data tersebut. Adapun tipe data yang yang digunakan dalam bahasa python antara lain string, integer, float, complex number, boolean, list, tuple, set, dan dictionary.

python


3. Pendeklarasian Variabel

Suatu bahasa pemrograman juga memiliki wadah sebagai tempat menyimpan value data mereka. Nah, variabel adalah wadah untuk menyimpan value data tersebut. Sebenarnya, karena kesederhanaan python pendeklarasian variabel tidak terlalu diperlukan. Tetapi, jika kamu membuat proyek yang besar maka variabel akan sangat diperlukan sehingga source code kamu lebih rapi. Pendeklarasian variabel untuk setiap bahasa pemrograman memiliki aturan yang berbeda-beda. Berikut adalah contoh pendeklarasian variabel yang benar:


python


4. Struktur Program Python

Adapun struktur program python yang harus kamu ketahui sebagai akhir dari rangkaian tutorial python dasar antara sebagai berikut: 1) statements, yaitu suatu instruksi yang diberikan secara baris per baris; 2) variables, yang digunakan sebagai wadah untuk menampung data atau informasi; 3) literals, yang merupakan simbol yang dapat kita gunakan untuk mengisi suatu variabel; 4) operators, digunakan untuk mengubah nilai suatu variabel dengan menggunakan satu atau lebih variabel dan literal; 5) reserved words, kumpulan kata yang memiliki makna khusus; 6) whitespace, yang sering disebut dengan indentasi dalam bahasa pemrograman python; 7) comments, yaitu teks yang tidak mempengaruhi hasil dari program yang kita buat biasanya terdiri dari 2 jenis yaitu single line comments (#) dan multi line comments (“ ”). Untuk lebih jelasnya mari perhatikan gambar dibawah ini:

python


Baca juga : Belajar Python: Mengenal Array pada Bahasa Pemrograman Python


5. Belajar Python Lebih Terstruktur dengan Modul DQLab yang Interaktif, Yuk!

Dengan modul dan materi yang update, belajar python menggunakan bahasa menjadi lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab. Karena terdiri dari modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor berpengalaman dibidangnya dari berbagai unicorn, dan perusahaan besar seperti Tokopedia, DANA, Jabar Digital dan masih banyak lagi.


Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!